Cari Tahu Lebih Dalam tentang Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Bacaan Umum
Universitas123 | 14 November 2021
Cari Tahu Lebih Dalam tentang Mata Kuliah Metodologi Penelitian

Mata kuliah Metodologi Penelitian adalah satu dari sekian mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa dari jurusan manapun tanpa terkecuali. Buat kamu yang akan berkuliah tentu penasaran dengan mata kuliah ini. Kami akan mengulas mata kuliah ini agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru.

Apakah Mata Kuliah Metodologi Penelitian?

Metodologi penelitian adalah mata kuliah yang mempelajari bagaimana cara mengadakan sebuah penelitian agar memperoleh data yang valid, otentik, serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dalam mata kuliah ini akan diajarkan bagaimana melaksanakan sebuah penelitian secara bertahap. Mulai dari mencari masalah yang akan dipecahkan melalui sebuah penelitian, mencari latar belakang diadakannya penelitian tersebut, merumuskan permasalahan, membuat kajian pustaka dari referensi dan sumber terpercaya, hingga menentukan metode pengumpulan data. Biasanya sebelum menentukan metodologi penelitian yang digunakan, kamu harus tahu jenis penelitianmu termasuk penelitian kuantitatif atau kualitatif. Berkat adanya mata kuliah ini, mahasiswa dapat menyusun penelitiannya secara runtut, detail dan jelas.

Selain membahas tentang konten penelitian, mata kuliah ini juga memberi informasi teknis penulisan karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah sangat berbeda dengan menulis buku catatan. Sehingga diperlukan aturan baku agar sebuah penelitian dapat dibaca dengan jelas dan isinya bisa tersampaikan seutuhnya. Mulai dari cara mengutip referensi, hingga bahasa yang digunakan dalam penyampaian karya ilmiah sangat diperhatikan detailnya. Apakah kamu mulai tidak sabar untuk mengambil mata kuliah ini?

Wajib Diambil di Tahun Ketiga

Mata kuliah ini wajib diambil pada tahun ketiga, artinya satu tahun menjelang pengerjaan tugas akhir. Mengapa mata kuliah ini wajib diambil? Hal ini dikarenakan mata kuliah ini merupakan mata kuliah prasyarat sebelum mengerjakan skripsi.

Namun, tidak semua kampus memberikan mata kuliah ini pada tahun ketiga. Beberapa universitas memasukkan mata kuliah ini pada tahun kedua. Tujuannya untuk mendorong mahasiswa untuk terbiasa membuat laporan ilmiah sesuai kaidah penulisan karya ilmiah yang berlaku saat ini.

Bekal Sebelum Mengerjakan Skripsi

Para dosen pengampu mata kuliah Metodologi Penelitian biasanya akan memberikan saran pada mahasiswanya untuk benar-benar sepenuh hati untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan selama perkuliahan Metodologi Penelitian ini. Hal ini dikarenakan tugas akhir mata kuliah ini dapat menjadi ide awal untuk skripsi atau tugas akhirmu.

Terlebih jika dosen mendukung ide yang akan digunakan untuk skripsimu. Tentu akan menjadi sangat menantang bukan? Banyak yang mengatakan bahwa mata kuliah ini sangat membantu dalam pengerjaan skripsi apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh karena mahasiswa hanya perlu mengulas dan memperbarui kajian pustaka serta menyesuaikan rumusan masalah dengan status quo terkini.

Bagian dari skripsi yang disinggung di mata kuliah ini hanya tiga bagian di awal saja. Bab pertama yakni bab pembukaan berisi tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan manfaat serta pembatasan ruang lingkup penelitian tersebut. Kemudian, pada bab kedua yaitu kajian pustaka berisi tentang referensi definisi, teori, metode serta penelitian serupa dengan ruang lingkup yang hampir sama. Lalu, pada bab ketiga adalah metodologi dan pengumpulan data yang berisi rencana obyek yang akan diteliti beserta cara mendapatkan data untuk penelitian tersebut.

Selanjutnya, bab keempat dan kelima akan dibahas pada mata kuliah Skripsi apabila saat mengerjakan tugas mata kuliah Metodologi Penelitian dilakukan dengan sepenuh hati maka akan sangat menghemat waktu tentunya. Itu disebabkan karena pada bab keempat berisi tentang pembahasan yang merupakan poin penting dari sebuah penelitian yaitu saat bertemunya teori-teori pendahulunya dengan data yang terkumpul selama penelitian. Terakhir, bab kelima berisi kesimpulan dan saran dari penelitian tersebut untuk pengembangan penelitian di masa depan.

Penutup

Nah, menarik kan? Belajar tentang mata kuliah metodologi penelitian membuat kamu sebagai mahasiswa lebih terasah pola pikir dan mental saat terjun ke dalam sebuah penelitian dengan bidang yang disenangi dan dikuasai. Masih ada mata kuliah menarik lainnya yang bisa dicari di Universitas123.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait