Tips Kuliah S3 di Luar Negeri Lebih Murah dan Lebih Cepat

Tips & Trick
Universitas123 | 20 December 2021
Tips Kuliah S3 di Luar Negeri Lebih Murah dan Lebih Cepat

Berbeda dengan perkuliahan S1 yang berdurasi empat tahun, ataupun S2 yang berdurasi dua tahun, kuliah S3 di luar negeri membutuhkan waktu 3 sampai 7 tahun. Beberapa negara mempunyai program gelar pendidikan S3 lebih cepat yaitu 3-4 tahun. Sehingga perbedaan perkuliahan tersebut sangat menentukan biaya kuliah.

Pada jenjang S1 dan S2, kamu juga pasti tahu dengan istilah Fast Track di mana gelar S1 dan gelar S2 bisa kamu lakukan sekaligus supaya proses studi lebih cepat. Akan tetapi jika kamu mencari cara kuliah S3 lebih cepat, maka cari program yang bisa lulus dalam waktu singkat. Untuk kuliah S3 di luar negeri, artinya kamu wajib mencari jurusan yang dapat kamu selesaikan dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Kuliah S3 di Luar Negeri

Jika menjalani perkuliahan S1, studi lebih fokus pada pengetahuan luas dalam bidang yang kamu pilih, dan kamu harus menyelesaikan karya tulis skripsi untuk menguji pemahaman terhadap bidang yang kamu pelajari. Studi pascasarjana atau S2 justru lebih cenderung pada ketertarikan isu atau masalah tertentu yang nantinya akan kamu teliti sehingga tulisan pasti akan diterbitkan.

Pada perkuliahan S3 tentu saja berbeda karena membutuhkan waktu jangka panjang hingga 7 tahun. Kebanyakan waktu yang harus kamu lewatkan adalah untuk penelitian. Hasil penelitian akan menjadi syarat lulus S3 dan harus benar-benar memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan sekaligus menjadi referensi akademik.

Jika dibandingkan dengan pendidikan S1 dan S2, biaya kuliah S3 juga justru lebih mahal karena kamu tidak hanya paham tentang pembelajaran di kelas tetapi juga langsung dari penelitian. Itulah mengapa, banyak mahasiswa S3 mengincar beasiswa agar dapat melanjutkan studi pada jenjang tersebut. Namun, kamu juga harus mempersiapkan berbagai kualifikasi tinggi supaya bisa memperoleh beasiswa ini.

Cara Kuliah S3 Luar Negeri Lebih Murah

Masa studi S3 rata-rata membutuhkan waktu minimal 3 tahun. Bahkan pada beberapa negara kamu harus menyelesaikan S3 dalam waktu 7 tahun. Agar kamu bisa memangkas waktu dan membuat kuliah S3 di luar negeri lebih cepat ataupun lebih murah, berikut adalah hal-hal yang wajib kamu lakukan:

  1. Telah menuntaskan pendidikan S2
  2. Pilih program studi S3 yang memang dirancang agar selesai dalam waktu singkat seperti perkuliahan dengan masa studi 3-4 tahun.
  3. Pilih negara yang menyediakan program studi S3 dengan biaya gratis ataupun biaya rendah. 
  4. Usahakan memilih topik riset yang sesuai dengan minat dan passion kamu.
  5. Pelajari apa saja syarat program beasiswa dan siapkan seluruh dokumen sedini mungkin juga catat semua tanggal penting terkait informasi beasiswa.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja tips ataupun cara supaya kamu bisa melanjutkan kuliah S3 di luar negeri lebih cepat sekaligus lebih murah. Memang membutuhkan perjuangan keras agar kamu bisa merampungkan perkuliahan sehingga kamu dapat memanfaatkan penawaran beasiswa full untuk S3 dari pemerintah Indonesia ataupun pemerintah negara tujuan.

Terus coba melamar beasiswa karena memang membutuhkan berulang kali percobaan agar kamu bisa diterima pada Universitas tujuan melalui program beasiswa sesuai jurusan yang kamu inginkan.

 

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait