Tips Belajar Bahasa Perancis Sehari-Hari

Tips & Trick
Universitas123 | 27 April 2023
Tips Belajar Bahasa Perancis Sehari-Hari

Bahasa Perancis sehari-hari bisa dijadikan salah satu satu langkah untuk membuat kamu semakin menguasai bahasa tersebut. Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa asing yang saat ini banyak diminati oleh kaum muda. Bahasa Perancis menjadi salah satu masalah populer di dunia.

Bahkan bahasa Perancis ini menjadi bahasa resmi Palang Merah internasional dan digunakan untuk Olimpiade. Bahasa Perancis terpilih sebagai bahasa utama dalam dunia bisnis maupun teknologi. 

Alasan Memilih Belajar Bahasa Perancis

Saat ini beberapa sekolah di Amerika memberikan kursus dan pilihan pembelajaran bahasa Perancis kepada semua siswa dari berbagai macam usia. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui kenapa bahasa Perancis menjadi salah satu bahasa yang diminati. Ada beberapa alasan yang memperkuat orang untuk mempelajari bahasa Perancis, seperti berikut.

1. Menjadi Bahasa Dunia

Selain bahasa Inggris, bahasa Perancis bisa menjadi salah satu bahasa dunia. Saat ini lebih dari 220 juta orang menggunakan bahasa Perancis di lima benua. Ada satu organisasi internasional dari negara-negara untuk penggunaan bahasa Perancis. Dalam organisasi tersebut terdiri atas 77 negara anggota dan pemerintah.

Bahasa Perancis menjadi bahasa kedua dunia yang banyak dipelajari setelah bahasa Inggris. Bahasa Perancis juga menjadi bahasa ke-6 yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa di samping bahasa Inggris yang selalu diajarkan beberapa  pendidikan negara di dunia. Prancis sendiri sudah mengoperasikan jaringan Institut budaya internasional terbesar yang menjalankan kursus bahasa Perancis untuk satu juta pelajar. 

2. Bahasa untuk Pasar Dunia

Bahasa Perancis termasuk salah satu bahasa pasar dunia. Pengetahuan terhadap bahasa Perancis bisa membuka pintu perusahaan Perancis ke berbagai macam negara Dunia Lain. Perancis merupakan negara dengan ekonomi terbesar kelima di dunia dan peringkat ketiga untuk tujuan investasi asing. Jadi menguasai bahasa Prancis ini sangat penting untuk pasar internasional.

3. Bahasa untuk Bepergian

Bahasa Perancis dikatakan sebagai bahasa untuk bepergian, karena Prancis menjadi salah satu tujuan wisata utama dunia dan sudah menarik lebih dari 79,5 juta pengunjung per tahunnya. 

Untuk kemampuan berbicara bahasa Perancis bisa membantu kamu mudah mengunjungi berbagai macam tempat wisata di di semua daerah. Liburan kamu di Perancis akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika bisa menguasai bahasa Perancis. 

Tips Belajar Bahasa Perancis Sehari-Hari

Salah satu cara untuk melatih kemampuan berbahasa perancis menjadi lebih baik dengan mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebelum itu kamu harus memahami terlebih dahulu dasar-dasar belajar bahasa Perancis. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan, seperti berikut.

1. Akrabkan Bahasa Perancis di Telinga Setiap Hari

Mendengarkan lagu menggunakan bahasa Inggris mungkin sudah biasa. Jika kamu tertarik untuk mempelajari bahasa Perancis, cobalah untuk mendengarkan lagu-lagu dengan menggunakan bahasa Perancis. 

Temukan berbagai macam kosakata dalam lagu tersebut dan catat. Jangan lupa untuk menghafalkan bagaimana cara pengucapan kata tersebut dan artinya. Jika kamu mendengarkan lagu bahasa Perancis, harap diperhatikan bahwa kata-kata yang digunakan biasanya bermakna romantis atau puitis.

Dengan mendengarkan lagu bahasa Perancis kamu hanya mencoba untuk mengakrabkan bahasa tersebut di telinga. Dalam bahasa Perancis yang paling penting adalah komunikasi secara lisan. Deretan huruf hanyalah simbol yang digunakan untuk mewakili suara bahasa tetapi tidak menggambarkan nuansa suara maupun intonasi. 

Dengan mendengarkan lagu bahasa Prancis setiap hari bisa membantu mengembangkan telinga yang baik terhadap bahasa tersebut. Selain mendengarkan  lagu bahasa Prancis, kamu juga bisa mencoba untuk melihat film berbahasa Perancis. 

2. Sering Berlatih Bicara

Selain mengakrabkan telinga dengan menggunakan bahasa Perancis setiap hari, kamu juga harus sering berlatih berbicara. Belajar bahasa Perancis mengharuskan kamu untuk menguasai pelafalan dengan baik. Cobalah untuk mempraktekkan setiap kosakata yang kamu dapatkan dari lagu maupun novel bahasa Perancis.

Meskipun kamu belajar bahasa Perancis selama bertahun-tahun dan menguasai aturan tata bahasa tetapi tidak pernah berlatih berbicara maka akan sulit mendapatkan pelafalan bicara yang baik. 

Bahasa Perancis ini memiliki aksen khusus yang berbeda dengan bahasa Inggris. Maka dari itu pelafalan menjadi bagian paling penting untuk dipelajari.

3. Konsisten Belajar Setiap Hari

Terakhir tentu kamu harus konsisten untuk belajar setiap hari. Jika kamu mengikuti kursus bahasa Perancis maka ulang terus pembelajaran yang sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, jika kamu belajar secara otodidak, praktekan pelafalan sendiri.

Kamu bisa melihat video di Youtube untuk cara pengucapan bahasa Perancis yang baik. Lakukan secara konsisten, sebab hal tersebut akan membuat kamu semakin menguasai.

Kesimpulan

Belajar bahasa Perancis sehari-hari dapat dilakukan dengan mendengarkan lagu maupun menonton film bahasa Perancis. Hal tersebut akan membantu telinga kamu terbiasa dengan bahasa Perancis. Kamu juga harus mempraktekkan apa yang telah dipelajari setiap hari secara konsisten ya. 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait