Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 August 2021
Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

Cara masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes lebih banyak dipilih oleh setiap calon mahasiswa. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri tidak mudah dilakukan. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan jauh sebelum pendaftaran dibuka.

Berhasil masuk perguruan tinggi negeri tanpa melakukan tes adalah salah satu keinginan dari semua calon mahasiswa. Sekalipun tanpa tes, tetap saja setiap jalur seleksi pasti ada persyaratannya.

Tugas dari kamu menyiapkan persyaratan tersebut agar bisa dan lolos masuk PTN tanpa harus tes.

Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tanpa Tes

Agar bisa diterima di kampus negeri favorit tanpa menggunakan tes, kamu bisa mencoba mengikuti beberapa seleksi yang telah disediakan oleh pihak kampus, seperti berikut.

1. Jalur SNMPTN

Sebagai calon mahasiswa kamu bisa mencoba memilih jalur SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri yang banyak diminati oleh pelajar.

Agar bisa lolos seleksi SNMPTN memang tidak mudah, sebab calon mahasiswa harus memiliki prestasi secara akademik melalui rapor di jenjang pendidikan SMA mulai dari semester 1 sampai semester 5.

Jika kamu ingin masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN maka harus memiliki nilai rapor yang cukup bagus. Jauh lebih baik lagi jika kamu juga menambahkan prestasi non akademik yang disertai sertifikat sebagai nilai tambahan.

SNMPTN biasanya dibuka di awal pendaftaran oleh pihak kampus. Kamu harus mengetahui jadwal pendaftaran SNMPTN di kampus favorit. Undangan akan diberikan kepada pihak sekolah, sehingga kamu dapat mencari informasi lebih detail lagi.

2. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri

Selain SNMPTN, calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui penelusuran minat dan kemampuan Politeknik Negeri. Jalur seleksi ini hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa untuk perguruan tinggi Politeknik Negeri.

PMDK-PN memiliki persyaratan yang sama seperti SNMPTN, yaitu harus memiliki prestasi akademik terbaik ketika berada di SMA/sederajat. Pelaksanaan akan dilakukan di 42 Politeknik Negeri yang ada di Indonesia.

Alur untuk seleksi PMDK-PN sangat sederhana, jadi nanti sekolah dapat mengajukan nama-nama siswa ke PMDK-PN. Kemudian pihak sekolah akan mendapatkan username dan password dari setiap siswa.

Siswa harus melakukan login terlebih dahulu. Jika tidak langsung melakukan login maka Dalam 7 hari username dan password tersebut akan hangus. Berbagai macam biodata harus dilengkapi, menginput Nilai rapor, data keluarga, status ekonomi keluarga, dan pilihan jurusan.

Barulah setelah itu setiap siswa bisa mencetak formulir pendaftaran dan mengirimkan berkas.

3. Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri

Tertarik untuk masuk perguruan tinggi negeri Islam di Indonesia? Kamu bisa mencoba untuk mengikuti seleksi para staf akademik nasional perguruan tinggi negeri keagamaan Islam Negeri.

Dalam pendaftaran SPAN-PTKIN setiap calon mahasiswa tidak dipungut biaya. Sama seperti SNMPTN, seleksi ini juga tidak menggunakan tes tetapi pada nilai rapor akademik jadi tanpa ujian tertulis.

Sekolah yang dapat mendaftarkan siswanya dalam seleksi ini adalah sekolah yang sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Setiap sekolah nanti akan mendaftarkan siswa yang berhak mengikuti seleksi. Jadi kamu bisa cari informasi langsung ke pihak sekolah jika ingin ikut SPAN-PTKIN.

Kesimpulan

Salah satu keuntungan mendaftarkan diri di kampus negeri favorit adalah adanya beberapa jalur masuk yang tidak menggunakan biaya dan tanpa tes. Kamu dapat memanfaatkan hal ini agar bisa lolos di kampus negeri terbaik. Cara masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes dilakukan dengan ketentuan prestasi akademik.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait