Masa Studi S3 dan Biaya Kuliah di Indonesia

Bacaan Umum
Universitas123 | 21 January 2022
Masa Studi S3 dan Biaya Kuliah di Indonesia

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi, bahkan sampai S3? Sebelum melanjutkan pendidikan S3 sebaiknya cari informasi lebih dulu tentang jenjang pendidikan tersebut. Dengan mengetahui informasi yang lengkap bisa membantu kamu untuk mempertimbangkan keputusan mengambil program S3.

Masa studi S3 adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Biasanya orang yang ingin melanjutkan pendidikan S3 sudah memiliki aktivitas cukup padat. Jadi di mempertimbangkan waktu adalah hal penting agar perkuliahan dan aktivitas yang sudah dimiliki bisa berjalan secara seimbang.

Tentang Kuliah S3 dan Masa Studinya

Jika menempuh pendidikan S1 studi lebih mengarah pada pengetahuan secara luas dalam bidang yang sudah dipilih yaitu jurusan. Kemudian, pada jenjang pendidikan S1 kamu akan diminta untuk menulis karya tulis berupa skripsi dan menguji pemahaman terhadap berbagai macam hal yang sudah dipelajari selama duduk di bangku perkuliahan.

Sedangkan S2, mewajibkan mahasiswa untuk memiliki ketertarikan Terhadap isu maupun masalah tertentu yang akan diteliti dan harus diterbitkan. Lantas Bagaimana dengan S3? Jadi perkuliahan S3 ini berbeda dengan 2 jenjang sebelumnya.

Pada perkuliahan S3 proses jangka panjang bisa mencapai 3 - 7 tahun. Sebagian besar kamu akan menghabiskan waktu untuk berbagai macam penelitian. Hasil penelitian bisa digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan S3 dan seharusnya mampu memberikan manfaat ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, tetapi juga digunakan sebagai referensi akademik ya.

Jadi masa studi untuk pendidikan S3 ini minimal butuh 6 semester atau 3 tahun. Tetapi kebanyakan mahasiswa membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikan penelitian. Penelitian yang sudah dipilih akan digunakan sebagai persyaratan kelulusan sehingga butuh waktu lebih banyak.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk S3?

Selain mempertimbangkan masa studi, kamu juga harus mengetahui Berapa biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan S3. Jika dibandingkan dengan pendidikan S1 maupun S2, biaya kuliah S3 ini lebih mahal. 

Hal tersebut dikarenakan kamu tidak hanya mempelajari pembelajaran di kelas, tetapi juga harus melakukan penelitian. Banyak orang yang membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3. Kesempatan beasiswa tersebut biasanya memiliki kualifikasi tinggi untuk bisa diterima. 

Jika dilihat dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia, rata-rata biaya pendidikan S3 ini bisa mencapai 20 - 50 juta rupiah per semester loh. Namun biaya tersebut tergantung kampus tempat kamu melanjutkan pendidikan. Jauh lebih mahal lagi jika sampai kuliah di luar negeri, dalam satu semester kamu bisa mencapai 150 juta per semester, sebab digunakan juga untuk biaya hidup.

Penutup

Masa studi S3 bisa ditempuh dengan kurun waktu 3 - 7 tahun. Untuk bisa menyelesaikan pendidikan S3 kamu harus menyelesaikan penelitian sebagai salah satu syarat kelulusan. Dengan berbagai macam informasi tentang pendidikan S3 bisa membantu kamu mengambil keputusan tepat. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait