Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 November 2021
Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan selalu terbuka dengan lebar. Jurusan ekonomi pembangunan adalah salah satu program studi yang banyak diminati oleh pelajar di Indonesia karena prospek kerja cukup luas.

Kuliah jurusan ekonomi pembangunan kamu akan mengkaji berbagai macam soal dari pembangunan tersebut mulai dari sektor bisnis dan keuangan. Jika kamu tertarik untuk mempelajari ekonomi pembangunan maka akan belajar tentang analisa berbagai macam perekonomian dan menemukan solusi tersebut.

Mahasiswa ekonomi pembangunan akan disiapkan untuk menjadi seorang perencana di bidang pembangunan ekonomi, yang akan berperan untuk melakukan pembangunan negara dan memiliki kontribusi menciptakan kesejahteraan.

Prospek Kerja Lulusan Ekonomi Pembangunan di Indonesia

Menjadi sarjana lulusan ekonomi pembangunan di Indonesia, kamu akan memiliki kemampuan untuk menganalisa, bisa berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan untuk menggunakan logika dan matematika dasar, bisa melakukan penelitian dan masih banyak kemampuan lainnya.

Dengan kemampuan tersebut semakin besar peluang untuk diterima kerja pada berbagai macam bidang, seperti berikut

1. Market analyst

Market analyst atau analis pasar adalah salah satu karir yang sangat cocok untuk jurusan ekonomi pembangunan. Seorang analis pasar akan memiliki tanggung jawab untuk menilai preferensi konsumen bagi sebuah organisasi sehingga mampu memutuskan strategi pemasaran produk atau layanannya.

Tidak hanya itu, tetapi tanggung jawab dari pekerjaan ini juga bisa mengumpulkan data, melakukan analisis data, mempresentasikan data, bahkan memberikan rekomendasi pembuatan strategi yang tepat untuk perusahaan

2. Menjadi dosen

Apakah kamu memiliki cita-cita menjadi seorang pengajar tetapi lulus dari jurusan ekonomi pembangunan? Tidak masalah sebab kamu bisa mencoba untuk menjadi dosen. Lulusan ekonomi pembangunan juga bisa mendapatkan andil dalam bidang pendidikan.

Sampai saat ini profesi menjadi seorang dosen masih memiliki minat cukup tinggi di Indonesia. Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin menjadi dosen jurusan ekonomi pembangunan maka selesaikan jenjang pendidikan S2 terlebih dahulu.

Selain itu kamu juga harus memiliki pengetahuan mengenai ekonomi yang lebih luas. Ada beberapa skill lain yang dibutuhkan misalnya seperti melakukan riset dan menulis hasil dalam jurnal, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, dan bisa menyampaikan ilmu dengan metode yang tepat.

3. Menjadi peneliti

Tertarik menjadi seorang peneliti? Hal ini juga bisa dilakukan oleh lulusan ekonomi pembangunan. Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan menjadi seorang peneliti memang jarang. Kamu bisa mencoba untuk bekerja sebagai peneliti di lembaga riset pemerintahan maupun swasta, dengan latar belakang ilmu ekonomi dan pembangunan.

Ketika menjadi seorang peneliti kamu akan memiliki tugas utama untuk melakukan riset dan mencari rekomendasi kebijakan dari sebuah lembaga maupun perusahaan.

4. Financial analyst

Prospek kerja untuk jurusan ekonomi pembangunan juga bisa menjadi financial analyst. Tanggung jawab dari profesi ini memang seputar anggaran, tetapi ada tugas utama yaitu perencanaan keuangan secara umum.

Financial analyst akan memiliki tanggung jawab untuk perencanaan keuangan, sehingga membantu sebuah organisasi agar untuk membuat strategi yang tepat. Jika kamu merasa tertarik dengan profesi satu ini, maka ada beberapa tugas utama yang harus dikuasai, seperti menganalisis data keuangan dan mengidentifikasi kinerja keuangan.

5. Budget analyst

Gaji lulusan ekonomi pembangunan dengan nilai cukup besar bisa didapatkan dengan menjadi budget analyst. Profesi budget analyst memiliki tanggung jawab menganalisis anggaran dan mencari cara agar sumber daya tersebut dapat digunakan lebih efisien, sehingga mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Profesi budget analyst akan dibutuhkanpasti dibutuhkan oleh semua jenis lembaga, baik itu dari instansi pemerintahan maupun swasta, jadi peluang kerja benar-benar besar. Profesi mereka memang sangat dibutuhkan karena tanggung jawab begitu penting dan berhubungan erat dengan masalah anggaran.

Jadi kamu akan melakukan perencanaan estimasi anggaran, kemudian membuat dan melakukan analisis, membuat laporan anggaran, bahkan membantu penyusunan kebijakan mengenai anggaran yang sudah dibuat. Bagaimana tertarik untuk bekerja sebagai budget analyst?

Kesimpulan

Prospek kerja lulusan ekonomi pembangunan di Indonesia cukup luas. Kamu bisa mencari profesi di berbagai macam bidang dengan dasar ilmu ekonomi pembangunan. Dari beberapa prospek kerja di atas mungkin salah satunya adalah pekerjaan yang kamu minati.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait