Apa Itu Webinar dan Alasan Mengikutinya

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 December 2021
Apa Itu Webinar dan Alasan Mengikutinya

Teknologi semakin berkembang sehingga banyak kegiatan yang sebelumnya dilakukan secara offline, kini sudah dapat dilakukan secara online. Hal ini tentunya menguntungkan mengingat tidak ada batasan waktu dan ruang lagi.
Salah satu kegiatan yang menggunakan platform online dan sering dilaksanakan saat ini adalah webinar. Mungkin di antara kamu masih bingung apa itu webinar dan mengapa harus mengikutinya.

Apa Itu Webinar?

Webinar berasal dari kata web dan seminar atau bisa juga disebut dengan seminar online. Seminar ini memungkinkan peserta dan panitia untuk berada di lokasi yang berbeda-beda karena pelaksanaannya dilakukan secara online.
Saat ini, terdapat beragam media yang bisa digunakan untuk mengadakan webinar. Beberapa media yang dapat kamu gunakan, yaitu Zoom, GoToWebinar, dan Youtube Live. Masih banyak lagi media yang dapat kamu gunakan, kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Alasan Mengikuti Webinar

Setelah mengetahui apa itu webinar, mungkin di dalam pikiran kamu masih bertanya-tanya "Lalu, untuk apa aku ikut webinar?". Maka dari itu, berikut beberapa alasan mengapa perlu mengikuti webinar yang perlu kamu ketahui.

1. Hemat

Dengan mengikuti webinar, kamu tidak perlu mengeluarkan ongkos jalan ke tempat seminar karena kamu hanya perlu akses internet saja. Bahkan beberapa webinar juga menawarkan pendaftaran gratis bagi peminatnya. Walau begitu, tetap ada beberapa webinar yang memungut biaya.

2. Relasi yang Beragam

Kamu dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda dengan kamu. Misalnya kalau seminar, kamu hanya bertemu dengan orang-orang dari Indonesia. Tapi di webinar, kamu dapat bertemu dengan orang dari luar negeri karena tidak ada batas antara ruang dan waktu.

3. Waktu Lebih Berkualitas

Jika kamu biasanya di rumah hanya rebahan, kamu dapat mengikuti webinar untuk meningkatkan kualitas hidup kamu. Kamu bisa mendapatkan ilmu yang sebelum belum pernah kamu pelajari. Tetapi tentu saja, kamu butuh meluangkan waktu untuk mengikuti webinar ini sampai akhir agar bisa mendapat hasil maksimal. Webinar biasanya memiliki batasan maksimum yang dapat masuk ke dalam room. Oleh karena itu, kamu perlu hadir tepat waktu jika tidak ingin terlempar ke livestreaming.

4. Belajar dari Ahli

Webinar memungkinkan kamu belajar langsung dari ahlinya. Biasanya pada sebuah webinar, narasumbernya sudah disesuaikan dengan topik yang dipilih. Kamu juga dapat berkonsultasi atau bertanya dengan perantara moderator.

5. Belajar Tanpa Batas

Dengan diadakan secara online, setiap orang bisa mengakses webinar tanpa adanya batasan waktu ataupun jarak. Kamu dapat belajar tanpa harus khawatir lagi dengan batasan-batasan tersebut. Hal ini tentunya dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang kamu miliki.

6. E-certificate

Hampir semua webinar memberikan e-certificate. Hal ini dapat kamu gunakan sebagai bukti kamu pernah mengikuti webinar tersebut. Tak jarang juga, terdapat beberapa webinar yang memberikan hadiah berupa merchandise atau hadiah lainnya bagi orang-orang yang mengikuti webinar dengan syarat tertentu.

Ternyata, ada banyak sekali yang bisa kamu dapatkan dari webinar. Yuk, ikut webinar agar pengetahuan kita bisa lebih luas lagi!

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait