Berapa Uang Saku Beasiswa LPDP Dalam Negeri dan Tunjangan Lainnya? Ini Ulasannya

Bacaan Umum
Universitas123 | 30 March 2023
Berapa Uang Saku Beasiswa LPDP Dalam Negeri dan Tunjangan Lainnya? Ini Ulasannya

Uang saku beasiswa LPDP dalam negeri dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni biaya untuk pendidikan dan biaya pendukung. Perlu kamu tahu biaya pendidikan merupakan biaya yang diberikan kepada pihak beasiswa LPDP untuk pemenuhan kebutuhan akademis bagi penerima beasiswa LPDP. Sementara, biaya pendukung merupakan biaya lainnya selain biaya akademik. Lalu apa saja biaya-biaya tersebut berikut ulasannya!

Pertanyaan perihal uang saku, biaya pendidikan dan biaya pendukung seringkali membuat para peserta beasiswa LPDP penasaran. Mungkin bagi kamu yang sedang berjuang untuk memperoleh beasiswa ini perlu tahu jumlah biaya yang diberikan pemerintah kepada penerima beasiswa terutama di dalam negeri, berikut ulasannya!

Biaya Pendidikan

Perlu kamu ketahui biaya pendidikan beasiswa LPDP dapat berupa biaya UKT, pendaftaran, uang saku, tunjangan penelitian maupun pendaftaran. Biasanya, jumlah uang yang diterima oleh penerima beasiswa disesuaikan dengan uang pendaftaran yang dikeluarkan dengan memberikan bukti pembayaran.

Perlu kamu ketahui biaya pendidikan beasiswa LPDP dapat berupa biaya UKT, pendaftaran, uang saku, tunjangan penelitian maupun pendaftaran. Biasanya, jumlah uang yang diterima oleh penerima beasiswa disesuaikan dengan uang pendaftaran yang dikeluarkan dengan memberikan bukti pembayaran.

Maka dari itu, usahakan kamu menyimpan slip pembayaran dari pihak kampus ketika melakukan pendaftaran. Biaya pendaftaran setiap kampus tentunya tidak sama kemungkinan kisaran 400 ribu hingga 600 ribu.

Apabila kamu melakukan pendaftaran lebih dari sekali, maka uang yang diganti hanya uang pendaftaran kampus yang lolos.

Biaya UKT Pendidikan

Para penerima beasiswa LPDP tidak perlu khawatir perihal biaya UKT. Hal itu karena dari pihak LPDP akan melakukan transfer kepada pihak kampus. Tentunya, kamu sudah tidak perlu repot untuk melakukan pengurusan dan pembayaran UKT.

Biaya tersebut juga tidak dapat masuk ke rekeningmu. Jumlah uang yang ditransfer disesuaikan dengan kebutuhan UKT semester sesuai universitas dimana kamu berkuliah.

Tunjangan Buku

Para penerima beasiswa LPDP juga diberikan tunjangan buku setiap satu tahun sekali dengan kisaran 10 juta. Apabila kamu berkuliah S2 selama 2 tahun. Maka tunjangan buku yang kamu terima 2 x 10 juta atau 20 juta.

Pada tahun pertama kamu memperoleh 10 juta dan tahun kedua menerima 10 juta lagi. Apabila kamu pelu menempuh bangku perkuliahan selama 1 tahun, maka kamu bisa memperoleh 1x 10 juta uang buku.

Tunjangan Kegiatan Penelitian

Tunjangan penelitian ini bisa diberikan kepada kamu saat mengerjakan disertasi maupun thesis. Jumlahnya sangat beragam dan berbeda dari tiap-tiap individu bergantung pada jumlah dana yang diperlukan untuk selesainya tugas akhir.

Biaya Pendukung

Kebutuhan biaya pendukung juga difasilitasi oleh pihak LPDP terdiri atas transportasi pulang dan pergi studi yang berasal domisili ke perguruan tinggi yang dituju. Biaya pendukung resident permit, living allowance, visa, asuransi kesehatan dasar dan kebutuhan lainnya yang telah disetujui LPDP. Sementara itu, tunjangan untuk family allowance maupun tunjangan untuk wisuda telah dihapus.

Transportasi PP

Pihak LPDP memberikan transportasi keberangkatan maupun kepulangan studi yang berasal dari domisili menuju perguruan tinggi tujuan diberikan satu kali. Pemberian keberangkatan saat pertama kali berangkat sebelum untuk memulai kuliah dan satu kali saat pulang ke kampung halaman saat menyelesaikan studi.

Transportasi yang dimaksud ialah pesawat terbang dan tidak dapat tergantikan dengan jenis transportasi lain seperti bus maupun kereta api. Untuk memperoleh biaya ini, kamu wajib mengajukan tiket kepada pihak LPDP dan kamu nantinya akan memperoleh tiket bersesuain dengan jam yang telah kamu tentukan.

Asuransi Kesehatan Dasar dan Resident Permit

Asuransi kesehatan tersebut dapat diberikan saat penerima beasiswa sedang sakit. Apabila kamu sehat selama melaksanakan studi. Kamu tidak dapat memperoleh tunjangan kesehatan tersebut.

Selain itu, kamu memperoleh tunjangan visa maupun resident permit untuk memperoleh beasiswa LPDP luar negeri. Tentunya lantaran kamu menerima beasiswa LPDP dalam negeri tidak memerlukan resident permit.

Living Allowance

Selain mendapatkan berbagai jenis tunjangan dan biaya di atas, kamu juga mendapatkan uang saku beasiswa lpdp dalam negeri. Biaya hidup ditransferkan ke rekening penerima beasiswa LPDP setiap tiga bulan sekali. Dengan demikian, biaya hidup bulanan saat dilakukan transfer secara langsung sejumlah 3 bulan.

Umumnya, transfer tersebut diberikan pada bulan pertama. Jumlah uang bulanan tersebut disesuaikan dengan tempat kamu berkuliah atau pada umumnya, rata-rata biaya hidup di Indonesia adalah sama yakni, 3,8 juta tiap bulan.

Settlement Allowance

Tunjangan kedatangan merupakan sejumlah besar dana yang diterima oleh penerima beasiswa dari pihak LPDP. Tunjangan ini diperoleh karena si penerima baru pindah untuk pertama ke tempat baru memerlukan dana besar. Besaran biaya yang diperoleh dari Living Allowance kali dua. Apabila living allowance sebesar 3 juta maka besaran settlement allowance sekitar 6 juta.

Besaran tunjangan dan uang saku beasiswa LPDP dalam negeri memang terbilang besar dan menggiurkan. Nah, buat kamu yang masih bingung bisa bergabung di Universitas123 untuk mengetahui informasi terupdate lainnya.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait