5 Pertanyaan Out Of The Box Untuk Diajukan Kepada Calon Ketua OSIS

Bacaan Umum
Universitas123 | 16 March 2023
5 Pertanyaan Out Of The Box Untuk Diajukan Kepada Calon Ketua OSIS

Pertanyaan Out of the box memang perlu ditanyakan sesekali kepada pihak yang bersangkutan. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apa sebenarnya visi, misi, bahkan karakter dari pihak tersebut. termasuk kepada calon ketua OSIS yang ada di Sekolahmu. Tidak ada salahnya untuk mengajukannya ketika nanti masa kampanyenya.

Sehingga kamu dapat melihat, apakah kamu akan memilihnya atau tidak. Perhatikan pula jawaban yang diberikan dengan seksama. Jangan sampai, kamu hanya bertanya saja. Tanpa memperhatikan atau menyimak jawaban yang diberikan oleh kandidat OSIS tersebut.

Pertanyaan Out Of The Box Untuk Diajukan Kepada Para Kandidat Ketua OSIS

Ada beberapa pertanyaaan yang dapat dikatakan out of the box. Pasalnya, pertanyaan ini jarang ditanyakan oleh siswa maupun siswi sekolah kepada OSIS. Biasanya, para siswa maupun siswi kerap menanyakan visi misi mereka, tujuan, maupun hal lainnya. Nah, jika kamu merasa bosan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, cobalah untuk ajukan pertanyaan dibawah ini kepada calon ketua OSIS mu!

1. Apa Yang Akan Dilakukan Ketika Ide Osis Untuk Acara Tahunan Tidak Disetujui Oleh Pembina Osis? 

Pertanyaan ini sebenarnya untuk mengetahui bagaimana respon sang kandidat ketua OSIS dalam menangani penolakan. Apakah ia dapat bersikap bijak atau tidak. Selain itu, pasti setiap calon memiliki jawaban yang berbeda.  Adapun itu sama, cobalah untuk analisa lebih jauh alasannya. Sehingga kamu dapat lebih mudah menilai siapa yang pantas kamu pilih dalam pemilihan tersebut.

Untuk menjadi seorang Ketua OSIS. Selain itu, pertanyaan ini pun akan membantu kamu mengetahui cara dia menolak maupun setuju terhadap keputusan dari seseorang yang memiliki jabatan yang lebih tinggi. Apakah ia akan menolak dengan tegas dan menyampaikan alasan nya dengan jelas, menyetujui usulan dari pembina OSIS begitu saja, dan lain sebagainya.

2. Apa Yang Saudara Inginkan Dari Jabatan Ketua OSIS?

Kamu dapat mengetahui niat calon ketua OSIS itu sebenarnya apa. Apakah dia hanya mencari popularitas saja, mengambil keuntungan lainnya, atau benar-benar tulus untuk membawa perubahan lebih baik untuk sekolah dan sebagai ajang untuk menggali kemampuan leadership nya. Sehingga pertanyaan ini sangat penting untuk ditanyakan.

Tentu dengan mengetahui motif atau alasan seseorang menjadi Ketua OSIS itu apa. Kamu akan mengetahui dengan jelas bagaimana karakter dari orang tersebut dengan lebih jauh. Pasalnya, biasanya orang-orang akan menciptakan citra atau image yang baik ketika pemilihan berlangsung. Namun, kenyataannya tidak demikian.

3. Bagaimana Penilaian Saudara Terhadap Kandidat Ketua OSIS Lainnya?

Pertanyaan ini diajukan bukan untuk melemahkan siapapun atau dijadikan ajang untuk menjelek-jelekan seseorang. Lalu apa sih maksud dari pertanyaan ini diajukan? Alasannya adalah untuk mengetahui tingkat sportivitas setiap kandidat calon Ketua OSIS yang mencalonkan diri.  Pasalnya, sportivitas itu sangat penting dalam menjalin sebuah organisasi.

iman secara tidak langsung karakter ini membentuk seseorang untuk terbuka dengan ide maupun masukan-masukan dari anggotanya. Selain itu, tidak ragu pula untuk menyatakan permintaan maaf, jika memang dia salah. Namun, hati-hati pula terhadap kandidat Ketua OSIS memuji orang, tetapi menghardik diri sendiri. Hal ini dikarenakan orang tersebut memiliki rasa rendah diri dan hal ini tidak baik untuk keberlangsungan organisasi internal sekolah ini.

4. Jika Saudara Menang Dan Ada Beberapa Pihak Tidak Menyukainya, Apa Yang Akan Saudara Lakukan?

Jawaban dari pertanyaan ini memberitahu, tindakan ataupun sikap yang akan diambil oleh kandidat Ketua OSIS. Tentu jawaban dari para calon Kandidat Ketua OSIS ini akan mempengaruhi bagaimana cara ia mengambil suatu keputusan. Apakah ia akan akan tergesa-gesa, tenang, atau bagaimana.

Tentu hasil dari cara ia mengambil keputusan akan mempengaruhi sikap atau tindakan yang ditunjukan. Jika dalam kasus ini, kemungkinan jika dia tergesa-gesa akan balik marah atau malah memikirkannya hingga ia merasa tidak pantas. Namun, jika ia tenang, ia akan lebih bijak lagi dalam mengambil tindakan.

5. Apa Yang Paling Penting, Kemajuan Sekolah Atau Kemenangan Saudara?

Pertanyaan ini bertujuan untuk menggali prioritas dari kandidat calon Ketua OSIS. Apakah hal yang menjadi prioritasnya adalah kemajuan sekolah atau kemenangannya sendiri. Simak pula, alasan yang diajukan.  Jawaban yang diberikan disini, bukan terletak salah atau benarnya.

Terkait:
Inilah Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS Guna Mengetahui Kepemimpinannya

Namun, dari apa yang kamu butuhkan dari seorang Ketua OSIS. Apakah seseorang yang lebih memprioritaskan sekolah, meskipun ia tidak menjadi ketua. Asal ia mengetahui bahwa apa yang dilakukan oleh leader nya nanti memang benar dan baik. Sehingga fokus kamu sebenarnya lebih kepada alesana yang diberikan oleh para kandidat.

Pertanyaan out of the box yang diajukan kepada para calon ketua OSIS ini, dapat kamu tanyakan semuanya atau hanya salah satu. Jika memang kamu diberikan kesempatan pertanyaan tanpa batasan, silahkan tanyakan ke lima pertanyaan diatas. Namun, umumnya setiap peserta pemilihan ketua OSIS, dibatasi hanya sekali saja. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait