Kompetensi Jurusan Teknik Elektronika Pertahanan dan Pilihan Sekolah

Bacaan Umum
Universitas123 | 29 April 2022
Kompetensi Jurusan Teknik Elektronika Pertahanan dan Pilihan Sekolah

Keberadaan pendidikan jurusan teknik elektronika pertahanan adalah menghasilkan perwira yang mempunyai kemampuan dasar pada bidang Teknik elekronika pertahanan sesuai dalam perannya ketika tugas di lapangan.

Jurusan ini sangat penting karena dapat menghasilkan lulusan yang bisa menguasai dan juga memahami tentang jenis teknologi serta telekomunikasi digital saat ini dengan tujuan mendukung tugas sebagai komandan peleton.

Lulusan dari juursan ini pasti mempunyai bekal pengetahuan dan juga keahlian pada bidang teknologi untuk mengalisa dan merencanakan perkembangan teknologi pertahanan berdasarkan kebutuhan teknologi di lapangan.

Sasaran Pendidikan Elektro Pertahanan

Berikut adalah sasaran pendidikan jurusan elektro pertahanan pada berbagai bidang:

1. Bidang Pengetahuan dan Keterampilan

Selain mempunyai pengetahuan pendukung dari prodi Teknik elektronika pertahanan, maka harus mempunyai keterampilan pendukung. Mahasiswa dituntut untuk mempunyai kemampuan merencanakan gelar jaringan komunikasi operasi pada tingkat Batalyon ke bawah.

Pada bidang pengetahuan dan keterampilan, elektronika pertahanan mempunyai pengetahuan terkait rangkaian elektronik fundamental, konsep dan kerja sistem kontrol, dan kemampuan pemahaman konsep teknologi era digital.

2. Bidang Penelitian

Teknik elektronika pertahanan juga sangat penting untuk menciptakan budaya guna meneliti pada Taruna, serta mampu membuat berbagai inovasi kebutuhan pada sistem elektronik dan mampu membuat inovasi.

3. Bidang Pengabdian Masyarakat

Peningkatan pengabdian masyarakat tercermin pada kuantitas dan kualitas kegiatan dalam pengabdian masyarakat pada rangka penerapan keilmuan dan menghasilkan karya bermanfaat untuk masyarakat pada jurusan teknik elektronika pertahanan.

Dari kompetensi dan sasaran pendidikan, maka diharapkan lulusan jurusan bisa menjadi seorang perwira elektronika.

Informasi Jurusan dan Kampus Terkait

Pada jurusan ini, kampus terkait adalah Akademi Militer TNI AD atau AKMIL TNI AD yang berstatus sebagai lembaga pendidikan negeri, sedangkan Akadmei Angkatan Udara adalah sekolah kedinasan.

Jurusan terkait bidang Teknik elektronika pertahanan adalah:

  1. Elektronika dan Instrumentasi – Peserta didik belajar tentang ilmu atau rekayasa yang menggabungkan pengetahuan elektronika atau kelistrikan dan alat industri yang digunakan pada pengukuran dan pengendalian sistem industri.
  2. Tenaga Tenaga Listrik – Studi mempelajari berbagai hal tentang kelistrikan maupun pengoprasian kerja proses kelistrikan, termasuk software dan hardware.
  3. Teknik Elektro – Bidang Ilmu Profesional, dimana kamu bisa belajar tentang aplikasi kelistrikan, elekronika, juga electromagnet.
  4. Teknik Listrik Bandara – Bidang ilmu yang mempelajari tentang kelistrikan bandara, termasuk penerangan bandara, dan sistem kelistrikan sisi udara seperti air side atau Air Field Lighting.
  5. Teknik Instrumentasi - Bidang ilmu mempelajari tentang pemodelan dari demonstrasi, pengukuran juga penghitungan untuk merencanakan, melakukan, dan memelihara sistem instrumentasi pada bidang industri.
  6. Teknik Elektro Otomasi – Bidang keahlian otomasi serta kontrol pada bidang industri.

Kesimpulan

Program studi teknik elektronika pertahanan mempelajari tentang apa saja dasar-dasar Teknik elektronika, mengembangkan perangkat lunak serta perangkat keras. Selain itu juga mampu mengembangkan diri pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait