Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Bagus untuk 5 Tahun ke Depan

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 July 2021
Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Bagus untuk 5 Tahun ke Depan

Tidak sedikit ketika saat di kelas XII atau kelas tiga SMA sederajat, banyak siswa yang belum tahu jelas dengan jurusan kuliah yang akan diambil. Kalau kamu termasuk salah satu dari golongan siswa itu, maka sebaiknya saat ini mulai pikirkan jurusan kuliah yang bagus untuk 5 tahun ke depan.

Prospek seperti ini wajib pikirkan dan pertimbangkan karena itu akan menjadi pijakanmu baik di dalam dunia kerja atau dalam mendukung dirimu sendiri dalam praktek kehidupan sebenarnya. Untuk menyingkirkan rasa bimbang dan bisa segera mengambil keputusan, tidak ada salahnya cari tahu dari sekarang.

Jurusan Teknologi Informasi

Peluang berkarir di dunia teknologi informasi memang sangat besar. Apalagi di tengah persebaran informasi yang semakin cepat. Tidak heran kalau teknologi informasi menjadi salah satu jurusan kuliah yang bagus untuk 5 tahun ke depan. Untuk mencari tempat kuliahnya pun tidak sulit, bisa ditemukan di banyak kota.

Lulusan dari jurusan teknologi informasi bisa berkecimpung di berbagai macam pekerjaan. Kamu bisa menjadi seorang system analyst, cyber security analyst, konsultan, pengembang perangkat lunak sistem informasi, bahkan sebagai dosen, guru dengan status PNS. Kamu hanya perlu memilih kampus yang tepat.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya menjadi salah satu kampus terbaik yang menyediakan jurusan teknologi informasi. Seperti jurusan S1 pada umumnya, masa belajar jurusan ini adalah 4 tahun. Untuk mendukung pembelajaran, pihak kampus menyediakan laboratorium, studio pemrograman dan lainnya. 

Jurusan Teknik Informatika

Mungkin di antara kamu akan ada yang bertanya-tanya keheranan, bukannya teknologi informasi dan teknik informatika itu jurusan yang sama? For your information, kedua jurusan tersebut berbeda tapi keduanya merupakan bagian dari jurusan kuliah yang bagus untuk 5 tahun ke depan.

Di jurusan ini kamu justru akan lebih banyak belajar hitung menghitung. Lulusan dari jurusan ini bisa mendukung pekerjaan orang-orang yang berkarir di teknologi informasi. Adapun karir yang bisa ditekuni di antaranya adalah programmer, data scientist, application/software engineer, intelligent system developer dan lainnya.

Kalau membicarakan jurusan informatika, Institut Teknologi Bandung menjadi kampus yang paling direkomendasikan. ITB sudah membuka jurusan ini bahkan sebelum kampus lain ramai mengadakan perkuliahan jurusan informatika. Melihat catatan sejarahnya, keunggulan jurusan ini tidak perlu diragukan lagi.

Jurusan Kedokteran

Dari dulu hingga saat ini, jurusan kedokteran merupakan bagian dari jurusan kuliah yang bagus untuk 5 tahun ke depan. Selama masih ada umat manusia di atas bumi, maka orang yang bekerja di profesi kedokteran itu dibutuhkan. Apalagi di tengah masa pandemi ini, peranan dokter dan tenaga kesehatan lainnya sangatlah besar.

Rekomendasi kampus dengan jurusan kedokteran terbaik untuk kamu adalah Universitas Indonesia, sebagai penyelenggara kedokteran tertua di Indonesia. Untuk mendapat gelar dokter (dr.) dari kampus ini kamu harus menjalani pendidikan sarjana kedokteran 4 tahun ditambah 2 tahun dokter FKUI.

Jurusan Akuntansi

Di tengah persaingan kerja yang ketat, lulusan dari jurusan akuntansi termasuk lulusan yang akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan. Di jurusan ini kamu akan belajar cara menghitung dan mengatur keuangan. Jika kamu berhasil menjadi seorang akuntan handal, pasti akan banyak perusahaan siap menerimamu.

Sebagai jurusan kuliah yang bagus untuk 5 tahun ke depan, kamu akan memiliki prospek kerja yang sangat luas dan banyak. Kamu bisa masuk berbagai perusahaan swasta, lembaga pemerintahan atau menjadi seorang profesional pada sebuah kantor akuntan publik.

Kalau kamu tertarik dengan jurusan ini, kamu bisa masuk ke Universitas Diponegoro. Jurusan akuntansi di kampus ini adalah salah satu yang terbaik dan paling banyak diminati. Selama berkuliah, kamu akan mempelajari manajemen akuntansi, akuntansi keuangan, matematika bisnis, statistika, sistem administrasi dan lainnya.

Jurusan Pariwisata

Bukan hanya perkembangan teknologi, kesehatan dan manajemen keuangan saja yang semakin berkembang di Indonesia dan dunia, kepariwisataan pun berkembang pesat. Industri hospitality tidak akan pernah mati karena manusia bukan hanya orang yang menghabiskan waktu untuk bekerja tapi perlu juga untuk relaksasi diri.

Kalau kamu tertarik dengan prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan yang bagus 5 tahun ke depan ini, kamu bisa mengambil S1 kepariwisataan Universitas Pancasila. Jurusan pariwisatanya sudah terakreditasi A. Kamu bisa menjadi manajer hotel, manajer lokasi wisata, agen pariwisata, pemandu pariwisata dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Melihat peluang besar yang ditawarkan di dunia pekerjaan, kamu jangan ragu untuk memilih jurusan-jurusan di atas. Jika kamu bisa sampai ahli di bidang-bidang tersebut, tidak sedikit lho perusahaan yang berani membayar tinggi hanya demi bisa menggunakan jasamu.

Dengan mempertimbangkan jurusan yang bagus 5 tahun ke depan tersebut kamu pun bisa mendapat gambaran mengenai perkembangan dunia di masa depan. Cari informasi mengenai universitas terkait di Universitas123, sebuah situs yang berbagi informasi seputar perkuliahan lengkap, dalam dan luar negeri.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait