Pertanyaan Wawancara Organisasi Kampus Buat Kamu yang Tertarik Mendaftar Organisasi

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 June 2022
Pertanyaan Wawancara Organisasi Kampus Buat Kamu yang Tertarik Mendaftar Organisasi

Penting untuk mengetahui pertanyaan wawancara organisasi kampus jika kamu tertarik untuk mendaftar menjadi salah satu anggotanya. Mengikuti organisasi mahasiswa memiliki banyak sekali manfaat bagi kamu yang saat ini sedang berstatus sebagai mahasiswa. Banyak sekali keterampilan dan pengalaman yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung pada salah satu atau beberapa organisasi kampus.

Pertanyaan Wawancara

Jika kamu ingin bergabung dengan organisasi yang kamu inginkan, maka biasanya terdapat sebuah proses perekrutan, salah satu tahap yang sering kali ada adalah tahap wawancara. Lalu, apa saja pertanyaan wawancara organisasi kampus yang biasa ditanyakan oleh senior dalam proses perekrutan? Ini dia pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul dalam proses wawancara.

1. Ceritakan Tentang Dirimu

Biasanya pertanyaan ini akan ditanyakan pertama kali oleh pewawancara. Kamu akan diminta untuk menceritakan tentang siapa dirimu. Di sini pewawancara akan melihat seberapa kenal kamu dengan diri sendiri dan jawabanmu akan menjadi gambaran bagi pewawancara untuk mengenal dirimu secara singkat. Akan tetapi, banyak dari mahasiswa yang mendaftar sebuah organisasi masih kebingungan menjawab pertanyaan yang satu ini.

Hal yang bisa kamu lakukan jika kebingungan adalah dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan siapa kamu, dari mana kamu berasal, jurusan, dan informasi tambahan tentang dirimu yang dapat berguna bagi pewawancara. Seperti ketertarikan dan hobi yang kamu miliki. Berbagai hal tersebut dapat menjadi topik pembicaraan antara kamu dengan pewawancara.

2. Sebutkan Kelebihan dan Kekuranganmu

Pertanyaan ini sering kali muncul dalam berbagai macam jenis wawancara termasuk masuk sebagai pertanyaan wawancara organisasi kampus. Tujuan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui hal-hal positif maupun negatif yang dapat membawa pengaruh bagi organisasi, khususnya kinerja kamu jika nanti bergabung menjadi anggota. Sama halnya dengan pertanyaan sebelumnya, kebanyakan orang masih sulit menjawab pertanyaan yang satu ini.

Jawaban yang bisa kamu siapkan untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan kelebihan dan kekurangan kamu yang berhubungan dengan organisasi tempat kamu mendaftar. Jangan terlalu berlebihan dalam menyebutkan kelebihan dan jangan terlalu terbuka menyebutkan kekurangan. Sebutkan hal-hal yang bisa memiliki dampak bagi kamu di organisasi nantinya. Kamu juga bisa menjawab kekurangan yang kamu miliki dengan kekurangan yang telah kamu ketahui solusi untuk mengatasinya. Hal ini akan menambah penilaian positif pewawancara terhadap dirimu, karena kamu mampu menemukan penyelesaian atas masalah yang sedang kamu hadapi.

3. Alasan Mendaftar Organisasi

Saat mendaftarkan diri pada sebuah organisasi kampus, kamu pasti mempunyai alasan dibaliknya. Nah, alasan ini biasanya akan ditanyakan oleh pewawancara. Pertanyaan ini bertujuan mengetahui seberapa besar motivasi kamu untuk bergabung dengan organisasi tersebut.

Sebisa mungkin hindari jawaban-jawaban yang terdengar main-main atau hanya coba-coba. Jawablah dengan jawaban yang logis dan beralasan. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting pewawancara untuk memutuskan kamu dapat bergabung atau tidak.

4. Bagaimana Cara Mengatasi Jadwal rapat yang Bertabrakan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kamu memprioritaskan organisasi tersebut. Selain itu, pewawancara akan melihat bagaimana cara kamu mengatur prioritas dalam hidup, terutama di dunia kuliah. Hal ini tentu saja akan menjadi pertimbangan kuat bagi pewawancara untuk melihat komitmen dan keseriusan kamu bergabung dengan organisasi.

Salah satu tips yang bisa kamu terapkan adalah dengan memberikan jawaban yang menjelaskan bahwa kamu tetap akan berkomitmen untuk keduanya dan melihat mana yang paling membutuhkan di saat yang bersamaan. Kamu bisa memprioritaskan hal yang lebih utama di saat itu, dan bergantian untuk menghadiri rapat yang sedang diadakan jika memungkinkan.

5. Apa Kontribusi yang Akan Kamu Berikan pada Organisasi?

Setiap anggota organisasi diharuskan mampu memberikan sumbangsih dan peran dalam perkembangan organisasi. Karena berkembang atau tidaknya sebuah organisasi akan sangat bergantung pada peran anggotanya. Kontribusi yang diberikan bisa bermacam-macam, tergantung pada kemampuan masing-masing anggota.

Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang logis dan relevan, Tidak perlu menjawab terlalu berlebihan sedangkan kamu sendiri kurang yakin pada jawaban yang kamu berikan. Sebisa mungkin kamu benar-benar serius dan berusaha memberikan kontribusi terbaik yang bisa kamu beri.

Nah, pertanyaan-pertanyaan di atas sering kali ditanyakan sebagai pertanyaan wawancara organisasi kampus. Kamu dapat menjadikan pertanyaan tersebut sebagai referensi untuk menyiapkan diri sebelum melakukan wawancara. Hal yang lebih penting adalah kamu benar-benar memahami alasan kamu mendaftar dan mengetahui hal apa yang nantinya akan kamu lakukan jika diterima sebagai anggota. Jangan lupa ikuti pembahasan menarik lainnya di Universitas123. Akan ada berbagai informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait