Tips Lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)

Tips & Trick
Universitas123 | 19 October 2021
Tips Lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN)

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri Atau yang sering disebut dengan SNMPTN menjadi kesempatan bagi setiap pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kampus negeri terbaik.

Masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN bisa memberikan keringanan biaya bagi setiap mahasiswa. Namun, proses seleksi cukup sulit dilakukan sehingga setiap pelajar harus menyiapkan diri dengan baik.

Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA atau SMK, biasanya setiap pelajar mulai menyiapkan diri dengan baik untuk lanjut ke jenjang perguruan tinggi. Ada berbagai macam proses seleksi, tetapi bagi yang ingin masuk negeri bisa mencoba SNMPTN.

Seleksi tersebut akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. SNMPTN ini diselenggarakan oleh Ditjen Dikti mulai tahun 2008 sampai sekarang ini. Biasanya mahasiswa yang berhasil mendapatkan SNMPTN biaya kuliahnya hanya bergantung pada UKT atau Uang Kuliah Tunggal.

Apa itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri?

Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN adalah jalur masuk kuliah perguruan tinggi negeri bagi semua pelajar di Indonesia. Jika ingin mengikuti seleksi SNMPTN maka setiap pelajar akan mendapatkan undangan dari sekolah.

Karena undangan tersebut diberikan dari sekolah, keunggulan akademik akan menjadi salah satu faktor penentu diterimanya SNMPTN. Biasanya SNMPTN akan mencari pelajar yang memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Kamu nanti akan dihubungi oleh panitia SNMPTN dari sekolah agar bisa melakukan proses pendaftaran. Setelah melakukan proses pendaftaran, setiap pelajar akan mendapatkan NISN dan password untuk login ke website SNMPTN.

Apabila kamu maksud pemerintahan maka akan melanjutkan dengan mengisi biodata, pemain, juga mengunggah beberapa dokumen dan foto. Kamu bisa memilih 3 jurusan satu kampus pada perguruan tinggi negeri di daerah kamu.

Tapi jika kamu memilih satu jurusan, maka kamu bebas memilih PTN-nya. SNMPTN hanya bisa diikuti oleh pelajar yang lulus di tahun tersebut. Misalnya, kamu lulus di tahun 2021 maka seleksi yang dapat diikuti adalah SNMPTN 2021.

Sedangkan, kuotanya biasanya minimal 20% dari total mahasiswa S1 reguler yang diterima di jurusan kampus tersebut. Jadi, pemilihan kampus dan jurusan juga memberikan pengaruh diterima atau tidaknya ya.

Tips Lolos SNMPTN di Kampus Favorit

Untuk bisa lolos SNMPTN kamu harus menyiapkan diri dari awal masuk SMA ya. Karena nilai rapor saja tidak akan cukup. Jadi menyiapkan diri dengan baik adalah bagian paling penting.

Berikut beberapa persiapan penting agar bisa lolos SNMPTN.

1. Perhatikan nilai rapor

Pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan grafik nilai rapor. Nilai rapor pada semester 1 - 5 bisa menentukan kamu akan diterima atau tidak dari jalur SNMPTN.

Nilai rapor yang tinggi tidak cukup untuk bisa lolos SNMPTN. Grafik nilai juga harus stabil atau meningkat mulai dari semester 1 sampai 5. Apabila grafik tersebut stabil dan meningkat maka peluang diterima di jalur SNMPTN menjadi lebih besar.

2. Siapkan portofolio prestasi

Kamu juga harus menyiapkan portofolio prestasi. Prestasi di luar sekolah juga sangat penting dan menunjang penerimaan SNMPTN. Kamu dapat menyertakan sertifikat atau piagam penghargaan dari kompetisi yang telah diikuti.

Apalagi jika sertifikat atau piagam penghargaan tersebut memiliki jumlah yang cukup banyak. Hal ini menjadi nilai tambah bagi kamu untuk bisa lolos di SNMPTN dibandingkan dengan peserta lainnya yang memiliki Nilai raport sama.

3. Cari informasi tentang jurusan yang dipilih dan kampus tujuan

Selain menyiapkan nilai rapor dan sertifikat penghargaan, kamu juga harus mulai mencari informasi tentang jurusan dan kampus yang akan menjadi tujuan. Pastikan kamu sudah paham mengenai jurusan yang dipilih dan kampus tujuan.

Biasanya setiap pelajar akan mencari informasi tentang kuota yang ditampung dalam jurusan tersebut. Apalagi jika kampus tujuan adalah perguruan tinggi favorit, yang mendaftar pasti lebih banyak. Jadi, kamu harus mempersiapkan diri lebih baik lagi.

4. Siapkan jurusan cadangan

Bagi calon mahasiswa yang ingin melakukan proses pendaftaran melalui jalur SNMPTN pastikan kamu juga menyiapkan jurusan cadangan. Apabila kamu merasa bahwa jurusan yang dipilih ternyata memiliki kuota yang sedikit di kampus terbaik, maka persiapkan jurusan cadangan di kampus tersebut bisa dipilih.

Kamu bisa mencoba untuk memilih jurusan yang peminatnya jauh lebih sedikit dibandingkan jurusan seni. Hal ini bisa dicoba bagi kamu yang yang mengutamakan pemilihan kampus dibandingkan jurusan. Sekalipun memilih jurusan lain, pastikan kamu juga menyiapkan cadangan ya.

5. Siapkan perguruan tinggi lain

Bagaimana jika kamu benar-benar suka dengan jurusan pertama dan enggan menggantinya? Kalau begitu kamu bisa menyiapkan Perguruan tinggi negeri lain yang memiliki jurusan tersebut dan kuotanya tidak terlalu tinggi. Dengan begitu peluang untuk bisa masuk jurusan yang sesuai dengan keinginan melalui SNMPTN bisa didapatkan.

Kesimpulan

Mengikuti jalur SNMPTN memang menjadi harapan bagi semua pelajar untuk bisa meneruskan pendidikan tinggi di kampus negeri. Namun, proses seleksi tidak semudah yang dibayangkan, mengingat banyak sekali pelajar di Indonesia yang juga mendaftarkan diri. Kamu bisa mencoba beberapa tips dari agar lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri.

Banner Konsultation
+62
SNMPTN Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait