Mengenal Lebih Dekat Program Studi Teknik Informatika ITB

Bacaan Umum
Universitas123 | 11 November 2021
Mengenal Lebih Dekat Program Studi Teknik Informatika ITB

Apakah kamu berniat untuk masuk ke Program Studi Teknik Informatika ITB? Jika iya, maka kamu saat ini berada di artikel yang tepat. Di dalam artikel ini nanti akan dibahas informasi-informasi penting seputar Teknik Informatika yang ada di ITB atau Institut Teknologi Bandung. Untuk itu, simak terus penjelasannya sampai selesai, ya!

Sejarah Teknik Informatika ITB

Berbicara tentang sejarahnya, awal-mula terbentuk Program Studi Teknik Informatika di ITB bermula dari tahun 1978. Pada saat itu, dibuka Pendidikan Ahli Teknik Jurusan Penggunaan Komputer. Setelah melewati proses yang tidak singkat, akhirnya pada tahun 1982 mulai dibuka Jurusan Teknik Informasi pada lembaga pendidikan ini.

Hal ini kemudian menjadi cikal-bakal jurusan Teknik Informatika pertama di Indonesia dan telah menjadikan Institut Teknologi Bandung sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan Teknik Informatika tertua. Empat tahun kemudian, tepatnya di tahun 1986, dilakukan wisuda untuk 9 orang lulusan pertama Jurusan Teknik Informatika.

Kurikulum Pendidikan

Jika kamu memutuskan untuk berkuliah di Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung, nantinya kamu akan menerima kurikulum yang telah dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja yang sangat kompetitif. Kurikulum yang digunakan pada jurusan di ITB ini, telah dikembangkan berdasarkan kurikulum dan rekomendasi oleh Association for Computing Machinery dan Institute of Electrical and Electronic Engineer Computer Society.

Beberapa ilmu yang akan dipelajari oleh mahasiswa Teknik Informatika yaitu seputar topik ilmu komputer. Ilmu-ilmu komputer tersebut, terdiri dari:

  • Teori komputasi
  • Algoritma & struktur data
  • Sistem operasi
  • Rekayasa perangkat lunak
  • Jaringan komputer
  • Bahasa pemrograman
  • Kecerdasan buatan
  • Pembelajaran mesin
  • Sistem terdistribusi
  • Keamanan komputer & kriptografi

Prospek Kerja Teknik Informatika

Pada era globalisasi ini, teknologi menjadi salah satu hal yang paling banyak dibutuhkan. Oleh karena itu, kebutuhan tenaga kerja dalam bidang teknologi sangatlah dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa alternatif prospek kerja para lulusan Teknik informatika.

  • Software Engineer. Seorang lulusan Teknik informatika dapat berperan dalam melakukan pengembangan perangkat lunak dalam berbagai keperluan seperti, hiburan, pendidikan dan lain sebagainya.
  • Konsultant IT. seorang lulusan Teknik informatika dapat berperan dalam melakukan peencaan dan pengevalusian penetapan IT.
  • Web Engineer. Memiliki peran dalam merancang dan membangun website dan berbagai fasilitas di dalamnya.
  • Game Developer. Dengan bekal yang diperoleh selama berkuliah, seorang lulusan teknik informatika mampu mengembangkan perangkat lunak untuk multimedia game.

Beberapa prospek kerja di atas hanyalah gambaran. Sejatinya, masih banyak lagi pekerjaan yang bisa diisi oleh seorang lulusan Teknik Informatika, terutama jika ia merupakan lulusan kampus bergengsi di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung. Beberapa contoh prospek kerja lulusan Teknik Informatika ITB lainnya yaitu, Software Teste, Intelligent System Developer, dan masih banyak lagi.

Nah itulah dia penjelasan singkat mengenai Program Studi Teknik Informatika ITB. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan pendidikan di salah satu kampus terbaik Indonesia yang ada di Bandung ini? Jangan lupa kunjungi situs Universitas123.com untuk mendapatkan informasi lengkap dan menarik seputar dunia perkuliahan, baik di Indonesia maupun di dunia internasional!


Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait