Fakultas dan Jurusan Saintek Favorit Universitas Tirtayasa Cilegon

Bacaan Umum
Universitas123 | 23 December 2021
Fakultas dan Jurusan Saintek Favorit Universitas Tirtayasa Cilegon

Universitas Tirtayasa Cilegon nerupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang sangat popular dan banyak diminati oleh calon mahasiswa. Di dalam universitas ada banyak sekali jurusan yang berhubungan dengan saintek sehingga calon mahasiswa menjadi bingung ketika memilihnya. Nah untuk itu, di artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa fakultas dan jurusan saintek favorit.

Fakultas Universitas Tirtayasa Cilegon

Berikut ini adalah fakultas yang ada di Universitas Tirtayasa Cilegon, simak baik-baik ya.

Fakultas Teknik

Fakultas pertama yang ada di universitas ini adalah fakultas teknik yang banyak diminati oleh calon mahasiswa baik dari kota Cilegon ataupun kota lainnya. Tujuan didirikannya fakultas ini yaitu menciptakan lulusan mahasiswa yang berilmu pengetahuan tinggi, intelektual, serta ahli di dalam bidang kemampuannya.

Adapun tujuan dari didirikannya fakultas teknik ini, yaitu menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama perkembangan industri di kota Cilegon yang saat ini semakin pesat dan berkembang.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas kedua yang disediakan oleh Universitas Ageng Tirtayasa ini adalah fakultas ekonomi dan bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa fakultas ini sudah didirikan sejak tahun 1986 dan mendapatkan dukungan penuh dari kaum cendekiawan dan tokoh masyarakat sekitar, apalagi  pada saat pembukaan jurusan manajemen.

Namun seiring dengan berjalannya waktu serta ilmu pengetahuan, fakultas ini membuka jurusan lain yaitu jurusan akuntansi pada tahun 1987 dengan tujuan memenuhi kebutuhan tenaga kerja sebagai seorang akuntan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas ketiga adalah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yang sangat cocok bagi calon mahasiswa bercita-cita menjadi seorang guru atau tenaga pendidik. Perlu Anda ketahui, fakultas ini tidak hanya diminati oleh calon mahasiswa yang daru Cilegon saja, namun juga didominasi oleh calon mahasiswa dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan daerah Indonesia lainnya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas terakhir yang ada di Universitas Tirtayasa Cilegon adalah fakultas ilmu sosial dan politik. Fakultas ini sangat cocok bagi Anda lulusan juruan IPS yang ingin mendalami tentang ilmu-ilmu sosial dan politik, seperti ilmu hukum dan psikologi.

Jurusan Saintek Favorit Universitas Tirtayasa Cilegon

Berikut ini adalah jurusan saintek favorit di Universitas Tirtayasa Cilegon yang bisa menjadi pilihan Anda.

Agribisnis

Jurusan agribisnis menjadi jurusan pertama yang menjadi favorit para calon mahasiswa. Perlu Anda ketahui bahwa setiap pendaftar S-1 agribisnis ini selalu mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Contohnya pada tahun 2019, terdapat 790 pendaftar di jurusan ini.

Adapaun alasan yang mendasari mengapa jurusan ini sangat diminati oleh calon mahasiswa, yaitu akreditasi yang berhasil dicapai adalah A oleh pihak BAN-PT serta mempunyai prospek dan lapangan kerja yang sangat luas.

Agroteknologi

Jurusan saintek kedua yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah agroteknologi. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah peminatnya di tahun 2019 melalui jalur SBMPTN sebanyak 735 calon mahasiswa yang mendaftar. Untuk akreditasi yang berhasil diraih oleh jurusan ini adalah A oleh pihak BAN-PT sesuai dengan Surat Keputusan nomot 4849/SK/BAN-PT/Akred/VIII/2020.

Gizi

Apabila kita membicarakan tentang jurusan yang berhubungan dengan kesehatan, tentu pikiran kita akan mengklaim bahwa jurusan tersebut adalah jurusan yang paling favorit dnegan jumlah pesaing sangat banyak. Nah hal tersebut juga terjadi di jurusan gizi yang ada di Universitas Tirtayasa Cilegon yang mempunyai jumlah peminat SBMPTN 2019 sebanyak 689 pendaftar. Anda tidak perlu khawatir soal prospek dan lapangan kerja, sebab Anda bisa bekerja di rumah sakit, pelayanan desa, ataupun di klinik.

Teknik Sipil

Jurusan ini memang menjadi salah stau jurusan paling mainstream atau banyak diminati hampir di semua perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Apabila Anda masuk kejurusan ini maka akan mempelejari tentang inftrastruktur jalanan dan bangunan. Bahkan, tak jarang juga Anda akan mendapatkan tugas menggambar sebuah kontruksi.

Jumlah peminat jurusan tehnik sipil di universiats ini apda tahun 2019 sebanyak 550 pendaftar. Sedangkan untuk akreditasi yang berhasil diraih adalah B oleh pihak BAN-PT serta menyediakan berbagai prospek kerja yang menjanjikan.

Jalur Pendaftaran Universitas Tirtayasa Cilegon

Berikut ini adalah jalur pendaftaran di Universitas Tirtayasa Cilegon, simak dengan baik ya.

SNMPTN

SNMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Pergurusan Tnggi Negeri. Jalur ini mempunyai sistem yaitu masuk Universitas Ageng Tirtayasa yang berdasarkan dengan hasil penelusuran prestasi dan hasil prestasi akademik siswa yang bersumber dai PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)

SBMPTN

Jalur pendaftaran kedua yaitu SBMPTN (Seleksi Bersama Peguruan Tinggi Negeri). Seleksi ini bedasarkan pada hasil ujian tes tulis dengan menggunakan metode ujian Tulis Berbasis Cetak atau UTBK berbasi komputer.

Mandiri

Jalur yang terakhir adalah jalur mandiri. Jalur ini merupakan seleksi yang diatur dan ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri dengan menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN.

Demikian informasi mengenai Universitas Tirtayasa Cilegon yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Jika terdapat kesalahan pada saat menyampaikan informasi, kami mohon maaf yang sebsar-besarnya. Apakah Anda ingin mendapatkan infromasi seputar kampus lain? Yuk, langsung simak penjelasan kami di https://www.universitas123.com

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait