Please Wait
Logo

Rekomendasi Kampus Terbaik di Singapura 2021

Bacaan Umum
Universitas123 | 20 september 2021

Kampus terbaik di Singapura bisa dijadikan pilihan bagi mahasiswa lokal maupun luar negeri. Singapura termasuk salah satu negara dengan perkembangan cukup pesat, apalagi di bidang pendidikan. Negara tersebut bahkan memiliki beberapa kampus terbaik untuk dipilih oleh mahasiswa luar negeri sebagai tujuan meneruskan pendidikan perguruan tinggi.

Kamu juga bisa mencoba melanjutkan kuliah di Singapura. Jika dibandingkan dengan beberapa negara di Eropa, Australia, atau Amerika tentu persyaratan untuk menempuh pendidikan di Singapura jauh lebih mudah syaratnya.

Singapura adalah salah satu negara maju di Asia Tenggara sehingga kamu harus mempertimbangkan banyak hal untuk bisa kuliah di negara tersebut.

Daftar Kampus Terbaik di Singapura bagi Mahasiswa Indonesia

Banyak pelajar dari Asia Tenggara tertarik untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di kampus terbaik Singapura. Nah, berikut ini beberapa daftar perguruan tinggi terbaik dapat dipilih.

1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore adalah kampus terbaik nomor satu di Singapore. Kampus ini berhasil mendapatkan urutan pertama sebagai universitas paling unggul di Asia versi QS World University Ranking di tahun 2021. Kampus ini juga menjadi perguruan tinggi tertua dan terbesar di Singapura. Tidak heran jika setiap tahun banyak mahasiswa asing memilih meneruskan pendidikan di kampus ini.

Kampus ini memiliki 16 fakultas yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Beberapa diantaranya ada Bisnis, Komputer, Kedokteran Gigi, Teknik, Ilmu Sosial, bahkan Kedokteran. Karena fakultas dan program studi yang ditawarkan cukup lengkap, maka memutuskan sekolah di National University of Singapore adalah pilihan tepat.

Apakah kampus ini menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing? Tentu saja, tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan beasiswa. Kamu dapat melihat informasi lengkapnya di website kampus.

Bagaimana dengan biaya kuliah di Universitas Nasional Singapura? Biaya kuliah dapat disesuaikan dengan program studi yang diambil. Untuk program sarjana atau S1, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp. 80.000.000 sampai Rp. 100.000.000 per tahun. Jadi jika sampai lulus bisa saja mencapai Rp. 300.000.000.

2. Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technological University juga bisa menjadi pilihan. Kampus ini sangat terkenal dengan sekolah teknik terbesar di Singapura. Menjadi mahasiswa di kampus ini akan membuat kamu merasakan berbagai macam fasilitas yang menarik. Perguruan tinggi ini juga memfokuskan diri dengan berbagai macam riset.

Mahasiswa bisa mengambil program pendidikan sarjana atau pascasarjana dengan berbagai macam fakultas, seperti Fakultas Teknik, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Ilmu Sosial. Jurusan dengan minat paling banyak di kampus ini adalah Ilmu Komputer.

Biaya kuliah di NTU atau Nanyang Technological University tidak terlalu malah. Untuk program sarjana bisa mencapai Rp. 80.000.000 sampai Rp. 90.000.000 per tahun. Tetapi untuk jurusan andalan biasanya jauh lebih mahal.

3. Singapore Management University

Ingin belajar manajemen lebih dalam di luar negeri? Singapore Management University, kampus terbaik di Singapura dapat mewujudkan keinginan kamu. Kampus ini terbilang masih baru, didirikan pada tahun 2000 tetapi sudah banyak mahasiswa lokal dan asing yang sudah mendaftarkan diri.

Kampus ini memfokuskan diri pada bidang manajemen. Ada beberapa program studi seperti Manajemen Bisnis, ekonomi, manajemen sistem informasi, ilmu sosial, dan hukum. Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih jelas tentang Singapore Management University bisa langsung masuk website resminya.

Biaya kuliah untuk program sarjana di kampus ini bisa mencapai Rp. 120.000.000 per tahun. Tetapi untuk jurusan hukum, bisa jadi biayanya menjadi sekitar Rp. 130.000.000 per tahun. Harga tersebut tentu dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan kampus.

4. Singapore Institute of Management

Singapore Institute of Management juga dapat digunakan bagi mahasiswa yang ingin belajar manajemen dan bisnis. Banyak lulusan dari kampus ini yang berhasil bekerja di tempat bergengsi atau memiliki bisnis sendiri dengan sukses. Kampus ini sudah dibangun sejak 1964 dan menawarkan berbagai macam program pendidikan, mulai dari Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Tidak jauh berbeda dari kampus lainnya, Singapore Institute of Management ini juga memiliki banyak fasilitas bagi setiap mahasiswa. Jika kamu tertarik untuk masuk kampus ini siapkan berbagai macam syaratnya dulu ya.

5. Singapore University of Technology and Design

Singapore University of Technology and Design jadi tempat tepat bagi setiap pelajar yang ingin belajar tentang teknologi dan desain. Kampus ini benar-benar memberikan mata perkuliahan lengkap seputar teknologi dan desain. Universitas ini memiliki usia muda, tetapi sudah banyak mahasiswa yang tertarik untuk mendaftarkan diri.

Kecanggihan teknologi dan desain di jaman sekarang banyak dibutuhkan. Banyak perusahaan besar yang menginginkan pekerja di bidang ini. Jika kamu mendaftarkan diri dan menjadi lulusan Singapore University of Technology and Design tentu akan semakin mudah mendapatkan kesempatan kerja secara nasional maupun internasional.

Biaya kuliah di kampus ini terbilang cukup wajar untuk pendidikan perguruan tinggi di luar negeri. Dalam satu tahun kamu bisa mengeluarkan biaya Rp. 130.000.000 per tahun. Tetapi untuk program tertentu juga akan berubah.

Kesimpulan

Banyak perguruan tinggi di Singapura terbaik untuk dipilih. Pilih kampus terbaik sesuai dengan biaya kuliah yang dimiliki. Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa ke Singapura maka cari informasi lebih jelas di website kampus terbaik di Singapura dan siapkan persyaratannya dengan baik.

Beasiswa Luar Negeri

User Profile

Universitas123