Cara Masuk Jalur Khusus Perguruan Tinggi Negeri

Bacaan Umum
Universitas123 | 08 October 2021
Cara Masuk Jalur Khusus Perguruan Tinggi Negeri

Cara masuk jalur khusus masuk perguruan tinggi negeri bisa dilakukan semaksimal mungkin agar kamu diterima. Ada beberapa jalur masuk di perguruan tinggi  negeri terbaik yang bisa kamu coba.

Mulai dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Namun untuk lolos dari jalur seleksi tersebut tidak mudah. Ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftarkan diri di kampus negeri favorit.

Maka dari itu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa menghadapi berbagai macam persyaratan pada tiap jalur seleksi. Misalnya saja, jalur SNMPTN yang fokus pada prestasi akademik selama masa SMA/sederajat.

Sedangkan jalur SBMPTN dan jalur mandiri bisa lewat tes. Memang tidak mudah, tetapi kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Jadi kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk diterima.

Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Masuk PTN favorit harus banyak persiapan yang dilakukan untuk waktu cukup lama. Bahkan kamu bisa mencoba beberapa cara agar proses masuk tersebut terasa lebih mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Jalur seleksi yang tepat

Cara pertama adalah memilih jalur seleksi yang tepat. Jika kamu sudah memiliki prestasi yang cukup baik secara akademik di masa SMA maka bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kesempatan masuk melalui SNMPTN.

Tetapi jika tidak memiliki prestasi secara akademik selama SMA, kamu bisa mencoba untuk mendaftarkan diri melalui SBMPTN maupun jalur seleksi Mandiri (bagi PTN yang menyediakan).

SBMPTN dan jalur seleksi Mandiri lebih fokus dengan hasil tes yang dilakukan oleh calon mahasiswa. Jadi langkah pertama kamu harus menentukan jalur seleksi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan.

2. Kenali minat dan kompetensi diri sendiri

Cara masuk perguruan tinggi negeri juga bisa melalui minat dan kompetensi diri sendiri. Kamu harus mengenali minat dan kompetensi diri agar bisa tahu jurusan mana yang akan dipilih. Ketua MRPTNI sendiri menegaskan bahwa gagalnya siswa masuk perguruan tinggi negeri bukan karena kurang pintar, tetapi salah memilih program studi.

Setiap perguruan tinggi negeri pasti memiliki kuota dari setiap jurusan. Pastikan jurusan yang kamu sukai memiliki kuota cukup banyak sehingga peluang lolos dari jalur seleksi cukup besar.

3. Sering latihan soal

Jika memilih jalur masuk SBMPTN dan jalur seleksi Mandiri maka kamu harus mempersiapkan diri dengan latihan soal. Persiapan mental sangat penting untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Tidak sedikit calon mahasiswa yang gagal masuk ke perguruan tinggi negeri, karena grogi ketika mengerjakan soal tes.

Kamu bisa membiasakan diri untuk mengerjakan berbagai macam latihan soal atau mengikuti try out. Memperbanyak latihan soal tentu membuat rasa percaya diri bisa tumbuh. Dan lebih tenang ketika mengerjakan tes ujian masuk perguruan tinggi negeri.

4. Pahami prosedur masuk PTN

Apabila kamu masuk jalur khusus masuk perguruan tinggi maka harus memahami prosedur seleksi. Sebenarnya cara ini juga berlaku untuk semua jalur masuk perguruan tinggi negeri. Memahami prosedur masuk perguruan tinggi negeri bagian yang paling penting.

Ada peserta yang gagal mengikuti seleksi karena kekeliruan secara administrasi. Maka dari itu kamu harus memahami terlebih dahulu prosedur seleksi dengan tepat, mulai dari proses pendaftaran sampai pelaksanaan ujian.

5. Maksimalkan Usaha dan Doa

Semaksimal mungkin kamu sudah memberikan usaha terbaik agar bisa masuk di perguruan tinggi negeri favorit. Tetapi imbangi usaha dengan doa agar semua yang telah dilakukan tidak sia-sia. Apapun hasilnya, kamu harus bersyukur sudah berupaya sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik.

Kesimpulan

Lakukan beberapa cara di atas untuk membantu kamu lebih mudah menjalani proses masuk ke perguruan tinggi negeri. Persaingan mungkin semakin ketat jika mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri favorit, tetapi jika kamu sudah melakukan usaha terbaik dan diimbangi dengan doa, mungkin saja peluang masuk jalur khusus masuk perguruan tinggi bisa didapatkan.

Banner Konsultation
+62
SNMPTN SBMPTN Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait