Apa Itu UKT, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Bacaan Umum
Universitas123 | 01 December 2021
Apa Itu UKT, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Sebagai mahasiswa baru, kamu akan mendengar beberapa istilah dalam perkuliahan yang belum pernah kamu dengar saat di bangku SMA, termasuk UKT. UKT merupakan istilah dari singkatan Uang Kuliah Tunggal yaitu berapa besaran biaya kuliah yang harus kamu bayar sebagai seorang mahasiswa baru setiap semester.

Sesuai peraturan pemerintah pada tahun 2013 sistem biaya pendidikan kuliah menggunakan sistem UKT khususnya bagi perguruan tinggi negeri atau PTN. Kebijakan tersebut merupakan solusi dari pemerintah agar mahasiswa lebih mudah membayar biaya kuliah.

Tentang Uang Kuliah Tunggal

UKT sebagai Uang Kuliah Tunggal merupakan biaya yang harus kamu bayar per semester dan harus kamu lakukan setiap kali memasuki semester baru selama menjadi mahasiswa PTN. Skema pembayaran ini telah disesuaikan oleh aturan pemerintah.

Tujuannya adalah agar para mahasiswa memeroleh keringanan untuk menyelesaikan biaya pendidikan di perguruan tinggi. Uang Kuliah Tunggal juga menggunakan sistem subsidi silang.

Mahasiswa PTN yang mempunyai kemampuan finansial lebih tinggi akan membayar kelompok UKT lebih besar dibandingkan dengan mahasiswa yang mempunyai kemampuan finansial terbatas. Skema pembayaran seperti ini juga akan membuat mahasiswa lebih mudah memenuhi syarat pembayaran kuliah setiap semester.

Besaran biaya kuliah juga ditentukan ketika mahasiswa melakukan registrasi saat dinyatakan diterima dalam perguruan tinggi negeri tersebut. UKT atau Uang Kuliah Tunggal besarnya selalu sama setiap semester sehingga mahasiswa ataupun orang tua akan lebih siap ketika harus membayar uang perkuliahan tersebut.

Bayaran kuliah seperti ini justru lebih simpel karena tidak perlu lagi harus menghitung komponen pembiayaan terpisah. Yang mana pada skema pembayaran sebelumnya, biaya kuliah justru lebih rumit perhitungannya dengan biaya praktikum, uang gedung dan lainnya yang sangat bervariasi.

Sistem Penentuan Uang Kuliah Tunggal

Uang Kuliah Tunggal ditentukan sesuai kemampuan ekonomi setiap mahasiswa. Saat kamu mendaftar, kamu harus mengisi formulir tentang kondisi ekonomi.

Beberapa komponen juga termasuk dalam kondisi ekonomi mahasiswa mulai dari gaji orang tua, pajak bumi dan bangunan, aset dan lainnya. Dari hasil penilaian tersebut,  maka pihak kampus kemudian membagi besaran Uang Kuliah Tunggal sesuai kemampuan finansial masing-masing mahasiswa. Besaran uang kuliah tersebut dibagi dalam beberapa golongan mengikuti kebijakan kampus. Semakin mampu seorang mahasiswa dalam finansial, maka mahasiswa tersebut akan menanggung biaya kuliah yang semakin besar.

Selain itu, Uang Kuliah Tunggal juga dipengaruhi oleh pilihan jurusan. Apabila program jurusan tersebut menyediakan lebih banyak praktikum misalnya pada jurusan teknik ataupun jurusan kedokteran, maka nilai Uang Kuliah Tunggalnya lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan ilmu sosial.

Biaya Kuliah di Luar UKT

Sekarang kamu sudah tahu tentang apa itu UKT atau Uang Kuliah Tunggal beserta sistem penentuannya. Namun ternyata tidak hanya Uang Kuliah Tunggal yang harus kamu bayarkan,  tetapi kamu juga harus menyelesaikan pembayaran uang pangkal.

Beberapa perguruan tinggi biasa menyebut uang pangkal sebagai iuran pembangunan atau iuran institusi. Besaran biaya juga berbeda dengan Uang Kuliah Tunggal karena kamu harus membayar biaya tersebut 1 kali ketika mendaftar sebagai mahasiswa baru, akan tetapi tidak semua lembaga perguruan tinggi mengenakan biaya uang pangkal terhadap mahasiswanya. Apabila kamu adalah seorang mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima oleh sebuah kampus boleh jadi kampus tersebut memberlakukan uang pangkal.

Biasanya biaya tersebut diberikan bagi para mahasiswa yang masuk kuliah melalui jalur pendaftaran Ujian Mandiri. Besaran biaya uang pangkal bervariasi tergantung masing-masing kampus.

Biasanya uang pangkal juga harus dibayarkan bersamaan dengan pembayaran Uang Kuliah Tunggal pada semester pertama. Akan tetapi apabila mahasiswa merasa keberatan dengan uang pangkal yang diberikan oleh pihak kampus biasanya terdapat opsi cicilan.


Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu UKT bagi kamu calon mahasiswa. Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, kunjungi website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait