Tips Agar Tidak Terlambat Ke Sekolah

Bacaan Umum
Universitas123 | 12 April 2022
Tips Agar Tidak Terlambat Ke Sekolah

Apakah kamu termasuk pelajar yang memiliki kebiasaan datang terlambat ke sekolah? Jika kamu memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya mulai dihilangkan secara perlahan-lahan sebab kebiasaan terlambat justru bisa mempengaruhi prestasi kamu. Jangan sampai hal tersebut justru bisa mengganggu perjalanan pendidikan dan mempengaruhi masa depan kamu. 

Ada banyak alasan kenapa pelajar tersebut memiliki kebiasaan terlambat. Bisa jadi juga karena aktivitas sehari-hari selalu padat, sehingga mengganggu sekolah kamu ya.

Tips Agar Tidak Terlambat Ke Sekolah

Ada berbagai macam tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebiasaan tersebut terulang, seperti berikut;

Kuatkan Niat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tanamkan niat dalam hati, untuk tidak mengulangi kebiasaan terlambat datang ke sekolah. Coba Tanamkan dalam diri kamu agar penyataan baik tersebut bisa dimulai dan menghindari kebiasaan buruk terlambat. Kamu juga harus menghilangkan kebiasaan kebiasaan buruk yang kurang bermanfaat dan Mungkin sering dilakukan, dengan begitu niatan kamu akan lebih mudah untuk dijalankan.

Hindari Begadang

Tips selanjutnya agar tidak mudah terlambat datang ke sekolah adalah menghindari begadang. Bagi beberapa pelajar, biasanya ada di kalangan SMA memiliki kebiasaan untuk tidur malam, entah itu untuk hal bermanfaat atau melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. 

Beberapa hal tersebut untuk bisa menjadi penyebab keterlambatan untuk datang ke sekolah. Karena sudah terbiasa, ketika malam hari mungkin kamu habiskan waktu dengan begadang dan akan sulit bangun pagi karena lebih mengantuk dan Tubuh terasa lemas. 

Biasakan Bangun Lebih Awal

Ada beberapa orang yang terbiasa, sekalipun mereka begadang tetapi masih bisa bangun lebih awal. Tetapi ada juga beberapa orang yang tidak begadang tetapi susah untuk bangun pagi atau bangun lebih awal. Jadi, kamu bisa memulai hari untuk membiasakan bangun lebih awal. 

Misalnya saja, kamu harus bangun sebelum shalat subuh. Pada awalnya mungkin terasa sulit, tetapi jika sudah terbiasa maka hal tersebut akan lebih mudah dijalani. 

Namun, ketika kamu bangun pagi ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak timbul rasa ngantuk dan menghindari tidur kembali setelah sholat subuh Misalnya saja berolahraga, sekalipun hanya di halaman rumah tetapi melakukan beberapa pemanasan bisa membantu Tubuh kamu terasa lebih segar loh. 

Lakukan Persiapan Awal

Apabila kamu sudah memiliki niatan untuk tidak datang terlambat lagi di sekolah, maka butuh persiapan lebih awal. Misalnya saja mempersiapkan Buku apa yang akan digunakan untuk ke sekolah besok, seragam apa saja yang akan digunakan, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri salah satu penyebab  keterlambatan para siswa adalah tidak mempersiapkan diri dengan baik. keterlambatan para siswa adalah tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Sekalipun kamu sudah bisa bangun pagi, tetapi jika tidak mempersiapkan buku yang akan dibawa, seragam yang digunakan, dan lain sebagainya, akan memakan waktu untuk mempersiapkan hal tersebut dan bisa menyebabkan keterlambatan. 

Pasang Alarm

Selanjutnya kamu juga bisa memasang alarm sebagai alat bantu sehingga bisa bangun lebih awal dari biasanya. Misalnya, kamu menyetel alarm agar berbunyi sebelum shalat Subuh dan usahakan alarm tersebut tidak jauh dari tempat kamu tidur.  Biasanya ketika orang sudah memiliki kebiasaan susah bangun, ketika alarm berbunyi hanya mematikan kemudian melanjutkan tidurnya kembali. 

Hal tersebut bisa diatasi dengan memasang banyak alarm dengan jeda yang tidak jauh berbunyi. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang saat ini ada, dengan menyetel alarm melalui smartphone kamu sehingga lebih mudah untuk meletakkan agar tidak terlalu jauh.

Penutup

Tips agar tidak datang terlambat ke sekolah di atas bisa kamu lakukan perlahan-lahan satu persatu. Paling penting adalah niatan yang dimiliki untuk bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, sehingga bisa memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik nantinya. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait