Begini Cara Meningkatkan Kecerdasan dengan Kegiatan Menarik

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 May 2022
Begini Cara Meningkatkan Kecerdasan dengan Kegiatan Menarik

Apabila kamu termasuk salah satu orang yang pelupa? Jika kamu termasuk salah satu orang yang pelupa, Sepertinya kamu harus mengetahui cara meningkatkan kecerdasan. Ingatan manusia, berapapun umurnya terkadang selalu melupakan sesuatu yang penting, entah itu ingatan jangka panjang maupun jangka pendek. 

Sekalipun banyak orang yang percaya bahwa kecerdasan seseorang bisa diukur berdasarkan naik tetapi ada sejumlah metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang menjadi lebih efektif. Dengan motivasi dan tekad yang cukup sama siapapun bisa mengembangkan kemampuannya menjadi lebih pintar.

5 Cara Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Jika tertarik untuk meningkatkan kecerdasan, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan beberapa kegiatan yang menarik;

1. Membaca

Membaca merupakan cara paling dasar untuk memfasilitasi otak agar bisa berkembang dan meningkatkan kecerdasan. Membaca akan membantu kamu untuk memperkenalkan kosakata baru, menyajikan contoh penggunaan tata bahasa yang tepat sehingga bisa menunjukkan bagaimana sebuah kalimat tersebut ditulis dengan baik.

Kamu bisa membaca berbagai macam karya-karya, mulai dari karya non fiksi sampai karya  fiksi sesuai dengan keinginan. Dengan membaca tentu menjadi salah satu cara alternatif untuk membuat otak bergerak ke tempat yang baru. 

2. Menonton Berita

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka menonton berita? Kamu harus tahu bahwa menonton berita juga termasuk salah satu yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan. Jadi menyisihkan waktu setengah jam setiap pagi atau malam hari membaca maupun menonton berita akan membantu otak tetap aktif.

Kamu akan mencerna sebuah informasi baru dan menjadi kebiasaan untuk bisa diterapkan setiap hari. Di dalam berita akan diperkenalkan topik baru yang menarik dan akan memaksa otak untuk berputar dengan informasi terbaru.

3. Menulis

Menulis juga termasuk salah satu aktivitas yang menyenangkan dan sebagai cara meningkatkan kecerdasan. Mulai dari memperkaya kosakata, meningkatkan keterampilan tata bahasa dan penggunaan kata di dalam kalimat yang tepat.

Menulis juga akan membantu otak untuk menyimpan informasi yang lebih efektif dan mengembangkannya pada keterampilan memori sehingga menjadi lebih baik. Di dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa siswa di sekolah secara teratur akan menjadi pelajaran selama di kelas, maka mereka akan mendapatkan nilai yang lebih baik ketika ujian.

Selain itu, menulis juga bisa meredakan stres. Cobalah untuk menulis jurnal sebelum tidur setiap malam. Kamu bisa menuliskan hal-hal yang bisa memberikan tekanan pada Kamu setiap hari sebab dengan menuliskan secara tidak langsung kamu mengetahui penyebab stres. 

4. Menggambar atau Melukis

Selanjutnya kamu bisa melakukan aktivitas menggambar maupun melukis jika memang memiliki minat terhadap kegiatan tersebut. Kamu tidak perlu menjadi seorang seniman untuk bisa mengetahui manfaat dari menggambar. Jadi menggambar ini bisa membantu koordinasi mata dan tangan agar terus terpelihara.

Dengan menggambar, sinyal sinopsis akan dikirim pada neuro transmitter kemudian memantul menyimpang ingatan menjadi lebih permanen dan jelas. Tidak heran ketika kecil kita sering diajarkan untuk menggunakan gambar, sebab menggambar merupakan aktivitas yang sehat bagi otak manusia.

5. Membuat Keterampilan

Selanjutnya, kamu bisa mencoba untuk membuat sebuah keterampilan loh. Keterampilan yang kamu buat juga bisa memberi rasa kepercayaan. Perpaduan elemen-elemen yang baik dan profesional bisa memungkinkan orang untuk lebih menonjol dan menjadi pemikir inovatif.

Dengan membuat keterampilan tentu bisa membantu untuk meningkatkan kreativitas.Seperti yang kita ketahui bahwa kreativitas perlu dilatih setiap hari dan kamu hanya perlu melatihnya secara rutin. Semakin sering berlatih kreativitas, maka  otak akan berkembang. 

Penutup

Cara meningkatkan kecerdasan otak dengan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan bisa membantu kamu semakin berkembang. Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan, pastikan kamu melakukan kegiatan yang benar-benar disukai, seperti menggambar, menulis, membaca, dan lain sebagainya.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait