5 Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi, yang Wajib Diketahui!

Bacaan Umum
Universitas123 | 04 October 2021
5 Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi, yang Wajib Diketahui!

Keuntungan memilih jurusan akuntansi memanglah banyak dan akan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, tidak perlu ragu lagi. Selain bermanfaat, keuntungan lainnya adalah lulusan dari jurusan ini banyak dibutuhkan oleh lembaga maupun perusahaan, baik swasta maupun yang dikelola oleh pemerintah. Namun, sebelum membahas mengenai keuntungan jurusan tersebut, sebaiknya memahami terlebih dahulu mengenai jurusan akuntansi?

Berdasarkan sebuah institut yang bernama American Institute of Certified Public Accounting  atau AICPA, Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara-cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan keuangan.

Keuntungan Memilih Jurusan Akuntansi

Dikarenakan kebutuhan dalam bidang ini banyak, maka banyak pula keuntungan yang akan didapatkan ketika memilih jurusan ini. Bahkan, di era digital seperti ini pun, pekerjaan dalam bidang ini masih dibutuhkan. Lalu apa saja keuntungan memilih jurusan ini?

1. Peluang Kerja Luas

Salah satu keuntungan ketika kamu memilih jurusan akuntansi adalah peluang masuk dunia luas. Hal ini karena setiap perusahaan pasti membutuhkan orang untuk merekap atau mencatat keuangan mereka agar tertata dengan rapi.

Jika keuangan mereka tidak tertata, bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kekacauan pada perusahaan tersebut. Hal ini karena pemasukan, pengeluaran, maupun hal yang lainnya statusnya tidak jelas. Maka dari itu, kebutuhan akan lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan.

2. Logikamu Akan Terlatih

Meskipun logika selalu identik dengan ilmu pasti atau sains, tetapi kenyataan tidak begitu. Ini dikarenakan rumpun ilmu sosial pun mengajarkan atau melatih orang-orang yang mempelajarinya untuk berpikir secara logis maupun sistematis.

Rumpun ilmu sosial tersebut, salah satunya akuntansi. Di jurusan akuntansi, bukan hanya diajarkan bagaimana menata keuangan dengan baik, tetapi kamu pun akan dilatih dalam menganalisa serta ketelitian pada setiap catatan keuangan yang kamu buat.

3. Memudahkanmu dalam Mengelola Keuangan

Ternyata keuntungan, bukan soal pekerjaan saja. Melainkan, dengan ilmu akuntansi yang kamu miliki, kamu dapat mengatur dan mengelola keuangan lebih mudah. Hal ini karena kamu sudah terbiasa dalam mencatat keuangan sehingga bukan hal yang sulit ketika kamu mencatat pemasukan serta pengeluaran.

Mencatat keuangan pribadi dapat membuatmu lebih mudah untuk mengevaluasi pengeluaran apa yang seharusnya tidak dibeli, sehingga kamu pun dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan uang dan terhindar dari kebingungan karena uangmu berkurang.

4. Dapat Membuka Jasa Sendiri

Selain kamu dapat bekerja dengan orang lain, kamu pun bisa membuka jasa akuntan publik sendiri dengan syarat kamu sudah mengantongi izin untuk membuka syarat tersebut. Ada beberapa syarat yang kamu penuhi, salah satunya lulus dari jurusan akuntansi, memiliki pengalaman sebagai akuntan, bergabung atau menjadi anggota dalam asosiasi profesi akuntan, memiliki tempat, dan lain sebagainya

5. Memiliki Jenjang Karir yang Jelas

Ketika kamu sudah masuk dunia kerja, kamu memiliki kesempatan untuk naik jabatan karena dalam perusahaan ada yang namanya akuntan senior. Sehingga, jurusan akuntansi ini memiliki jenjang karir yang bagus.

Itulah beberapa keuntungan memilih jurusan akuntansi, tentu akan sangat bermanfaat untukmu. Bagaimana, kamu tertarik masuk jurusan ini?

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait