Daftar PTN Terfavorit di Indonesia Ini Bisa Jadi Referensimu

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 August 2021
Daftar PTN Terfavorit di Indonesia Ini Bisa Jadi Referensimu

Masuk ke PTN Terfavorit di Indonesia memang tidak semudah daftar SMA. Hal inilah yang membuat calon mahasiswa mengupayakan semua cara agar bisa masuk salah satu kampus favorit. Apakah kamu salah satunya?

Sebelum mendaftar, banyak yang perlu kamu pertimbangkan seperti lengkap tidaknya fasilitas, biaya hidup, lingkungan, dan status akreditasi. Namun, kamu tak perlu khawatir, berikut daftar PTN favorit di Indonesia yang bisa jadi referensimu.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

PTN terfavorit di Indonesia yang pertama yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Perguruan Tinggi Negeri yang satu ini berada di kota Bandung, Jawa Barat. Buat kamu yang berminat dengan bidang teknik dan sains sebaiknya segera mencari informasi mengenai kampus ini.

Sejak tahun 1959 kampus ini selalu mempertahankan kualitas dan menjadi kampus terbaik di tanah air. Tokoh yang paling terkenal lulusan ITB yaitu Ir.Soekarno. Bung Karno sukses sebagai presiden pertama Indonesia yang dulunya menempuh pendidikan di ITB.

Kampus ini punya 27 program studi dengan akreditasi internasional, ABET dan ASIIN. Kamu bisa memilih salah satu dari 5 jurusan favorit yaitu Teknik Informatika, Teknik Geofisika, Teknik Metalurgi, Teknik Pertambangan, dan Teknik Perminyakan.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Kampus yang berada di Yogyakarta ini sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Selain melahirkan banyak cendekiawan, sastrawan, dan seniman UGM mampu bersaing hingga kini. Sejak berdiri 1949 UGM masih menyandang PTN terfavorit di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada tak hanya meraih prestasi di tingkat nasional, tapi juga internasional. Bahkan perguruan tinggi negeri ini sangat bagus untuk prospek masa depanmu.

Universitas Gadjah Mada (UGM) dilengkapi dengan banyak fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar agar lebih kreatif dan inovatif. Di sekitaran kampus pun banyak tempat kos dengan harga terjangkau. Sehingga mudah buatmu dalam menemukan hunian dekat kampus.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus ini fokus kepada pendidikan di bidang pertanian, meski tersedia juga jurusan nonagraris yang bisa kamu masuki. IPB konsisten dalam daftar PTN terfavorit di Indonesia dan berhasil meraih peringkat ketiga hingga kini.

IPB juga diakui kualitasnya di tingkat internasional loh. Tak cuma itu, IPB pun berhasil di peringkat 191 sebagai PTN terbaik di Asia. Saat ini Institut Pertanian Bogor punya 9 fakultas dan 1 sekolah bisnis dengan 36 program studi sarjana.

IPB juga punya sekolah vokasi dengan 17 program keahlian. Kampus IPB dilengkapi dengan 13 Program Magister Profesional, 64 Program Magister Sains, 43 Program Doktor, 1 Program Internasional.

4. Universitas Indonesia (UI)

Selanjutnya yaitu Universitas Indonesia (UI). Kampus ini berada di perbatasan kota Depok dan Jakarta, tapi sering ditulis di Jakarta. Perguruan tinggi terfavorit ini masuk sebagai salah satu universitas terbesar loh! Selain itu masih ada banyak lagi hal menarik yang dimiliki kampus UI.

Kelebihan pertama, UI punya perpustakaan yang representatif. Kebutuhan akan buku sudah tak perlu dikhawatirkan, keberadaan perpustakaan yang lengkap menjadi tujuan para mahasiswa. Tak hanya itu saja, fakultas di UI sudah terakreditasi “A”.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kampus yang satu ini sudah berdiri sejak 1957 di Surabaya dengan konsentrasi pengembangan ilmu di bidang teknologi dan kelautan. Keunggulan ITS dibanding kampus lainnya yaitu selalu punya penelitian aktif dan terus berkembang hingga saat ini.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember punya 4 jurusan favorit yang bisa kamu pertimbangkan, yaitu Teknik Informatika, Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Sipil.

6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD masuk sepuluh besar sebagai universitas terbaik dan terfavorit di Indonesia. Kampus ini memiliki lingkungan belajar yang kondusif dengan biaya terjangkau. Selain itu banyak kemudahan pengaplikasian beasiswa membuat banyak peminatnya hingga sekarang.

Setiap tahun kampus ini melakukan pengembangan serta evaluasi pendidikan guna memudahkan semua mahasiswa untuk bisa melaksanakan kegiatan akademik dengan sangat baik.

Penutup

Masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN di Indonesia memang menjadi satu kebanggaan. Kamu bisa masuk ke salah satu PTN tersebut dengan berbagai jalur. Tidak perlu mengkhawatirkan soal biaya kuliah karena banyak sekali beasiswa yang bisa membantumu menyelesaikan pendidikan. Kamu bisa bergabung di Universitas123 supaya tidak ketinggalan informasi!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait