Tabel Periodik Unsur Kimia, Begini Cara Bacanya

Bacaan Umum
Universitas123 | 25 November 2021
Tabel Periodik Unsur Kimia, Begini Cara Bacanya

Tabel periodik unsur kimia merupakan susunan unsur-unsur kimia yang didasarkan atas nomor atom maupun kemiripan dari sifat-sifatnya. Nah, bagi kamu yang sedang berkuliah di Jurusan Kimia wajib tahu, kenal paham serta hafal nih. Hal tersebut dilakukan agar kamu dapat menghitung reaksi kimia. Maka dari itu, tabel periodik menjadi hal penting yang harus kamu ketahui.

Pengertian Tabel Periodik

Tabel periodik adalah tampilan berbagai unsur kimia dalam bentuk tabel. Nah, unsur-unsur yang disusun itu urut berdasarkan nomor atom (berupa jumlah proton yang ada didalam inti atom), konfigurasi elektron serta keberulangan sifat kimia. Lalu, tabel ini juga dibagi menjadi 4 kelompok atau blok yakni blok -s, blok -p, blok -d serta blok -f.

Tabel periodik unsur kimia umumnya berada di sebelah kiri yang memiliki sifat logam dan juga sebelah kanan yang memiliki sifat non logam. Selanjutnya, baris yang ada di dalam tabel memiliki istilah, yaitu periode. Namun, untuk kolom yang ada di dalam tabel memiliki istilah, yakni golongan. Tabel periodik ini memiliki fungsi untuk menurunkan sifat unsur baru yang belum disintesis.

Tabel periodik dapat memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk melakukan analisis perilaku kimia. Hal ini banyak diperlukan dalam kajian bidang kimia bahkan ilmu yang lainnya. Unsur yang ada didalam sistem periodik ini memang tampak rumit, namun akan terasa mudah jika terbiasa berlatih untuk melafalkan dan menghafalkan namanya.

Di dalam tabel periodik unsur kimia tersebut, terdapat enam kolom atau golongan yang memiliki nama tersendiri, misalnya unsur golongan dengan nomor 17 namanya halogen, sedangkan unsur golongan dengan nomor 18 memiliki nama, yaitu gas mulia dan lain sebagainya. Selanjutnya kamu perlu mengetahui unsur logam dan unsur non logam beserta ciri-cirinya.

Unsur Logam dan Unsur Non Logam

Setelah membahas mengenai pengertian dari tabel periodik, mari kita berlanjut ke ciri-ciri logam berikut ini. Pertama ialah ciri-ciri unsur logam antara lain ialah kerapatan pada unsurnya yang tinggi. Selain itu, unsur yang ada didalamnya bersifat konduktor. Lalu, bentuknya padat jadi dapat dengan mudah untuk ditempa ataupun dibentuk.

Tabel periodik unsur kimia yang selanjutnya merupakan ciri-ciri dari unsur non logam, antara lain ialah kerapatan pada unsurnya yang tergolong rendah. Kemudian, unsur yang berada di dalamnya memiliki sifat isolator. Lalu, unsurnya memiliki sifat yang rapuh sehingga sukar dibentuk ataupun ditempa.

Keterangan Tabel Periodik

Berikutnya ada perlu mengetahui keterangan apa saja yang ada didalam tabel periodik. Keterangan tersebut antara lain ialah baris pada tabel disebut dengan istilah periode, sedangkan kolom yang ada di dalam tabel disebut dengan istilah golongan. Selain itu, dalam tabel periodik terdapat 6 golongan atau kolom yang setiap golongan memiliki nomor dan nama sendiri-sendiri.

Tabel periodik unsur kimia memiliki kegunaan yaitu menurunkan hubungan yang ada diantara sifat-sifat unsur. Selain itu, tabel periodik dapat berfungsi untuk memperkirakan sifat unsur baru yang belum pernah dianalisis atau ditemukan sebelumnya. Lalu, tabel periodik juga dapat memberikan kerangka kerja dalam rangka melakukan analisis perilaku kimia yang diperlukan.

Konfigurasi Elektron dan Unsur Tabel Periodik

Nomor kulit beserta jumlah elektron yang ada pada subkulit menunjukkan letak unsur yang ada didalam tabel periodik. Nah, didalam tabel periodik tersebut yang memiliki bentuk panjang, letak unsur-unsur yang ada didalamnya dibagi menjadi beberapa kelompok blok yang sesuai dengan letak elektron yang ada pada kulit terluar yakni blok s, blok p, blok d dan blok f.

Tabel periodik unsur kimia khususnya perihal letak memiliki hubungan konfigurasi elektron. Hubungan tersebut terdapat hubungan utama antara golongan utama pada blok s dan blok p serta antara golongan utama pada blok d dan blok f yang berbeda.

Letak unsur yang ada didalam tabel periodik itu bisa ditentukan dengan kamu mengetahui terlebih dahulu nomor golongan beserta nomor periodenya. Nah, dalam proses menentukan nomor golongan beserta nomor periode, maka kamu dapat melakukannya dengan konfigurasi elektron.

Sedangkan, tabel periodik unsur kimia untuk mengetahui nomor golongan kamu dapat menentukan melalui jumlah elektron yang ada di dalam kulit terluar. Selanjutnya untuk menentukan nomor periode bisa kamu tentukan berdasar dari nomor kulit terbesar.

Cara Baca Tabel Periodik

Setelah kamu mengetahui bagiaman konfigurasi elektron dengan unsur tabel periodik, selanjutnya kamu harus mengetahui bagaimana cara membaca tabel periodik dengan baik dan benar. Cara tersebut antara lain ialah pertama, kamu perlu membaca tabel periodik dari atas kiri menuju ke kanan bawah.

Hal ini dilakukan karena unsur yang tersusun urut berdasarkan nomor, nah semakin ke kanan maka nomor atomnya semakin besar pula. Selanjutnya, kamu perlu memahami unsur kimia, yaitu setiap unsur yang memiliki satu proton lebih banyak jika dibandingkan dengan atom yang berada pada sebelah kirinya.

Lalu, kamu perlu mengenali golongan atom yang memiliki sifat kimia dan fisik yang sama. Kemudian, kamu perlu memperhatikan ruang kosong dalam tabel. Setelah itu, kamu perlu memperhatikan bahwa tiap baris adalah periode. Nah, yang terakhir kamu harus bisa membedakan antara logam, semi logam serta non logam.

Tabel periodik unsur kimia yang telah dipaparkan diatas semoga bermanfaat bagi kamu yang berasal dari jurusan IPA atau sedang menempuh kuliah dalam jurusan Kimia. Nah, bagaimana artikel diatas cukup informatif bukan? Kamu juga bisa menemukan artikel serupa di universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait