7 Hal yang Harus Diketahui Maba Sebelum Mulai Perkuliahan, Jangan Sampai Menyesal!

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 August 2021
7 Hal yang Harus Diketahui Maba Sebelum Mulai Perkuliahan, Jangan Sampai Menyesal!

Ada beberapa hal yang harus diketahui maba sebelum melaksanakan perannya sebagai mahasiswa. Anda pasti sudah memahami bahwa perkuliahan sangat berbeda dengan jenjang sekolah sebelumnya. Anda harus menjadi orang yang mandiri dan mempunyai rencana jelas. Tidak hanya rencana pendidikan hingga lulus, tetapi juga harus rencana hingga 5 tahun setelah lulus.

Maka dari itu, berikut adalah hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum memasuki dunia perkuliahan.

Sistem Belajar Perkuliahan

Belajar di perkuliahan sama dengan menjadi mandiri. Selain kontribusi dosen, anda juga harus mencari materi tersebut dari sumber yang lain guna menambah referensi. Anda juga bisa berdiskusi langsung dengan dosen bersangkutan atau akademisi lainnya untuk menambah sudut pandang baru.

Hal yang harus diketahui maba perihal tugas ialah kerjakan sebaik mungkin. Jangan menganggap tugas tersebut sepele apalagi hingga meminta orang lain untuk menyelesaikannya. Bila perlu, buatlah jawaban soal atau tugas dalam bentuk makalah. Itu akan menambah nilai akademik dan juga pandangan baik dari dosen terhadap anda.

Lingkungan Belajar

Seorang mahasiswa memiliki lingkungan belajar yang sangat luas. Seperti yang telah dikatakan, anda tidak hanya mendapatkan materi atau pengetahuan dari dosen melainkan bisa dari mana saja. Misalnya seperti pengalaman organisasi, diskusi dengan kakak tingkat, atau seminar profesional yang anda jalani.

Salah satu hal yang harus diketahui maba ialah anda harus membangun benteng disiplin. Tidak ada yang bisa anda toleransi bila itu menganggu waktu belajar. Pada dasarnya, teman-teman di perkuliahan sama dengan sekolah, ada yang rajin ada pula yang tidak. Anda harus pintar menempatkan diri dan berani membatasi hal-hal yang menganggu waktu belajar.

Lingkungan Pertemanan

Lingkup pertemanan di perkuliahan juga sangat luas dan rentan. Jika anda tidak pandai dalam memilih pergaulan, maka anda bisa salah jalan dan tidak berhasil mencapai masa depan yang cerah. Berteman sudah pasti bisa dengan siapa saja, namun batasilah mereka yang menghalangi anda dari kebaikan. Seperti yang sudah disarankan sebelumnya, anda harus disiplin terhadap kehidupan pribadi.

Hal yang harus diketahui maba perihal pertemanan lainnya ialah jangan mudah menilai penampilan orang lain. Seorang yang anda anggap berandal bisa saja memiliki rasa nasionalisme yang tinggi atau seseorang yang memiliki kedudukan tinggi di kampus pun juga bisa memiliki skandal tergelapnya. Anda harus mulai bisa mempelajari seseorang dan berhati-hati dalam berteman.

Mengembangkan Diri dengan Baik

Hal yang harus diketahui maba selanjutnya ialah tentang pengembangan diri. Kini anda memilki segala fasilitas dan media pengembangan diri lewat kampus, manfaatkanlah itu dengan baik. Jalanilah satu atau dua organisasi dan berikan kontribusi terbesar anda di sana. Jangan hanya menjalani banyak organisasi namun tidak memiliki kontribusi atau bahkan hanya menumpang nama saja.

Bila anda tidak cocok dengan sistem organisasi maka anda bisa ikuti berbagai perlombaan, program magang, atau beasiswa. Biasanya beberapa beasiswa memiliki benefit lain di luar dana pendidikan seperti program pengembangan diri. Dari sana anda akan mendapatkan relasi dan pengalaman baru yang kelak dibutuhkan saat melamar pekerjaan.

Memiliki Target yang Jelas

Hal yang harus diketahui maba dalam bidang akademik ialah memiliki target. Tujuannya ialah agar anda memiliki hasil akhir yang baik, entah itu gelar cumlaude, IPK sempurna, atau memiliki berbagai pengalaman. Buatlah target per semester agar lebih mudah dalam menyusun rencana dan mencapainya.

Target bisa bermacam-macam, misalnya seperti pada semester pertama harus sudah memberikan kontribusi kepada organisasi yang dijalani. Bisa pula seperti sudah menyelesaikan program magang di penghujung semester 3 atau 4. Kebiasaan target ini akan memberikan anda kemudahan dalam dunia kerja. Atasan atau orang lain juga bisa memandang anda lebih baik dari orang lain.

Membiasakan Membaca Jurnal atau Buku Non Fiksi

Masih dalam bidang akademik, hal yang harus diketahui maba selanjutnya ialah harus membiasakan diri dengan bacaan non fiksi. Kuliah bisa dibilang sebagai gerbang menuju realita kehidupan, anda tidak perlu lagi membaca buku fiksi yang hanya hiburan. Di perkuliahan, anda harus berjibaku dengan berbagai jurnal penelitian, paper, dan data-data yang ada.

Melalui jurnal tersebut anda akan mendapatkan pengetahuan dan pandangan baru terhadap suatu topik secara akurat. Jadi tidak lagi hanya berdasarkan artikel biasa di internet atau bahkan berita non-kredibel. Kebiasaan membaca non-fiksi ini juga akan membantu anda dalam menjawab pertanyaan, baik secara langsung maupun tertulis seperti tugas.

Manajemen Waktu Terbaik

Seorang mahasiswa sudah pasti sibuk, entah itu untuk waktu hiburan, bekerja, magang, organisasi, atau belajar. Untuk bisa merasakan hal itu semua dalam satu masa maka anda membutuhkan pengaturan waktu yang sangat baik. Anda harus pandai menempatkan prioritas dan jangan menunda pekerjaan.

Alangkah lebih baiknya lagi jadwalkan setiap kegiatan yang anda inginkan dan jangan mudah teralihkan. Salah satu kemampuan ini memang membutuhkan waktu untuk menjadi terbiasa, tetapi jika anda konsisten maka akan bisa menguasainya dalam jangka pendek. Poinnya ialah, ketika anda tidak memiliki time management yang baik maka semua angan dan impian bisa hancur seketika.  

Demikian 7 hal yang harus diketahui maba ketika memulai perkuliahan. Manfaatkan waktu anda sebagai mahasiswa dengan baik sebagai investasi di masa depan. Jangan sampai terlalu banyak menikmati masa muda hingga lupa dengan masa depan yang seharusnya cerah. Untuk tips perkuliahan lainnya anda bisa lihat secara langsung di universitas123.com.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait