Jalur Seleksi dan Persyaratan Masuk Perguruan tinggi Negeri

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 August 2021
Jalur Seleksi dan  Persyaratan Masuk Perguruan tinggi Negeri

Persyaratan masuk perguruan tinggi negeri bisa membantu kamu menyiapkan diri dengan baik. Masuk perguruan tinggi negeri favorit tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap calon mahasiswa.

Untuk bisa lolos dari berbagai macam seleksi perguruan tinggi negeri memang tidak mudah. Bahkan beberapa pelajar harus menyiapkan diri dari awal ketika mereka masuk ke jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas atau SMA/sederajat.

Namun untuk bisa masuk perguruan tinggi ada beberapa persyaratan yang harus disiapkan oleh setiap pelajar. Mengetahui apa saja persyaratan untuk masuk PTN terbaik juga sangat penting.

Syarat Masuk Perguruan tinggi Negeri

Untuk masuk perguruan tinggi negeri kamu bisa memilih beberapa jalur seleksi, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Masing-masing jalur seleksi tersebut pasti memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa.

Persyaratan Masuk dari SNMPTN

Jika kamu memutuskan untuk mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN, ada beberapa persyaratan yang harus diikuti, seperti berikut.

  • Calon mahasiswa harus berada di tahun terakhir pendidikan menengah dan akan lulus di tahun yang sama dengan pendaftaran.
  • Memiliki prestasi secara akademik maupun non akademik. Sediakan portofolio sebagai salah satu persyaratan untuk beberapa jurusan.
  • Kota peringkat terbaik di sekolah akan disesuaikan dengan akreditasi SMA calon mahasiswa.
  • Menyiapkan beberapa data diri calon mahasiswa dan ijasah sesuai dengan yang ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Persyaratan Jalur Masuk Melalui SBMPTN

Coba ke perguruan tinggi negeri favorit dengan jalur SBMPTN ada Beberapa syarat yang juga harus kamu siapkan, seperti berikut.

  • Mengikuti UTBK atau memiliki nilai yang masih berlaku
  • Memiliki ijazah atau surat bukti kelulusan dari SMA/sederajat
  • Lulusan SMA menengah, paling lama sekitar 3 tahun terakhir.

Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Negeri Lainnya

Ada beberapa persyaratan lain yang biasanya diberikan oleh masing-masing PTN untuk proses penerimaan mahasiswa baru. Persyaratan tersebut juga harus disiapkan dengan baik oleh setiap calon mahasiswa.

Berikut ini beberapa syarat yang harus kamu ketahui

1. Persyaratan masuk perguruan tinggi negeri bisa disesuaikan dengan pertambangan pihak kampus. Setiap PTN dapat mempertimbangkan calon mahasiswa baru yang mendaftarkan diri melalui prestasi unggul.

2. Mengikuti dan telah dinyatakan lulus dari seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh PTN.

3. Sudah memiliki ijazah asli untuk pendidikan menengah.

4. Melakukan pembayaran biaya masuk kuliah. Hal ini berlaku pada biaya pendaftaran UKT semester 1 (jika sudah diterima), dan biaya lainnya.

Kesimpulan

Masuk perguruan tinggi negeri memang tidak mudah karena proses seleksi berjalan dengan ketat. Banyaknya calon mahasiswa yang ikut mendaftarkan diri menjadi alasan khusus. Jika tertarik untuk mendaftarkan diri di kampus negeri terbaik, pastikan kamu sudah mencari informasinya jauh-jauh hari, agar persiapan lebih matang dan peluang diterima besar.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait