Prospek Kerja Teknik Energi Terbarukan dan Besaran Gajinya

Bacaan Umum
Universitas123 | 17 April 2022
Prospek Kerja Teknik Energi Terbarukan dan Besaran Gajinya

Prospek kerja teknik energi terbarukan sangat menjanjikan dengan gaji tinggi. Di Indonesia, jurusan tersebut bisa dikatakan sebagai program studi yang kurang dikenal masyarakat. Memang kurang terkenal, akan tetapi tidak ada salahnya apabila kamu simak terlebih dahulu prospeknya.

Dari nama jurusan tersebut, memiliki hubungan dengan energi serta sumber daya. Kurangnya soal informasi menjadikan banyak yang kurang tahu mengenai jurusan Teknik energi. Jurusan Teknik energi adalah suatu jurusan yang mempunyai fokus mempelajari mengenai seluk beluk energi.

Menjelaskan secara garis besar dan general. Menjabarkan sumber energi lalu pengelolaan energi sampai sistem pengelolaan yang tepat. Dengan hal ini, lulusan nanti diharapkan bisa menerapkan ilmu di lingkungan masyarakat ataupun dunia industri.

Prospek Pekerjaan Teknik Energi Terbarukan

Pada jurusan di atas, membutuhkan pengetahuan di bidang sains yaitu fisika, matematika, biologi dan kimia. Adapun kampus yang bisa kamu pilih yaitu Politeknik Negeri Jember atau Politeknik Bandung. Apabila kamu sudah mengetahui seluk beluk jurusan, dan telah lulus kuliah kamu bisa mempunyai gambaran peluang kerja. Berikut adalah daftar prospek kerja teknik energi terbarukan, yaitu:

1. Insinyur Energi

Insinyur energi adalah salah satu prospek kerja setelah lulus dari jurusan Teknik energi. Dari jurusan tersebut banyak dicari Karena untuk mendukung industri energi yang ada di tanah air.

Perusahaan yang bisa kamu pilih yaitu BUMN, Conoco Phillips, atau PT GE Indonesia. Lulusan terbaik bisa dengan mudah menempati posisi Insinyur energi yang ada di perusahaan tersebut.

Pendapatan yang akan kamu terima dengan menjadi insinyur energi cukup tinggi hingga belasan juta rupiah.

2. Staff Kementrian ESDM

Staf Kementerian ESDM adalah salah satu devisi pemerintah yang bergerak di bidang pengawasan energi dan juga sumber daya baik berupa minyak, gas beserta jenis mineral lain. Untuk meningkatkan profesionalitas Kementerian ESDM merekrut lulusan jurusan Teknik energi dan ditempatkan sebagai staf ahli divisi.

Menjadi staf Kementerian ESDM jam kerjanya ideal meskipun memiliki tanggung jawab besar. Gaji yang kamu peroleh mulai dari Rp5.000.000 dan belum tunjangan dan bonus lainnya.

3. Pimpinan Proyek

Di Indonesia mempunyai banyak Project yang bergerak di bidang energi. Suatu proyek pasti membutuhkan pemimpin yang memiliki tugas Mengatur pekerjaan serta memastikan proses berjalan lancar serta teratur.

Di negara berkembang yang fokus dengan pengelolaan energi serta sumber daya, maka menjadi peluang untuk para lulusan dalam mencari pekerjaan. Dengan menjadi pimpinan proyek gaji yang akan kamu peroleh sekitar Rp5.000.000.

4. Kontraktor

Lulus dari jurusan Teknik energi bisa menjadi kontraktor di perusahaan. Gaji yang bisa kamu peroleh bisa mencapai Rp 5 juta sampai 10 juta per bulan.

5. Bekerja di Pembangkit Listrik

Lulusan teknik energi bisa memiliki peluang direkrut PLTU dan PLTA yang bertugas memastikan saluran listrik. Lulusan terbaik akan diberi tugas menjalankan tugas sesuai kompetensi. Gaji yang didapat Rp 5 juta rupiah.

Demikian beberapa prospek kerja teknik energi terbarukan dan kisaran gaji lulusan. Pada akhirnya, lulusan dari jurusan ini punya prospek pekerjaan yang menjanjikan. Jika kamu punya keahlian pada bidang studi IPA, maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengambil jurusan ini.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait