Alasan Pentingnya Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 March 2022
Alasan Pentingnya Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa

Latihan dasar kepemimpinan mahasiswa atau LDKM yaitu wadah penggemblengan pelajar agar jadi pribadi lebih kuat atau tangguh. Kegiatan ini sering dilakukan guna menyeleksi para peserta agar masuk sebagai pengurus di kampus. Manfaat LDKM yaitu supaya nanti para pelajar punya kemampuan berorganisasi yang baik.

Manfaat lainnya dalam kegiatan LDKM diharapkan bisa membantu supaya membentuk para mahasiswa berkarakter, punya kepribadian tangguh dan juga siap menjadi pemimpin masa depan yang berhasil.

Apa Saja Manfaat LDKM

Agar kamu tidak merasa takut atau bingung ketika ikut latihan dasar kepemimpinan mahasiswa di kampus, maka kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja manfaatnya. Berikut adalah alasan mengapa kegiatan seperti ini harus diselenggarakan:

1. Melatih Rasa Percaya Diri

LDKM merupakan kegiatan tepat untuk melatih serta menumbuhkan rasa percaya diri para mahasiswa yang menjadi peserta. Selama kegiatan, kamu akan dilatih agar mampu meningkatkan percaya diri dengan berbagai materi yang telah disampaikan. Kamu juga harus menyampaikan presentasi dan juga berbicara di depan khalayak.

LDKM adalah kegiatan atau ajang yang tepat untuk menambah pengetahuan, kenalan, serta berinteraksi dengan teman lebih dalam. Kamu juga tidak perlu merasa canggung lagi jika harus bersosial dengan orang baru.

2. Belajar Memecahkan Masalah

LDKM pada umumnya diselenggarakan untuk calon pengurus organisasi. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat bagi para mahasiswa untuk melatih bagaimana menyelesaikan masalah secara tepat.

Fasilitator LDKM memberikan banyak permainan yang bisa melatih para peserta supaya bisa menyelesaikan berbagai masalah. Kamu juga harus berpikir bagaimana memenangkan ataupun menyelesaikan semua permainan secara mandiri atau berkelompok dengan peserta lainnya.

Pada kehidupan nyata, ada banyak masalah yang sudah kamu pelajari pada pesan dalam permainan selama LDKM. Sehingga, kamu bisa lebih tahu cara terbaik menyelesaikannya.

3. Mengasah Kemampuan Organisasi

Nantinya, setelah lulus kuliah, kamu akan bekerja dan tidak mungkin bekerja sendirian. Ketika berada dalam lingkungan kerja, kamu akan berinteraksi dan menjalankan kerjasama dengan orang lain. Itulah mengapa kamu perlu kemampuan organisasi yang tepat supaya semua pekerjaan berjalan lancar.

Apabila kamu sudah bekerja, nanti kamu bisa gabung dengan lembaga organisasi seperti perusahaan. Dari latihan dasar kepemimpinan yang telah kamu ikuti, maka kamu telah mempelajari bagaimana cara bekerjasama dalam organisasi pada perusahaan.

4. Membentuk Sifat Kepemimpinan

Manfaat LDKM berikutnya yaitu memumpuk sifat maupun jiwa kepemimpinan. Apabila saat ini kamu menyandang status sebagai mahasiswa, maka bisa menjadi generasi penerus atau menjadi pemimpin pada 10 hingga 20 tahun ke depan. Ada banyak tantangan yang tentunya semakin berat seiring berjalannya waktu. Sehingga, masa depan membutuhkan pemimpin kuat dan tangguh.

Supaya bisa menemukan pemimpin tangguh dan memenuhi kualifikasi, pasti harus ada seleksi ketat. Seleksi inilah yang bisa kamu buat atau terjadi secara natural yang merupakan seleksi alam. Apabila kamu sudah ikut kegiatan LDKM, maka kamu punya kesempatan lebih besar menjadi seorang pemimpin di masa mendatang.

5. Sarana Mengembangkan Diri

Latihan dasar kepemimpinan mahasiswa melalu semua materi yang telah kamu pelajari sangat membantu meningkatkan kelebihan yang dapat kamu optimalkan sejak dini. Kelebihan serta potensi diri yang dikembangkan dari awal merupakan bekal kesuksesan di masa depan. Apalagi dalam LDKM, kamu akan mendapatkan pelatihan berpikir dan memecahkan masalah untuk melengkapi potensi diri.

Latihan dasar kepemimpinan mahasiswa ternyata sangat penting sebagai kegiatan yang sering diikuti oleh mahasiswa. Kegiatan ini penting karena bisa melatih masing-masing individu agar lebih siap menjadi generasi unggul dan berprestasi.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait