10 Daftar Tempat Kuliah Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Untuk S1

Bacaan Umum
Universitas123 | 03 November 2023
10 Daftar Tempat Kuliah Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Untuk S1

kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia tersedia pada pilihan Universitas Negeri ataupun swasta. Sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Teknik Elektro dan bukanlah merupakan jurusan baru.

Sampai saat ini, Jurusan Teknik Elektro masih menjadi pilihan favorit masyarakat. Terbukti dengan meningkatnya jumlah permintaan setiap tahun.

Daftar Universitas Top di Indonesia S1 Teknik Elektro

Apabila kamu tertarik menjalani perkuliahan dengan mengambil program jurusan S1 Teknik Elektro bisa menggunakan rekomendasi berikut terkait di mana tempat kuliah terbaik pada program studi tersebut:

1. Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

Fakultas Teknik Elektro di Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS) telah menjadi pelopor dalam pendidikan teknik elektro di Indonesia sejak tahun 1979. Fakultas ini menawarkan tiga fokus pendidikan yang dibutuhkan oleh dunia industri saat ini, yaitu Industrial Automation, Industrial Internet of Things, dan Robotics. Fasilitas pendukung berupa laboratorium dan riset grup untuk mendukung pembelajaran dan penelitian menjadi poin penting yang menjadi daya tarik jurusan Teknik Elektro ISTTS bagi mahasiswa yang gemar melakukan eksperimen. Dengan kurikulum yang komprehensif dan fokus pada teori, praktek, dan proyek industri, fakultas ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tuntutan masa depan di dunia kerja.

2. Universitas Gadjah Mada

UGM adalah salah satu Universitas terkemuka yang menyediakan tempat kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia. Untuk mengambil perkuliahan pada jurusan tersebut, kamu harus masuk dalam Departemen Teknik Elektro dan teknologi informasi. Keunggulan dari Universitas Gadjah Mada pada jurusan ini adalah mempunyai akreditasi dari lembaga internasional.

3. Institut Teknologi Sepuluh November

ITS adalah salah satu kampus terkemuka yang berada di Surabaya. Universitas tersebut menyediakan Departemen Teknik Elektro sebagai salah satu departemen terbesar di kampus.

Setiap tahunnya terdapat hingga 5000 pendaftar memilih jurusan Teknik Elektro. Dari total tersebut, jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Sepuluh November hanya ada sebanyak 150 mahasiswa.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan pilihan selanjutnya bagi para mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa aktif pada jurusan Teknik Elektro. Kamu bisa mendaftar pada Departemen Teknik Elektro yang berada di bawah Fakultas Teknik yang sudah ada sejak tahun 1964.

Terdapat 5 permintaan pada jurusan tersebut yaitu teknik elektronika, teknik kontrol, teknik listrik, teknik telekomunikasi, dan teknik komputer.

5. Universitas Diponegoro

Undip juga merupakan salah satu Universitas terkemuka yang menyediakan jurusan Teknik Elektro terbaik di Indonesia Hal ini karena Jurusan tersebut telah terakreditasi A dari BAN-PT dan telah memperoleh sertifikasi langsung dari TUV Rheinland.

6. Universitas Hasanuddin

UNHAS adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka yang menyediakan perkuliahan Teknik Elektro terbaik di Indonesia berikutnya. Program perkuliahan ini sudah ada sejak tahun 1995 dengan 3 konsentrasi yang ditawarkan yaitu teknik telekomunikasi teknik komputer, teknik energi listrik, dan elektronika.

7. Universitas Brawijaya

UB menyediakan jurusan teknik yang sudah ada sejak tahun 1978. Departemen ini mempunyai visi agar dapat menghasilkan para lulusan Teknik Elektro terbaik di Asia. Motto yang mereka miliki dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah melakukan yang terbaik dengan semangat dan integritas.

8. Universitas Andalas

Program jurusan teknik yang dapat kamu temukan di Universitas Andalas adalah program studi yang sudah terakreditasi level internasional. Akreditasi tersebut diberikan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Education atau disingkat dengan IABEE. Universitas Andalas telah menyediakan jurusan Teknik Elektro sejak tahun 1991.

9. Universitas Sumatera Utara

Pilihan program studi Teknik Elektro berikutnya di Universitas Sumatera Utara sudah ada sejak tahun 1965. Program jurusan tersebut juga telah berhasil memperoleh akreditasi A. Kamu bisa mendaftar program studi tersebut dengan menjadi mahasiswa aktif pada Fakultas Teknik.

10. Universitas Telkom

Universitas Telkom telah menyediakan Fakultas Teknik Elektro sejak tahun 1990. Fakultas tersebut menyediakan hingga 5 program studi, 6 kelompok keahlian, dan dengan fasilitas lengkap yaitu 17 laboratorium maupun riset Group.

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang apa saja tempat kuliah Teknik Elektro terbaik di Indonesia. Kamu bisa mempertimbangkan mana universitas yang akan kamu pilih supaya mengambil program jurusan Teknik Elektro membawa keuntungan tersendiri karena jaringan dan reputasi masing-masing Universitas.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait