Beasiswa di Unissula Untuk Mahasiswa S1 dan D3 Yang Harus Kamu Coba

Bacaan Umum
Universitas123 | 15 July 2021
Beasiswa di Unissula Untuk Mahasiswa S1 dan D3 Yang Harus Kamu Coba

Beasiswa di Unissula (Universitas Islam Sultan Agung) terbuka lebar bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar program studi D3 atau S1. Sebagai World Class Islamic University, perguruan tinggi Islam swasta tersebut menjadi yang terbesar sekaligus tertua di Semarang, Jawa Tengah. Seluruh beasiswa yang tersedia hanya untuk mahasiswa baru yang telah diterima menjadi mahasiswa aktif.

Unissula menjadi pilihan populer, salah satunya karena mempunyai Budaya Akademik Islami (BUDAI) untuk menghasilkan generasi muda yang cakap dalam akademis dan memiliki nilai spiritual unggul. Memperoleh akreditasi A dari BAN PT, Unissula mempunyai reputasi internasional, berdiri dengan sistem pendidikan yang teruji global. Berikut adalah daftar beasiswa di Unissula.

Beasiswa PSB

Mahasiswa baru dapat mengajukan beasiswa PSB dengan mengambil jalur pendaftaran Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB). Peluang bagus ini sebaiknya jangan kamu siakan, dengan cara mengikuti informasi terbaru dari lembaga.

Penerima beasiswa berhak memperoleh keringanan pembayaran hingga 50% diperoleh dari Pengembangan Institusi (DPI) Gelombang 1.Program ini tersedia dalam waktu yang sama dengan jalur seleksi PSB.

Beasiswa Cemerlang

Untuk mahasiswa baru yang ingin mendaftar di Unissula, sebaiknya perhatikan nilai rata-rata rapor terutama pada kelas 3 SMA, semester 5 dan semester 6. Minimal, rata-rata nilai rapor adalah 85. Atau, jika kamu punya prestasi pada bidang Olahraga, Keilmuan, dan Seni tingkat nasional dengan juara 1 atau juara 2, kamu bisa ikut beasiswa ini.

Penerima beasiswa terpilih dengan prestasi juara 1 tingkat Propinsi, berhak memperoleh keringanan biaya kuliah hingga 50% untuk biaya DPI. Sedangkan calon mahasiswa dengan prestasi tingkat internasional, juara 1 sampai juara 3 akan bebas bayar DPI. Beasiswa tersebut berlaku untuk seluruh mahasiswa pada semua prodi kecuali Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Umum.

Beasiswa Anak Alumni

Jenis beasiswa ini tersedia bagi mahasiswa baru dari alumni Unissula, dengan memperoleh keringanan biaya kuliah sebanyak 30% dari biaya DPI. Beasiswa tersebut berlaku bagi seluruh Prodi, tidak termasuk Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Umum.

Syarat mengajukan beasiswa ini adalah dengan melampirkan Fotocopy Ijazah Orangtua dan harus sudah dilegalisir. Pengajuan beasiswa dapat dilakukan dengan cara isi formulir online. Manfaatkan beasiswa tersebut jika memang kamu memiliki orangtua yang merupakan lulusan Unissula.

Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan, sehingga tidak tergolong pada beasiswa di Unissula. Beasiswa cenderung fokus pada pemberian dukungan dana atau penghargaan untuk mahasiswa berprestasi. Sedangkan Bidikmisi merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan khusus bagi mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi.

Pelaksanaan Beasiswa Bidikmisi sesuai dengan Pasal 76 UU. No. 12 Tahun 2012, berhubungan dengan Pendidikan Tinggi. Mahasiswa dari semua Fakultas kecuali Fakultas Kedokteran atau Fakultas Kedokteran Gigi dapat mengajukan beasiswa Bidikmisi. Pendaftaran berlangsung secara online dengan mengirim ke alamat Bidikmisi RistekDikti.

Beasiswa Lazis Sultan Agung

Beasiswa lainnya yang tersedia bagi keluarga kurang mampu adalah Beasiswa Lazis Sultan Agung. Pemberian beasiswa tersebut berupaya biaya kuliah sesuai durasi waktu, dengan besaran bantuan sesuai ketentuan Lembaga Amil Zakat dan Sodaqoh Sultan Agung.

Sekarang, kamu sudah tahu banyak hal tentang apa saja macam-macam beasiswa di Unissula. Masih banyak jenis beasiswa lainnya yang dapat kamu cari informasinya dengan bertanya pada bagian Kemahasiswaan fakultas. Dengan informasi tersebut, semoga bisa memotivasi kamu untuk melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Banner Konsultation
+62
Beasiswa Dalam Negeri Bidikmisi

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait