Cara Mengatur Waktu Dengan Baik Bagi Pelajar

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 April 2022
Cara Mengatur Waktu Dengan Baik Bagi Pelajar

Cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar sangat penting untuk menunjang rasa di disiplin. Para pelajar masa sekolah memang sibuk dengan berbagai macam tugas sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Memiliki jadwal akan membantu para siswa untuk lebih disiplin dalam berbagai macam kegiatan dan tidak merasa kewalahan menghadapi padatnya kegiatan tersebut.

Tidak hanya menyisakan waktu untuk belajar, tetapi kamu juga harus menyisakan waktu untuk diri sendiri bersantai ya. Sebab jika kamu hanya fokus pada belajar waktu belajar dan tidak memberikan peluang bagi diri sendiri untuk bersantai, justru bisa membuat stress loh. Jangan sampai itu terjadi ya.

Cara Mengatur Waktu Bagi Pelajar

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mulai mengatur waktu mulai dari belajar, ekstrakurikuler, bahkan untuk bersantai bagi diri sendiri. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatur waktu tersebut;

Tentukan Prioritas

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan prioritas terlebih dahulu. Bagi beberapa orang yang masih merasa bingung untuk menentukan Prioritas, pertama Tentukan tujuan jangka panjang yang ingin dicapai terlebih dahulu ya. Penentuan jangka panjang memiliki peranan penting agar kamu bisa memprioritaskan berbagai macam aktivitas yang bisa mendukung tercapainya tujuan tersebut.

Setelah mengetahui tujuan jangka panjang maka selanjutnya kamu bisa merumuskan tujuan jangka pendek. Kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang mampu dilakukan semasa menjadi pelajar .

Kamu bisa menulis tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek pada selembar kertas. Kemudian pasang kertas tersebut ditempat yang mudah terlihat, sehingga bisa mengingatkan kamu bahwa perlu mengatur waktu dan menerapkan jadwal secara konsisten untuk bisa mencapai tujuan tersebut. 

Manfaatkan Waktu Sebaik Mungkin Ketika Mengikuti Pelajaran

Setelah itu kamu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin ketika mengikuti pelajaran. Cobalah duduk di bangku paling depan ketika mengikuti pelajaran agar lebih mudah berkonsentrasi dan tidak teralihkan apabila duduk di bangku paling depan. 

Kamu juga harus memiliki kebiasaan untuk berperan aktif ketika diskusi di dalam kelas. Kamu tidak hanya harus menjawab pertanyaan tetapi juga bisa memberikan pendapat ketika melakukan diskusi di dalam kelas. Jangan lupa untuk selalu mencatat materi yang diajarkan dengan jelas dan rapi dan catatlah informasi penting agar bisa lebih mudah dipelajari. 

Mengerjakan PR dan Belajar

Selanjutnya kamu bisa mengerjakan PR dan belajar ya. Kamu bisa mencari tempat belajar yang tenang dan fokuskan diri untuk belajar materi yang telah dicatat sebelumnya. Agar kamu lebih bersemangat kamu juga bisa meletakkan hiasan pada ruangan yang bisa meningkatkan motivasi belajar. Cobalah untuk menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan besok ketika kamu sampai di rumah.

Hal tersebut tentu bisa membantu kamu untuk lebih disiplin dan mengatur waktu dengan baik. Tips paling penting dari mengatur waktu bagi para pelajar adalah tidak menunda segala sesuatu pekerjaan sekalipun itu sesuatu hal yang sederhana.

Kamu juga bisa lho membagi tugas yang tingkatnya 1 minggu menjadi beberapa tugas sehingga lebih mudah dikerjakan. Apabila hari Senin guru meminta untuk mengumpulkan tugas di hari Jumat, maka kerja ka sedikit demi sedikit setiap hari daripada harus mengeluh waktu. Cobalah Untuk memanfaatkan akhir pekan dalam mengerjakan tugas yang durasi waktunya cukup panjang. Tentu saja dengan tidak mengganggu waktu kamu bersama dengan keluarga ya. 

Luangkan Waktu untuk Ekstrakulikuler dan Bersosialisasi

Cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk ekstrakurikuler dan bersosialisasi. Mungkin kamu sudah memiliki tujuan jangka panjang dan tujuan jangka pendek yang menjadi fokus utama. Namun kamu harus mengingat bahwa ekstrakurikuler dan bersosialisasi juga sangat penting dalam hidupmu ya.

Kamu bisa menggunakan agenda untuk menyusun jadwal mingguan dan alokasikan setiap menit maupun setiap hari untuk mengerjakan PR. Kamu juga bisa membatasi durasi untuk menggunakan perangkat elektronik misalnya melihat TV bisa diakses selama 2 jam dalam setiap malam, begitu juga dengan penggunaan smartphone.

Cobalah untuk kerjakan PR dan tugas lain sebanyak mungkin pada hari biasa. Dengan begitu kamu bisa menikmati waktu lebih banyak di akhir pekan untuk berkumpul dengan keluarga maupun teman-teman, serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dari sekolah.

Penutup

Cara mengatur waktu dengan baik bagi pelajar sebenarnya bisa dilakukan jika sudah memiliki tekad yang kuat dan tujuan. Hindari segala sesuatu hal yang mungkin bisa membuat kamu justru tidak konsisten dan tidak mengikuti jadwal yang telah dibuat. Dengan mengatur waktu sebaik mungkin kamu akan lebih positif dengan berbagai macam kegiatan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait