Kampus dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Bacaan Umum
Universitas123 | 27 February 2023
Kampus dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Kampus dengan jurusan ilmu komunikasi terbaik cukup banyak di Indonesia. Ilmu komunikasi sekarang ini menjadi jurusan dengan minat cukup tinggi. Jurusan ilmu komunikasi akan membuat mahasiswa lebih belajar secara mendalam tentang komunikasi.

Ada berbagai macam tingkatan, mulai dari individu, media, publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial, dan lainnya. Kamu bisa memperdalam berbagai macam ilmu tersebut pada jenjang perguruan tinggi. Indonesia memiliki kampus terbaik dengan jurusan ilmu komunikasi.

Belajar ilmu komunikasi akan membantu kamu memiliki beberapa pengetahuan dan keahlian seperti berbicara di depan umum, belajar dasar desain, belajar tentang fotografi, kemampuan menulis kreatif, dan masih banyak lagi lainnya.

Alasan Pilih Jurusan Ilmu Komunikasi

Kenapa harus memilih jurusan ilmu komunikasi? Selain dikarenakan komunikasi adalah bagian penting untuk manusia ada juga alasan penting lainnya. Pastinya ada banyak keuntungan tersendiri bagi setiap mahasiswa.

Tahukah kamu bahwa ilmu komunikasi tidak akan lekang oleh waktu sebab dimana saja dan kapan saja, komunikasi akan dibutuhkan. Jika lulus dari lulusan komunikasi pasti ada kemampuan dalam menulis, berbicara, atau mendengarkan.

Bagaimana dengan prospek kerja? Prospek kerja sangat luas bagi lulusan ilmu komunikasi, mulai dari media televisi, koran, digital, dan radio. Semua bisa melibatkan sarjana komunikasi.

Prospek kerja bukan dalam dunia hiburan saja, tetapi perusahaan besar juga membutuhkannya. Biasanya pada bagian divisi public realations dimana tugasnya cukup vital ketika berkomunikasi pada pihak lainnya. Divisi marketing juga membutuhkan lulusan ilmu komunikasi untuk menyampaikan pendapatnya.

Kampus dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali kampus terbaik dengan jurusan ilmu komunikasi. Beberapa kampus memfokuskan diri pada ilmu komunikasi di bidang khusus, tetapi ada juga kampus yang membahas ilmu komunikasi secara luas.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia bisa dikatakan sebagai kampus terbaik. Banyak pelajar yang bersaing dengan ketat demi bisa masuk di UI. Banyak fakultas tersedia di Universitas Indonesia, salah satunya adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). 

Menyediakan program Sarjana, program Master, dan Program Doktoral membuat ilmu komunikasi di UI menjadi tujuan utama. Akreditasi dari program studi ini juga sudah A dan tentu memberikan kualitas terbaik untuk proses pembelajaran.

Menjadi kampus dengan jurusan Ilmu Komunikasi terbaik sehingga banyak diincar oleh calon mahasiswa, tidak heran jika proses pendaftaran sangat ketat. Berbagai macam tes untuk masuk Universitas Indonesia akan diselenggarakan, jadi kamu juga harus siap ya.

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya juga menyediakan jurusan ilmu komunikasi dengan kualitas terbaik. Tersedia ilmu Fakultas Sosial dan Politik dengan program studi ilmu komunikasi. 

Dapat dikatakan fakultas tersebut paling muda di UNAIR. Sekalipun termasuk fakultas paling muda, tetapi akreditasi dari jurusan Ilmu Komunikasi sudah A. Ada beberapa pelajaran di ilmu komunikasi kampus ini seperti dasar jurnalistik, teori komunikasi, komunikasi politik, pengantar ilmu komunikasi, dan dasar publik relation.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Kamu juga bisa memilih kampus Brawijaya untuk mendapatkan jurusan ilmu komunikasi. Termasuk salah satu universitas jurusan ilmu komunikasi di Malang dengan kualitas terbaik. Bahkan standar perkuliahan kampus ini sudah menyamai standar internasional.

Universitas Brawijaya berharap bahwa lulusan ilmu komunikasi akan mampu menjawab berbagai macam tantangan kebutuhan komunikasi dengan profesional dan memecahkan berbagai macam masalah sosial maupun kesenjangan di masyarakat.

Ada program Sarjana, Master, maupun Doktoral di Ilmu Komunikasi UB ini. Sama seperti UNAIR, akreditasi untuk jurusan ini adalah A. Tentu kualitas dan proses pelajaran tidak perlu diragukan lagi.

4. Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS)

Institut Teknologi Telkom Surabaya adalah perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom dengan basis information, communication and Technology (ICT). ITTS ini memiliki 11 program studi, tetapi kamu bisa bergabung dengan fakultas Teknik Elektro yang menyediakan teknik telekomunikasi.

Ilmu komunikasi pada jurusan ini lebih fokus pada aplikasi bidang industri logistik, maritim, dan transportasi. Tujuannya untuk pembangunan strategis secara nasional dan diharapkan dapat berkelanjutan. 

Program studi teknik telekomunikasi kamu dapat mendapatkan pelajaran untuk rekayasa antena, elektromagnetika telekomunikasi, komunikasi pita lebar, New Generation Network, sistem komunikasi satelit, dan steganografi dan watermarking.

Jika kamu tertarik untuk bergabung, bisa cari informasi lebih lengkap di situs website resmi Institut Teknologi Telkom Surabaya.

5. Sampoerna University

Sampoerna University adalah kampus selanjutnya dan dapat menjadi pilihan. Kampus ini sudah terakreditasi B dengan mengangkat perguruan tinggi  "American-style". Jadi kampus ini memiliki kualitas bagus dan telah bekerja sama dengan university of Arizona sehingga berani menawarkan program double degree.

Kurikulum yang digunakan sesuai standar Amerika Serikat dengan berbagai pilihan fleksibel bagi mahasiswa. Perguruan tinggi satu ini lebih fokus pada desain komunikasi visual. Program studi tersebut akan memberikan wawasan terhadap web design and development, film and video editing, web design, animation design, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi sasaran komunikasinya memang pada media untuk membuat sebuah karya sehingga dapat menyampaikan pesan tersendiri. Komunikasi yang dituju memang untuk dunia modern, bagaimana kamu tertarik untuk mendaftarkan diri?

Kesimpulan

Peluang karir lulusan ilmu komunikasi memang sangat banyak. Kamu bisa menjadi jurnalis, public relations, marketing, bergabung di dunia advertising, dan masih banyak lagi lainnya. Karena peluang kerja cukup tinggi jadi jurusan ini bisa jadi pilihan tepat.

Di Indonesia sendiri banyak kampus terbaik yang menyediakan jurusan tersebut. Kampus dengan jurusan ilmu komunikasi terbaik memberikan kualitas pembelajaran terjamin. Kamu bisa pilih kampus di atas untuk bergabung di jurusan komunikasi ya. 

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait