Informasi Lengkap Seputar Fakultas Matematika dan Sains Undip

Bacaan Umum
Universitas123 | 23 September 2021
Informasi Lengkap Seputar Fakultas Matematika dan Sains Undip

Fakultas Matematika dan Sains Undip menjadi salah satu fakultas terfavorit bagi para calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Diponegoro ini. Alasan utamanya, karena memang fakultas ini mempunyai kualitas pendidikan yang sangat baik berdasarkan visi dan misinya.

Tidak hanya itu saja, fakultas ini juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Seperti, labolatorium, perpustakaan, kantin, dan lain sebagainya. Apabila Anda penasaran mengenai fakultas ini, yuk langsung simak penjelasan singkat kami di artikel ini.

Sejarah Fakultas Matematika dan Sains Undip

Fakultas Matematika dan Sains Undip didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0369/0/1993 pada tanggal 21 Oktober tahun 1993. Pendidirian Fakultas ini berawal dari didirikannya program studi Matemtika di tahun 1969 untuk program sarjana muda dan akhirnya program studi ini mengalami perkembangan, sampai pada tahun 1979 barulah tersedia program studi matematika untuk program sarjana.

Setelah berhasil dan mencapai kesuksesan di program studi Matematika, Universitas Diponegoro (UNDIP) memutuskan untuk mendirikan program studi baru lagi di tahun 1988. Program studi tersebut, antara lain adalah program studi Kimia, Program Studi Biologi, dan Program Studi Fisika. Semua program-program tersebut dikelola oleh BPMIPA (Badan Pengelola Mipa) sesuai dengan Surat Keputusan Rektor nomor 63/PT09/19888 pada tanggal 5 April tahun 1988. sejak Oktober 19993, FMIPA ini merupakan sebuah fakultas di Universitas Diponegoro.

Jurusan Matematika akhirnya melahirkan dua program studi yaitu Program studi ilmu komputer di tahun 2004 yang sekarang berubah nama menjadi teknik informatika mulai tahun 2010 dengan tiga program studinya yaitu: Matematika, Statistika, dan  Teknik Informatika.

Sedangkan untuk jurusan Disika, Kimia, dan Biologi Fakultas Matematika dan Sains Undip didirikan pertama kali di bawah pengawasan Badan Pengelola MIPA di tahun 1988 sesuai Surat Keputusan Rektor Undip no. 63/SK.PT09/1933, Sk Dirjen DIKTI No. No. 15/DIKTI/KEP/1994 dan No. 22 O/DIKTI/KEP/1996, Program Studi Fisika, Biologi dan Kimia secara resmi menjadi Jurusan di bawah FMIPA Universitas Diponegoro berdasarkan SK Rektor No. 160/SK/PT09/1994.

Jurusan Apa yang disediakan Oleh Fakultas Matematika dan Sains Undip?

Nah, bagi Anda yang ingin masuk di Fakultas Matematika dan Sains Undip bisa memilih beberapa jurusan yang ada di dalamnya, antara lain Biologi, Fisika, Kimia, Matematika, Statistika,  dan Teknik Informatika.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal akreditasi dari jurusan-jurusan tersebut, karena memang akreditasinya sudah sangat baik oleh BAN-PT. Hal ini dibuktikan bahwa sudah ribuan mahasiswa berprestasi berhasil diluluskan oleh Fakultas Matematika dan Sains Undip ini. Bahkan tak jarang juga, diantaranya dapat menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai dengan bidang kemampuan masing-masing.

Sering sekali mahasiswa fakultas ini merasa bingung mengenai prospek atau peluang kerja setelah mereka lulus. Tenang saja, sebab prospek kerja semua jurusan yang ada di fakultas ini sangat luas sekali. Anda bisa menjadi seorang pengamat statistika, seorang pendidik, ahli keuangan, dan tentu masih ada banyak lagi. Bahkan peluang kerja di perusahaan ternama pun menjadi sangat besar, karena memang Universitas Diponegoro telah menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga dengan tujuan memperluas lapangan kerja untuk mahasiswa lulusannya.

Soal biaya, Anda juga tidak perlu mengkahawatirkannya. Sebab biaya kuliah di Universitas Dipenogoro ini sangat murah sekali. Apabila Anda berasal dari keluarga tidak mampu, tenang saja sebab bisa mendaftar beasiswa. Dengan melampirkan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), slip gaji orang tua, dan beberapa dokumen pendukung lainnya.  Atau mungkin Anda mempunyai banyak prestasi di dunia akademik maupun non akademik? maka bisa mendaftar beasiswa  melalui jalur prestasi.

Bagaimana Cara Menjadi Mahasiswa di Fakultas Matematika dan Sains Undip ?

Dikarenakan Undip ini Masuk kategori Perguruan Tinggi Negeri, maka Anda bisa mengikuti beberapa jalur berikut:

SNMPTN

Jalur masuk Fakultas Matematika dan Sains Undip yang pertama adalah SNMPTN. Jalur ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi dan konsisten selama di SMA/SMK/MA. Untuk mengetahuinya, biasanya dengan melihat rata-rata nilai rapor dan protofolio akademik mulai dari semester satu hingga semester lima. Nah, untuk dapat masuk SNMPTN ini, pihak sekolah harus melakukan PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

SBMPTN

Jalur yang kedua yaitu SBMPTN atau sering disebut dengan tes tulis bersama secara nasional. Jika dulu tes ini dilakukan dengan mengisi jawaban di kertas, berbeda lagi dengan sekarang yang sudah menggunakan teknologi komputer. Menurut data beberapa calon mahasiswa yang iku tes ini, mengatakan bahwa soal-soal SBMPTN sangat sulit untuk dipecahkan dan mampu membuat kepala hampir pecah. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum menghadapi SBMPTN ini.

Prestasi

Apabila Anda gagal di dua jalur sebelumnya, maka bisa ikut jalur Seleksi Bibit Unggul Prestasi (SBUB) atau yang lebih sering dikenal dengan jalur prestasi. Apabila Anda mempunyai prestasi atau pernah memenangkan lomba tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional, maka sangat disarankan untuk mengikuti jalur ini. Mengapa demikian? Sebab jalur prestasi mempunyai peluang yang sangat besar. Atau mungkin Anda seorang Hafidz? Tenang, bisa kok ikut jalur prestasi ini.

Mandiri

Jalur masuk Fakultas Matematika dan Sains Undip yang terakhir adalah mandiri. Intinya jalur ini tidak jauh berbeda dengan jalur-jalur sebelumnya, namun biasanya jalur ini mendapatkan UKT tinggi.

Penutup

Nah, itulah informasi seputaar Fakultas Matematika dan Sains Undip. Apabila Anda penasaran dengan informasi lainnya, bisa cek di universitas123.com.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait