Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 September 2021
Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Lulusan SMK Akuntansi

Jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK akuntansi sebenarnya cukup banyak, bisa disesuaikan dengan minat dan bakat kamu. Mengambil jurusan perkuliahan bukan sesuatu hal yang bisa dianggap sepele sebab kamu harus mempertimbangkan bakat dan minat.

Jika kamu salah memilih jurusan maka proses perkuliahan bisa terganggu karena kurang merasa nyaman. Bagi lulusan SMK masih banyak kesempatan yang bisa didapatkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia.

Kesempatan tersebut juga bisa didapatkan bagi kamu lulusan SMK jurusan akuntansi. Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan jurusan kamu. Tidak harus akuntansi, tetapi beberapa jurusan di perguruan tinggi juga bisa dicoba loh.

Jurusan Kuliah untuk Lulusan SMK Akuntansi

Ada beberapa program studi atau jurusan di perguruan tinggi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan. Bagi yang lulusan SMK jurusan akuntansi juga bisa mencoba mempertimbangkan beberapa jurusan kuliah seperti berikut

1. Jurusan Akuntansi

Pilihan pertama sudah pasti akuntansi karena kamu sudah paham dengan baik dasar pelajaran akuntansi. Jadi jurusan akuntansi di bangku perkuliahan akan mempelajari materi berbagai macam metode untuk mencatat dan menyusun laporan keuangan sehingga bisa membantu kepentingan untuk mengambil keputusan pada sebuah perusahaan.

Memilih jurusan akuntansi kamu akan memiliki beberapa kemampuan untuk mengelola keuangan, mengevaluasi anggaran, membantu menyajikan laporan keuangan, bisa menilai laporan keuangan, melakukan analisis, dan masih banyak kemampuan lain.

2. Jurusan Matematika

Selanjutnya kamu juga bisa memilih Jurusan Matematika. Ilmu akuntansi erat dengan angka sehingga sangat cocok jika masuk Jurusan Matematika, untuk mempelajari lebih dalam mengenai perhitungan. Jurusan Matematika ini akan membantu kamu untuk fokus mempelajari berbagai macam teori matematika lebih dalam.

Masuk Jurusan Matematika akan membantu kamu memiliki kemampuan untuk menganalisis berpikir secara kritis, memiliki kemampuan dalam berhitung, dapat memecahkan masalah, dan beberapa kemampuan lainnya.

3. Jurusan Statistika

Lulusan SMK akuntansi bisa kuliah apa? Pertanyaan tersebut pasti pernah terlintas di benak kamu. Selain bisa mengambil jurusan akuntansi kamu juga memiliki kesempatan untuk masuk jurusan lain seperti statistika. Jurusan ini juga memiliki perhitungan data yang tidak jauh berbeda ketika kamu belajar akuntansi.

Statistika tidak akan jauh-jauh dari matematika, sebab jurusan ini juga pengembangan dari studi matematika tetapi lebih fokus pada data dan pengolahan. Belajar statistika akan membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara mengumpulkan data, melakukan analisis, dan menyajikan data tersebut dalam bahasa yang lebih mudah dipahami untuk informasi banyak orang.

Memilih jurusan statistika akan membantu kamu memiliki beberapa kemampuan, seperti kemampuan dasar programming, lebih paham akan matematika, mampu melakukan analisa, dan kemampuan lainnya.

4. Jurusan Perbankan

Jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK akuntansi selanjutnya adalah perbankan. Melalui program studi perbankan kamu akan lebih fokus untuk mempelajari dunia keuangan. Ada banyak sekali hal yang akan kamu pelajari, mulai dari bank, lembaga simpan pinjam, asuransi, pasar modal serta transaksi, dan lain-lainnya.

Mengambil jurusan perbankan akan membantu kamu untuk berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan manajerial, lebih teliti pandai melakukan analisis, mampu bekerja dalam tim, lebih teliti dan tekun.

5. Jurusan Perpajakan

Jurusan perpajakan bisa menjadi solusi bagi kamu yang lulusan SMK tetapi ingin melanjutkan kuliah. Jurusan perpajakan ini masih berhubungan dengan angka dan pengelolaan uang yang tidak jauh dari akuntansi. Jurusan perpajakan ini merupakan pendidikan vokasional yang akan membantu kamu untuk menjadi ahli pajak.

Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai macam kewajiban dan hak wajib dari seseorang maupun badan terhadap pajak. Kamu juga akan mengetahui berbagai macam jenis pajak pusat dan pajak daerah.

Memilih jurusan perpajakan akan membantu kamu memiliki beberapa kemampuan, seperti mengetahui dasar teknologi dan komputer, bisa menyelesaikan permasalahan, mampu menyusun laporan perpajakan, bisa melakukan analisa dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Sebagai lulusan SMK jurusan akuntansi kamu bisa memilih beberapa jurusan di perkuliahan. Dari beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan SMK akuntansi tersebut kamu bisa memilih salah satu yang sesuai dengan bakat dan minat. Pertimbangkan dengan baik sehingga kamu bisa mendapatkan jurusan yang sesuai dan akan menjalankan proses perkuliahan dengan nyaman.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait