Rekomendasi Universitas Swasta Jurusan Teknik Kimia di Indonesia

Bacaan Umum
Universitas123 | 19 August 2021
Rekomendasi Universitas Swasta Jurusan Teknik Kimia di Indonesia

Tak kalah dengan universitas negeri, beberapa universitas swasta jurusan Teknik Kimia di Indonesia juga mampu memberikan pendidikan yang oke, loh! Kampus swasta di bawah ini juga memiliki akreditasi yang baik, sehingga kamu tak perlu ragu untuk menimba ilmu di sana.

Mana saja universitas swasta di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Kimia tersebut, simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Universitas Pamulang Banten (UNPAM)

Jurusan Teknik Kimia UnPam berada di bawah payung fakultas teknik Universitas Pamulang Banten. Jurusan ini memiliki visi untuk menjadi salah satu Program Studi yang bisa menghasilkan sarjana Teknik Kimia yang berwawasan, profesional, dan kompeten. Untuk mewujudkannya, Misi Jurusan Teknik Kimia UnPam berupaya menyajikan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis perkembangan IPTEK terkini.

Universitas swasta jurusan Teknik Kimia satu ini juga memberikan kesempatan pembelajaran kepada mahasiswa dengan support maksimal. Beragam penelitian bisa dilakukan dengan berorientasi pada kemaslahatan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan para lulusannya bisa menjadi sebuah tolok ukur baru bagi kegiatan masyarakat yang berbasis teknik kimia.

Fasilitas di kampus juga cukup memadai: laboratorium fisika, laboratorium kimia, dan tempat untuk melakukan video praktik. Kesemuanya diperuntukkan bagi mahasiswa agar semakin memudahkan pembelajaran di dalam jurusan dan mata kuliah yang diberikan.

Universitas Islam Indonesia (UII)

Sudah terakreditasi dengan nilai A, UII memiliki program studi Teknik Kimia yang mumpuni untuk dikembangkan. Berlokasi di Gedung KH. Mas Mansyur Jalan Kaliurang km 14,5 Sleman, Yogyakarta, jurusan satu ini memiliki fasilitas yang komplit. Fasilitasnya dinaungi dalam Fakultas Teknologi Industri di Universitas Islam Indonesia. Adapun beberapa fasilitas tersebut adalah sebagai berikut.

  • Ruang akademik jurusan
  • Perpustakaan pusat
  • Ruang auditorium dan audiovisual
  • Ruang kelas representatif
  • Layanan mahasiswa
  • Laboratorium kimia dan fisika
  • Wifi kampus berkecepatan tinggi
  • Mushola
  • Klinik dan farmasi
  • Kantin dan fotokopi
  • Gedung olah raga

Jadi mahasiswa di jurusan Teknik Kimia satu ini sangat menyenangkan, bukan? Di sini kamu akan diberikan pemahaman tentang jurusan Teknik Kimia dengan kurikulum yang sangat menunjang pembelajaran.

Selain tugas dan materi di kelas, kamu juga akan melakukan Kerja Praktik (KP), Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan Tugas Akhir (Pra-Perancangan Pabrik, Penelitian, Pendadaran, dan Ujian Komprehensif).

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Jurusan Teknik Kimia UNPAR berada di bawah Fakultas Teknologi Industri. Sudah mengantongi nilai akreditasi A, UNPAR patut berbangga hati. Di sini kamu bisa menempuh program Strata Satu (S1) dan Magister.

Universitas ini berpedoman pada kurikulum nasional dengan standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), berikut kurikulum yang dijadikan pedoman oleh Unpar untuk jurusan Teknik Kimia.

  • Aspek Sikap dan Tata Nilai
    Dengan pembelajaran yang relevan, mahasiswa diharapkan bisa menginternalisasi etika akademik dengan baik. Hal ini menjadi cikal bakal yang positif agar mahasiswa bisa menghargai etika profesi serta menunjukkan kesadaran pada pembelajaran adab hingga seumur hidupnya.
  • Aspek Pengetahuan
    Para mahasiswa di jurusan Teknik Kimia satu ini diharapkan mampu untuk memahami dan mengaplikasikan konsep, teori, dan prinsip pokok dalam Teknik Kimia. Selain itu, para lulusannya diharapkan bisa memahami dan menganalisis dampak dari solusi rekayasa teknologi secara global untuk keselamatan masyarakat dan lingkungan.
  • Aspek Keterampilan Umum
    Para mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Kimia diharapkan untuk dapat mengaplikasikan teknik dan keahlian praktis, dengan mengedepankan prinsip sains dan teknologi peranti lunak modern. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk bisa menerapkan kemampuan komunikasi, manajemen waktu, kerja sama dan interaksi dengan orang lain.
  • Aspek Keterampilan Khusus
    Pembelajaran di dalam jurusan Teknik Kimia adalah upaya untuk memberikan pemahaman dalam upaya merancang dan melakukan riset positif untuk diri sendiri dan lingkungan. Dengan menerapkan beragam metode rekayasa yang relevan, tentu hal ini jadi sebuah solusi untuk permasalahan yang ada dalam masyarakat baik secara teori maupun secara kreatif dan inovatif.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Sudah diakreditasi BAN-PT dengan nilai B, jurusan Teknik Kimia UAD berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Industri. Salah satu universitas swasta dengan jurusan Teknik Kimia ini memberikan banyak fasilitas untuk mahasiswanya dalam menuntut ilmu. Tak hanya fasilitas laboratorium kimia saja, terdapat beberapa laboratorium lainnya di Fakultas Teknologi Industri, seperti:

  • Laboratorium Operasi Teknik Kimia
  • Laboratorium Biopress dan Lingkungan
  • Laboratorium Rekayasa Proses Kimia
  • Laboratorium Analisis Instrumentasi
  • Laboratorium Teknologi Material
  • Laboratorium Komputasi dan Desain Pabrik Kimia

Dengan dukungan penuh dari kampus, tentu saja mahasiswa akan lebih mudah dalam menyelesaikan tugas dan pembelajarannya, bukan? Jadi, berminatkah kamu kuliah di UAD?

Dari berbagai universitas swasta jurusan Teknik Kimia yang tersebar di Indonesia di atas, kamu bisa menjadikannya referensi untuk kuliah. Jika tak bisa diterima di universitas negeri di kotamu, kesempatan kuliah di PTS juga terbuka lebar. Jadi jangan berkecil hati, ya! Kamu bahkan bisa update info terkini terkait kuliah dan beasiswa di Universitas123 loh!

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait