Apa Saja Prodi di Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran?

Bacaan Umum
Universitas123 | 28 July 2021
Apa Saja Prodi di Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran?

Sama seperti universitas-universitas di kota-kota besar, Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran juga punya popularitas yang tinggi di kalangan siswa bagian tengah hingga timur Indonesia. 

Lulusannya yang berkualitas dan selalu dibutuhkan tentu jadi beberapa dari sekian alasan mengapa fakultas ini banyak diminati. Tapi jangan sampai salah kaprah, nyatanya Fakultas Kedokteran tidak hanya berkonsentrasi pada ilmu kesehatan umum, lho.

Untuk memahaminya lebih lanjut, di bawah ini adalah informasinya. Namun, sebelum itu ketahui dulu dimana lokasi kampus ini, ya. 

Lokasi Kampus 

Informasi ini mungkin akan sangat berguna bagi kamu calon mahasiswa yang sama sekali belum pernah tahu dimana fakultas kedokteran. Posisinya sendiri masih dalam kompleks kampus UNSRAT.

Lebih tepatnya di Jl. Kampus UNSRAT Kleak, Kecamatan Malayang, Manado. Gedung kampus kedokteran. Jika sesekali berkesempatan kesana sebelum mulai perkuliahan, kamu akan menemukan gedungnya di antara beberapa fakultas lain.

Misalnya saja dibatasi dengan Lab Kimia & Fisika pada sisi depannya. FK juga dekat dengan gedung prodi Teknik Sipil dan Tugu Sam Ratulangi. Selain itu juga dekat sekali dengan Poliklinik UNSRAT yang bisa kamu jangkau hanya dengan berjalan kaki.

Prodi Yang Tersedia

Nama Fakultas Kedokteran bukan berarti hanya pendidikan dokter saja yang ada. Khususnya untuk S1, termasuk di dalamnya ada Ilmu Keperawatan, dan Pendidikan Dokter Gigi.

1. Pendidikan Dokter

Sama seperti universitas lainnya, prodi ini jadi rebutan bagi banyak pendaftar. Utamanya dari lulusan jurusan IPA yang berasal dari wilayah Manado dan sekitarnya. Boleh dianggap inilah salah satu jurusan yang paling prestisius di rumpul ilmu saintek UNSRAT.

Di samping karena prospek profesinya yang jelas setelah menyelesaikan program Profesi Dokter, prodi ini juga punya tingkat keilmuan yang cukup sulit. Menjadi mahasiswa kedokteran artinya kamu perlu punya pemahaman yang kuat dalam bidang matematika, kimia, fisika, selain biologi.

Meski kelihatannya sulit, grafik jumlah mahasiwa kerap menunjukkan angka yang cukup besar dibandingkan jurusan lainnya. Baik itu dari jalur SNMPTN, SBMPTN ataupun Jalur Mandiri Tomou Tou

2. Ilmu Keperawatan

Sebagian orang masih berpikir belajar ilmu keperawatan dan berprofesi sebagai perawat tidak seberkualitas profesi dokter. Padahal sebetulnya seorang perawat punya kompetensi tersendiri yang saling membantu dokter dalam dunia kerja.

Ada beberapa materi utama yang akan menjadi bekalmu. Di antaranya soal Dasar Keperawatan, Biomedik, hingga basis teknologi. Tak ketinggalan akan dipelajari juga Sistem Pencernaan, Respirasi, Persepsi Sensori, dan Neurobehaviour dalam perspektif keperawatan.

Lebih menariknya lagi, lulusan prodi ini juga perlu memiliki keseimbangan yang kuat antara kompetensi sains dengan kemampuan berkomunikasi. Skill ini sangat dibutuhkan saat kamu sudah terjun dalam dunia praktik karena akan menghadapi berbagai macam pasien.

3. Pendidikan Dokter Gigi

Terakhir ada Pendidikan Dokter Gigi untuk kamu yang ingin meraih cita-cita sebagai seorang Dentist. Jika melihat sejarahnya ke belakang, prodi ini berdiri tepat pada tanggal 27 Januari 2005 yang membantu penyelenggaraan akademi profesi dokter gigi di kawasan timur Indonesia. 

Karena itulah adanya Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran di jurusan Kedokteran Gigi jadi pilihan favorit banyak siswa kawasan Sulawesi. Selain karena memang memang dibutuhkan di masyarakat, profesi ini juga tak kalah prestis dari dokter.

Selama masa kuliah kamu akan mempelajari berbagai keilmuan yang berkaitan dengan anatomi hingga kondisi gigi. Namun, sebelum itu kamu pun juga akan mendapatkan materi kedokteran dasar yang juga dipelajari oleh mahasiswa pendidikan dokter 

Daya Tampung Per Prodi

Satu komponen yang sama-sama penting diperhatikan saat memilih Fakultas Kedokteran UNSRAT adalah daya tampung masing-masing prodi. Bukan cuma itu,  perhatikan juga berapa peminatnya.

Ketika kedua data tersebut diperbandingkan, kamu akan mendapat angka yang menunjukkan keketatan masuknya di antara para pendaftar. Inilah yang tepat menjadi ukuranmu untuk mempersiapkan diri lebih maksimal menjelang tes seleksi agar hasil yang didapatkan menjamin namamu ada di posisi yang aman.

Melansir data resmi 2021 dari laman LTMPT, berikut adalah data daya tampung dan peminat yang bisa dijadikan patokan untuk tahun ajaran mendatang.

Pendidikan Dokter

Daya Tampung : 100

Peminat : 1.148

Ilmu Keperawatan

Daya Tampung : 48

Peminat : 201

Pendidikan Dokter Gigi

Daya Tampung : 15

Peminat : 276

Nah, itulah beberapa hal yang wajib diketahui saat akan memilih Universitas Sam Ratulangi Fakultas Kedokteran untuk melanjutkan studi. Persiapkan sebaik mungkin apapun prodi yang kamu mau sambil tetap update semua informasinya di Universitas123. Semangat calon mahasiswa!

Banner Konsultation
+62
SNMPTN SBMPTN Perguruan Tinggi Negeri

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait