Inilah 7 Universitas di Bandung Swasta Terbaik

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 August 2021
Inilah 7 Universitas di Bandung Swasta Terbaik

Saat ini banyak calon mahasiswa yang mengincar universitas swasta di Bandung terbaik untuk melanjutkan pendidikannya. Selain suasana Bandung yang asri, alasan lain memilih kota ini yaitu kampusnya punya kualitas yang bagus dan nggak kalah dengan kota lainnya. Namun, kamu pun nggak boleh asal-asalan ketika memilih universitas.

Agar kamu nggak zonk ketika memilih calon kampus impianmu, berikut ini akan diulas beberapa rekomendasi universitas swasta yang ada di kota Bandung dengan detail. Simak ulasan berikut ya!

1. Telkom University

Berdirinya Universitas Telkom diawali dengan dibentuknya STT Telkom dan MBA Bandung pada tahun 1990. Kemudian Telkom University diresmikan pada tahun 2013 dengan menggabungkan 4 institusi yaitu Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom serta Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Telkom University telah menorehkan beberapa prestasi, salah satunya adalah menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia versi WUR (Times Higher Education World University Ranking).

Sampai saat ini Telkom University memiliki 7 fakultas, antara lain: Fakultas Informatika, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Ekonomi&Bisnis, Fakultas Komunikasi & Bisnis, Fakultas Industri Kreatif serta Fakultas Ilmu Terapan.

2. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Berdiri pada tahun 1955, Universitas Katolik Parahyangan merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. UNPAR telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat A berdasarkan Surat keputusan No. 4339/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017 dan berlaku sampai 2022 mendatang.

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) memiliki 7 fakultas, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Fakultas Filsafat serta Fakultas Teknologi Industri.

3. Universitas Islam Bandung

Selanjutnya adalah Universitas Islam Bandung (UNISBA) yang awal berdirinya bernama Perguruan Islam Tinggi (1958-1967) kemudian nama Universitas Islam Bandung diresmikan pada tahun 1969.

Universitas Islam Bandung telah terakreditasi A berdasarkan Surat Keputusan No. 2732/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017.

10 fakultas yang ada di Universitas Islam Bandung antara lain: Fakultas Syariah, Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokter, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah & Keguruan, Fakultas Psikologi serta Fakultas Ilmu Komunikasi.

4. Universitas Pasundan (UNPAS)

Didirikan sejak tanggal 14 November 1960. UNPAS telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan perolehan nilai A (Unggul) berdasarkan Surat Keputusan No. 484/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 dan berlaku sampai 28 Desember 2023. Selain itu, Universitas Pasundan meraih ranking ke-8 perguruan tinggi swasta di Indonesia versi 4Icu.

Sampai saat ini Universitas Pasundan memiliki 6 fakultas antara lain: Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum serta Fakultas Teknik.

5. Universitas Islam Nusantara (UNINUS)

Universitas Islam Nusantara (UNINUS) pada awal berdirinya bernama Universitas Nahdlatul Ulama yang berdiri pada tanggal 30 November 1959 di Kota Bandung. Kemudian nama Universitas Islam Nusantara diresmikan pada tanggal 15 April 1969.

Universitas Islam Nusantara telah membuka 7 fakultas sampai saat ini, yaitu: Fakultas Teknik, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi serta Fakultas Pertanian.

6. Universitas Komputer Indonesia

Universitas swasta di Bandung selanjutnya ada Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yang resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Indonesia No. 126/D/0/2000. UNIKOM membuka 6 Fakultas dan 23 Program Studi sampai saat ini.

Berikut adalah program studi yang ada di Universitas Komputer Indonesia:

  • Fakultas Sastra: Sastra Inggris, Sastra Jepang
  • Fakultas Desain: Desain Interior, Desain Komunikasi Visual
  • Fakultas Hukum: Ilmu Hukum
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik: Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis: Manajemen, Manajemen Pemasaran, Keuangan & Perbankan serta Akuntansi
  • Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer: Teknik Informatika, Sistem Komputer, Teknik Komputer, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi

7. Universitas Widyatama

Terakhir adalah Universitas Widyatama (UTama), didirikan pada tanggal 2 Agustus 2001 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001. Universitas Widyatama merupakan perguruan tinggi swasta penggabungan 4 institusi pendidikan di Bandung.

Berikut adalah 5 fakultas yang ada di Universitas Widyatama beserta program studi yang ditawarkan:

  • Fakultas Ekonomi & Bisnis: Akuntansi, Manajemen, Perdagangan Internasional
  • Fakultas Teknik: Teknik Informatika, Teknik Industri, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil serta Perpustakaan & Sains Informasi
  • Fakultas Bahasa: Bahasa Jepang, Bahasa Inggris
  • Fakultas Desain Komunikasi Visual: Desain Grafis, Produksi Film & Televisi, Multimedia

Semua universitas di bandung swasta tersebut dapat kamu jadikan rujukan dalam memilih perguruan tinggi swasta di Kota Bandung, jika kamu ingin tahu lebih banyak informasi mengenai universitas swasta yang ada di Bandung dan informasi mengenai beasiswa, kamu dapat bergabung di Universitas123.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait