Tips Memilih Dosen Pembimbing Akademik Agar Cepat Lulus

Tips & Trick
Universitas123 | 08 December 2021
Tips Memilih Dosen Pembimbing Akademik Agar Cepat Lulus

Menjadi salah satu mahasiswa semester akhir membuat kamu harus menyelesaikan skripsi. Untuk memperlancar proses skripsi biasanya pihak kampus akan memberikan dosen pembimbing akademik. Dosen pembimbing akademik tersebut akan memantau kamu untuk proses pembuatan skripsi dari awal menentukan tema sampai nanti akhir ujian.

Ada beberapa kampus yang menentukan memberikan kesempatan agar mahasiswa bisa menentukan dosen PA sendiri. Jadi biar kamu dapat menentukan siapa saja dosen pembimbing yang bisa kamu pilih. 

Hal tersebut tentu menjadi kesempatan bagi kamu untuk menentukan dosen PA berkualitas yang bisa membantu menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dengan baik dan cepat. 

Tips Memilih Dosen Pembimbing Akademik Untuk Skripsi

Memiliki kesempatan untuk memilih dosen PA bisa menjadi kesempatan yang menguntungkan. Namun, di lain sisi mahasiswa pasti merasa bingung untuk menentukan dosen pembimbing. Dosen pembimbing termasuk salah satu aspek yang bisa menentukan suksesnya seorang mahasiswa lulus dengan lancar.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menentukan dosen pembimbing sehingga bisa membantu kamu untuk menyelesaikan skripsi, seperti berikut :

Cari informasi karakter dosen dari kakak kelas

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi tentang karakter dosen. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari kakak angkatan sebelumnya. Sangat penting bagi seorang mahasiswa untuk memiliki kenalan kakak angkatan. Sebab hal tersebut sangat bermanfaat untuk mencari informasi terkait tugas akhir. 

Pastikan untuk mencari dosen yang memiliki track record menjadi pendamping skripsi terbaik dari kakak angkatan. Cari informasi bagaimana cara dosen tersebut membimbing skripsi kakak angkatan. Dengan begitu kamu akan mengetahui karakter setiap dosen. 

Pilih dosen dari mata kuliah favorit

Tips selanjutnya kamu bisa mencoba mencari dosen dari mata kuliah favorit. Kamu boleh mencari dosen pembimbing terbaik di kampus tetapi pastikan juga memerhatikan minat dan ketertarikan terhadap mata perkuliahan. 

Hal tersebut akan membantu kamu untuk mendiskusikan topik pada tugas akhir dengan lebih mudah. Karena tugas akhir kamu bisa sesuai dengan mata perkuliahan dosen tersebut. 

Pilih dosen yang mudah ditemui

Sangat penting untuk memilih dosen yang mudah ditemui. Salah satu upaya untuk lulus tepat waktu dengan sering melakukan bimbingan. Namun, kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan ketika melakukan proses bimbingan dosennya sedang tidak di kampus atau justru berhalangan.

Dengan melakukan proses bimbingan kamu akan mengetahui revisi yang harus dilakukan. Sebagai mahasiswa kamu wajib untuk mengetahui jadwal dosen tersebut di kampus. Jadi, pastikan kamu memilih dosen yang sering berada di kampus.

Karena jika tidak, kamu akan sulit untuk lulus tepat waktu jika memilih dosen yang memiliki banyak kegiatan di luar, susah dihubungi dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu bisa membuat skripsi kamu tidak menemukan titik terang.

Pilih dosen yang tidak moody-an

Ada beberapa dosen yang memiliki karakter moody dan sebaiknya tidak dipilih. Kenapa begitu? Sekalipun dosen tersebut mudah ditemui tetapi belum tentu gampang untuk diajak membahas apapun tentang skripsi bahkan untuk tanda tangan sekalipun.

Umumnya, hal tersebut terjadi karena dosen sedang banyak pikiran, entah itu mengenai tugas kampus, masalah keluarga atau masalah apapun. Jadi pastikan kamu memilih dosen yang benar-benar profesional. 

Carilah dosen yang tegas dan tidak bertele-tele

Kamu butuh mencari dosen pembimbing akademik yang tegas dan tidak bertele-tele. Ada beberapa dosen pembimbing yang memberikan revisi sedikit demi sedikit sehingga membuat mahasiswa merasa bingung.

Ada beberapa dosen yang memutuskan untuk menggunakan hard copy, ada pula yang melalui email atau revisi dengan tatap muka. Nah, apapun bentuknya pastikan dosen tersebut selalu tegas. Jika memang revisi, maka mintalah untuk dijelaskan secara detail.

Memilih dosen yang tegas dan tidak bertele-tele dalam memberikan revisi akan membantu kamu untuk menyelesaikan kesalahan dalam skripsi dengan cepat. Hal tersebut tentunya akan membantu kamu untuk lulus tepat waktu.

Pilihlah dosen yang tidak sering keluar kota

Selanjutnya tentukan dosen pembimbing yang tidak sering keluar kota. Ada beberapa dosen yang memiliki kesibukan di luar sehingga jarang berada di kampus. Ketidakberadaan dosen di kampus justru membuat kamu sulit melakukan bimbingan secara leluasa. 

Selain mengetahui jadwal perkuliahan dosen tersebut, kamu juga harus tahu bahwa dosen tersebut tidak pernah absen di mata kuliah. Dengan begitu keberadaan dosen tersebut dapat dipastikan di kampus.

Carilah dosen yang sering menuntut kelulusan

Carilah dosen yang sering menuntut kelulusan kepada mahasiswanya. Dosen yang menginginkan mahasiswa cepat lulus biasanya akan lebih tegas pada saat bimbingan. Hal tersebut dilakukan agar mahasiswa bisa mendapatkan motivasi dan semangat untuk menyelesaikan tugas akhir.

 

Demikianlah tips mencari dosen pembimbing akademik bagi mahasiswa tingkat akhir. Menggunakan beberapa tips tersebut kamu bisa menentukan dosen pembimbing berkualitas yang dapat membantumu menyelesaikan tugas akhir semester dengan maksimal. 

Untuk mendapatkan artikel informatif lainnya, kunjungi website Universitas123.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait