Pekerjaan yang Cocok untuk Sarjana Ekonomi

Bacaan Umum
Universitas123 | 28 September 2021
Pekerjaan yang Cocok untuk Sarjana Ekonomi

Pekerjaan yang cocok untuk sarjana ekonomi sangat luas. Jurusan ilmu ekonomi di Indonesia termasuk salah satu yang paling banyak peminatnya. Ketika kamu memilih jurusan ilmu ekonomi, maka akan  mempelajari banyak hal tentang fokus pengalokasian sumber daya yang terbatas, tetapi bisa memperoleh keuntungan secara optimal.

Kamu juga bisa mengeksplorasi upaya pemberdayaan ekonomi. Trend saat ini, beberapa mahasiswa yang belajar ilmu ekonomi mulai mengarah pada behavioral economics. Ada banyak sekali universitas di Indonesia yang memberikan jurusan ilmu ekonomi.

Kamu bisa memilih di kampus favorit yang menyediakan jurusan ilmu ekonomi. Mungkin sebagian besar masih merasa bingung, ketika lulus sarjana ekonomi akan menjadi apa kedepannya

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Ekonomi

Menjadi mahasiswa dengan lulusan ilmu ekonomi kamu akan memiliki kemampuan berhitung, mampu untuk mengobservasi pada masalah sosial ekonomi, mampu berpikir logis dan terstruktur, mampu memberikan analisis dengan tepat, dan menyelesaikan persoalan.

Apabila kamu memiliki pengetahuan dan keahlian tersebut maka sangat mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari mahasiswa lulusan ilmu ekonomi. Lulusan ekonomi akan dibutuhkan oleh pemerintah pada banyak bidang seperti berikut ini.

  • sebagai analis, nantinya kamu akan memiliki peranan cukup penting dalam roda perekonomian negara, entah dalam sektor fiskal maupun moneter.
  • Bagi kamu mahasiswa yang suka melakukan observasi juga bisa ambil dalam masalah sosial ekonomi. Ada banyak sekali lembaga yang membutuhkan penelitian dari lulusan ilmu ekonomi. Apalagi sekarang yang semakin terbuka globalisasi pada negara-negara lain, sebagai lulusan ekonomi tentu bisa membantu dengan peran cukup besar dalam perdagangan internasional.
  • Kamu juga bisa bekerja pada salah satu lembaga yang membutuhkan lulusan ekonomi seperti bank. Apabila prestasi kamu bagus pada masa pendidikan perguruan tinggi, kemudian melanjutkan sekolah di luar negeri sangat besar peluang untuk bekerja di lembaga keuangan internasional. Jadi sangat banyak pekerjaan yang cocok untuk sarjana ekonomi secara nasional maupun internasional.

Lulusan Ilmu Ekonomi Bisa jadi Ekonom

Tahukah kamu, bahwa lulusan ilmu ekonomi sangat berpeluang besar untuk menjadi ekonom. Ekonom adalah sebutan bagi beberapa orang yang profesional di bidang ilmu ekonomi. Menjadi Seorang ekonom kamu harus bisa menerapkan konsep dan teori ekonomi. Tidak hanya itu, tetapi juga harus mengembangkan teori ekonomi melalui aktivitas penelitian.

Lowongan kerja bagi lulusan ekonomi sebenarnya sangat luas, apalagi jika sudah profesional menempuh jenjang pendidikan sampai S3. Seorang ekonom akan melakukan penelitian untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah. Hasil dari penelitian tersebut akan disebarluaskan pada forum-forum ilmiah.

Bukan cuma itu, tetapi ada juga ekonom yang sering membagikan pemikiran terkait masalah sosial ekonomi pada media massa atau memberikan kritik suatu kebijakan ekonomi. Biasanya, seorang ekonom akan memiliki pemikiran pada bidang spesialis tertentu.

Fakta-fakta Menarik dari Ekonom

Ada beberapa fakta menarik terkait profesi ekonomi. Menjadi Seorang ekonom ternyata kamu bisa mengkritisi isu-isu pembangunan ekonomi. Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa ekonom yang memberikan kritik terhadap pembangunan maupun ekonomi negara.

Seorang ekonom biasanya juga akan membahas tentang perekonomian di tahun mendatang. Hal ini akan dilakukan ketika akhir tahun. Hal yang akan dibahas bisa mengenai pertumbuhan ekonomi dan prediksi bisa mempengaruhi stabilitas perekonomian negara. Jika seorang ekonom ingin menyampaikan pendapat biasanya akan melihat data historis dan juga evidence-based untuk dijadikan acuan.

Kesimpulan

Apakah kamu tertarik daftar di jurusan ilmu ekonomi? Prospek kerja sarjana ekonomi di Indonesia memang cukup luas. Apalagi jika kamu termasuk salah satu mahasiswa lulusan universitas terbaik di Indonesia. Tentu akan banyak lembaga dan perusahaan besar bisa memberikan kamu pekerjaan. Karena ada banyak pekerjaan yang cocok untuk sarjana ekonomi, jurusan satu ini juga bisa jadi pilihan.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait