Prospek Kerja Lulusan Sosiologi Jarang Diketahui

Bacaan Umum
Universitas123 | 22 September 2021
Prospek Kerja Lulusan Sosiologi Jarang Diketahui

Prospek kerja lulusan sosiologi di Indonesia masih tersedia cukup luas. Mungkin kamu adalah salah satu mahasiswa jurusan sosiologi yang ingin mendapatkan prospek pekerjaan di masa depan cukup menjanjikan. Hal tersebut sangat mungkin untuk didapatkan mengingat sosiologi memiliki peranan penting pada beberapa aspek pekerjaan.

Jurusan sosiologi ini akan membahas ilmu perilaku sosial pada individu dan kelompok di masyarakat. Sebagai mahasiswa Sosiologi akan mempelajari problematika masyarakat, fenomena sosial, struktur dan karakter masyarakat, dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja Lulusan Sosiologi di Indonesia

Sebagai lulusan jurusan sosiologi kamu akan memiliki beberapa kemampuan yang didapatkan pada masa perkuliahan, seperti observasi, mampu memahami fenomena sosial, lebih teliti, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kemampuan tersebut, tentu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja di bidang berikut.

1. Public Relation

Sebagai sarjana sosiologi kamu bisa mencoba bekerja sebagai public relation. Pekerjaan ini sering disebut sebagai humas atau hubungan masyarakat. Tugas dari public relation sebenarnya untuk menjalankan berbagai macam fungsi dari organisasi.

Bukan hanya itu, tetapi public relation harus bisa menjalin relasi dengan baik pada komunitas, konsumen industri, media, lembaga, bahkan pemerintahan. Kamu dituntut untuk memahami sikap kepedulian terhadap komunitas, karyawan, konsumen, maupun kelompok untuk kepentingan dan mempertahankan hubungan kerjasama yang cukup baik.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

Pekerjaan jurusan sosiologi selanjutnya bisa kamu coba adalah bekerja di kelembagaan. Kamu bisa bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM, sebab Lembaga ini membutuhkan orang yang lebih piawai untuk memahami perilaku dan kondisi sosial di masyarakat.

Jika ingin bekerja di LSM, maka kamu harus dituntut bekerja lebih cerdas. Kamu juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan siap untuk ditegaskan bepergian ke luar negeri. Tidak heran jika gaji yang diterima oleh pekerja LSM ini cukup besar jumlahnya.

3. Human Resources Officer

Prospek kerja lulusan sosiologi di Indonesia juga bisa menjadi human resources officer. Human resources officer atau HRO bisa kamu dapatkan di perusahaan swasta. Di pekerjaan ini kamu memiliki tugas untuk mengurus praktek kerja karyawan, melakukan rekrutmen, mengurus berbagai macam pembayaran, membuat laporan kondisi kerja, dan beberapa tugas lain.

Gaji dari human resources officer ini biasanya diberikan sesuai dengan kebijakan Setiap perusahaan. Namun biasanya nominal gaji human resources officer di atas 4 juta perbulan.

4. Advice Worker

Lowongan kerja lulusan sosiologi selanjutnya adalah advice worker. Pekerjaan ini sering disebut sebagai konsultan yang menyediakan berbagai macam informasi dan saran terkait rahasia pada klien. Pekerjaan ini biasanya membuat kamu menjadi seorang penasehat umum yang mencakup dalam bidang hukum dan keuangan dalam bidang kesejahteraan, pendidikan, utang, dan lain sebagainya.

Menjadi seorang konsultan atau advice worker tentu gajinya tidak sedikit. Kamu bisa mendapatkan gaji tergantung dengan tingkat kredibilitas yang telah dimiliki.

5. Media Planner

Selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk pekerjaan lulusan sosiologi adalah media Planner. Media planner ini memberikan kesempatan cukup luas bagi jurusan sosiologi. Pekerjaan ini akan membuat kamu menilai kebutuhan dari periklanan klien dan dirancang oleh media yang cocok, sehingga bisa menjangkau target pasar sesuai dengan keinginan klien.

Kamu juga harus memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai macam riset dan analisa dari tiap kalangan. Sebagai jurusan sosiologi, kamu akan memahami bagaimana karakter dari sebuah kelompok.. Jadi, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan baik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai media planner.

Kesimpulan

Prospek kerja lulusan sosiologi di Indonesia cukup luas sehingga membuat jurusan ini diminati oleh calon mahasiswa. Pada masa perkuliahan pastikan kamu menyerap berbagai macam ilmu yang diberikan oleh dosen pada jurusan ini demi bekal ketika bekerja. Pilih salah satu pekerjaan lulusan sosiologi yang sesuai dengan bakat dan minat , sehingga kesempatan untuk diterima akan lebih besar.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Negeri Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait