Ini Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta Beserta Peluang Kerjanya

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 September 2021
Ini Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta Beserta Peluang Kerjanya

Banyak yang masih ragu untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Padahal berkuliah di PTS itu sama saja dengan berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun memang ada beberapa perbedaan yang mendasari.

Untuk kamu yang bingung mengenai perbedaan universitas negeri dan swasta, berikut ini akan dijelaskan padamu secara gamblang mengenai perbedaan mencolok antar keduanya. Mulai dari segi biaya, maupun peluang kerja.

5 Perbedaan Universitas Negeri dan Swasta

Simak baik-baik ya. Semoga penjelasan berikut ini bisa membuka wawasanmu tentang perbedaan universitas negeri dan swasta.

1. Popularitas

PTN lebih diminati karena popularitas dan prestasi. Sedangkan PTS diminati karena kelas yang berhasil mereka ciptakan. Misalnya, pelajar berebut kuliah di PTN karena prestasinya. Sedangkan PTS berhasil membangun citra elit baik dari segi gedung ataupun kualitas pendidikan.

2. Lama Berdiri

Umumnya, universitas negeri lebih lama berdiri dan dibangun daripada universitas swasta. Sehingga mereka memiliki jejaring alumni yang lebih besar dan kuat. Selain itu, beberapa alumninya sudah berhasil menduduki posisi penting di perusahaan maupun pemerintahan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa alumni universitas swasta juga berhasil menjadi orang penting di Indonesia

3. Jumlah Peminat

Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah peminat yang mendaftar ke PTN lebih tinggi daripada yang mendaftar ke PTS. Dengan adanya jumlah peminat yang tinggi, mengakibatkan tingkat persaingan cukup ketat. Selain itu, kamu harus bersaing dengan mahasiswa yang sama-sama pintar. Jangan kaget bila dosen tidak mengenalimu.

Lain halnya bila kamu berkuliah di universitas swasta. Kalau kamu adalah mahasiswa yang pandai dan rajin menjawab pertanyaan dosen, niscaya dosen tersebut akan mudah mengenalmu dan kamu akan mendapatkan berbagai peluang baik.

4. Bekerja Sambil Berkuliah

Sepertinya susah bila kamu kuliah di universitas negeri sambil bekerja. Sebab ada banyak tugas individu, tugas kelompok, ataupun tugas praktikum yang harus kamu kerjakan. Kamu harus pandai-pandai mengatur waktu.

Namun, berbeda bila kamu berkuliah di PTS ataupun politeknik. Mereka punya sistem paket yang sama dengan SMA sehingga jadwal kuliahnya tertentu di jam yang sama dan tak berubah. Jadi, kuliah di PTS maupun politeknik memudahkanmu untuk bekerja sambil berkuliah

5. Biaya Kuliah

Dari segi biaya, PTN biasanya harganya standar. Kalau mendaftar lewat jalur mandiri, maka akan semakin mahal harganya. Apalagi biaya kuliah di PTN telah mendapat subsidi dari pemerintah. Wajar jika biaya kuliahnya lebih terjangkau. Lain halnya dengan dengan PTS, semakin bagus pendidikannya, maka semakin mahal pula biayanya. Kalau PTS yang kurang populer, maka harganya murah.

Sebenarnya, peluang kerja universitas negeri dan swasta adalah sama saja. Perusahaan atau instansi mencari kualifikasi berdasarkan jurusannya, bukan kampusnya. Melainkan lebih melihat kepada kemampuan individu masing-masing.

Jadi, peluang kerja lulusan universitas swasta tetaplah sama dengan lulusan universitas negeri. Sepertinya, kalau kamu pernah mendapatkan beasiswa saat kuliah, akan menjadi nilai plus saat melamar pekerjaan. Kalau kamu ingin mencari beasiswa, coba cari informasinya di universitas123 ya!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait