Ketahui Perbedaan Manga Dan Komik

Bacaan Umum
Universitas123 | 27 May 2022
Ketahui Perbedaan Manga Dan Komik

Membaca manga dan komik adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan diwaktu luang. Banyak yang menganggap bahwa manga dan komik adalah dua hal yang sama. Padahal manga dan komik adalah dua hal yang berbeda.

Manga dan komik juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Apa saja perbedaan manga dan komik? Untuk mengetahui perbedaan yang dimiliki oleh manga dan komik maka kamu bisa menyimak pembahasan kali ini tentang perbedaan manga dan komik.

Apakah Manga dan Komik Berbeda?

Komik merupakan cerita yang disajikan dalam bentuk gambar dan juga teks. Sedangkan itu, manga merupakan komik dari Jepang yang dibuat dengan unsur-unsur gambar khas Jepang. Kamu tidak bisa menyebut komik yang bukan dari Jepang sebagai manga.

Karena komik dan manga keduanya merupakan cerita bergambar, banyak orang masih kesulitan membedakan keduanya. Padahal perbedaan manga dan komik punya banyak sekali perbedaan. Dengan melihat tampilan dan gambarnya saja kamu pasti bisa membedakan mana komik dan mana manga.

1. Perbedaan Manga dan Komik

Ada banyak perbedaan antara manga dan komik yang membuat keduanya mudah untuk dibedakan. Jika sudah mengerti apa saja perbedaan manga dan komik, maka akan sangat mudah untuk membedakan mana yang manga dan mana yang komik. Berikut ini merupakan perbedaan antara manga dan komik:

2. Perbedaan Gaya Gambar

Karakter dalam manga biasanya memiliki mata yang besar dan hidung yang kecil. Di manga perasaan karakter bisa digambarkan dengan adanya efek seperti efek bunga-bunga atau efek kembang api. Kebanyakan manga juga memiliki gambar yang tidak terlalu mendetail.

Sedangkan itu, gaya gambar pada komik ini lebih realistis. Karakter yang muncul di dalam komik lebih terlihat realistis dari karakter yang muncul pada manga. Kebanyakan komik juga memiliki detail visual yang lebih rinci daripada manga.

3. Perbedaan Warna

Selain dari perbedaan gambar, kamu juga bisa membedakan manga dan komik dengan mudah melalui warnanya. Komik lebih berwarna daripada manga. Seluruh gambar yang muncul dalam komik sudah diwarnai secara penuh dengan berbagai macam warna. Sedangkan itu, manga umumnya hanya berwarna hitam dan putih saja.

4. Perbedaan Cara Baca

Cara membaca komik dan manga juga berbeda. Kamu bisa membaca komik seperti membaca buku pada umumnya. Membaca komik dilakukan mulai dari kiri ke kanan. Sebaliknya, manga harus dibaca dari kiri ke kanan. Dengan mengetahui cara bacanya saja kamu sudah bisa membedakan mana manga manga komik.

5. Perbedaan dari Segi Kreator

Manga Jepang biasanya dibuat oleh satu komikus saja yang disebut sebagai mangaka. Contohnya adalah Masashi Kishimoto dengan manga Naruto dan Hajime Isayama dengan Attack on Titan. Berbeda dengan manga Jepang, komik bisa dikerjakan oleh beberapa komikus sekaligus. Contoh sederhananya adalah komik Spiderman yang pernah digambar oleh Steve Ditko, Mark Bagley, Ross Andru, dan Todd McFarlane.

6. Perbedaan Genre

Manga memiliki tema dan genre yang lebih beragam daripada komik. Kebanyakan cerita di komik mengusung tema superhero. Sedangkan manga punya lebih banyak genre dan tema, seperti olahraga, kesehatan, memasak, romance, horror, dan masih banyak lagi. Luasnya genre dan tema yang dimiliki membuat manga bisa menarik minat banyak pembaca.

7. Perbedaan Alur Cerita

Manga dan komik juga memiliki perbedaan kecepatan alur cerita. Para mangaka atau komikus Jepang memiliki deadline yang relatif lebih longgar. Hal ini membuat alur cerita pada manga berjalan lebih lambat daripada alur cerita pada komik. Meskipun memiliki alur yang lambat dan detail, manga masih mengenal istilah tamat. 

Setelah bertahun-tahun manga akan tetap tamat, meski manga tersebut sudah begitu populer. Berbeda dengan komik, khususnya komik keluaran DC dan juga Marvel. Komik-komik superhero Marvel dan DC ini sudah puluhan tahun diterbitkan. Dan episode baru masih akan terus berdatangan.

Penutup 

Paling tidak ada 7 perbedaan manga dan komik yang paling mencolok. Dengan memperhatikan perbedaan tersebut kamu pasti bisa dengan mudah membedakan mana komik dan mana manga. Terlepas dari perbedaan manga dan komik, keduanya sama-sama seru untuk dibaca.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait