Universitas Swasta di Semarang yang Masih Buka Pendaftaran Tahun 2021

Bacaan Umum
Universitas123 | 06 August 2021
Universitas Swasta di Semarang yang Masih Buka Pendaftaran Tahun 2021

Semarang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang menarik banyak kalangan pelajar untuk mengenyam pendidikan. Terutama pada jenjang perguruan tinggi. Saat ini masih banyak universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran untuk para pelajar yang tidak lolos SNMPTN dan SBMPTN. 

Tidak mengherankan, Semarang yang dinobatkan menjadi kota metropolitan kelima di Indonesia itu selalu ramai oleh kalangan penuntut ilmu dari berbagai daerah. Kota Semarang sendiri memiliki cukup banyak pilihan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi.

Kampus-kampus swasta ini menawarkan fasilitas pendidikan beserta keunggulannya masing-masing. Di pertengahan tahun 2021 ini, tentunya banyak calon mahasiswa yang sedang berlomba-lomba untuk mencari informasi tentang perguruan tinggi swasta yang masih membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru.

Berikut ini telah dirangkum informasi mengenai beberapa universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran dan mungkin Kamu telah mengincar salah satunya.

1. Universitas AKI Semarang (UNAKI)

Universitas ini terletak di Jl. Imam Bonjol No. 15-17, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Memiliki 4 fakultas dan 8 program studi, serta sudah terakreditasi B. Berikut fakultas yang ada di UNAKI.

  • Fakultas Teknik dan Informatika
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Bahasa dan Budaya

Universitas AKI Semarang merupakan salah satu kampus di Semarang yang masih membuka pendaftaran sampai 31 Juli 2021. Berita baiknya, Kamu bisa mendapatkan potongan uang gedung 100% gratis hanya dengan menunjukkan kartu peserta SBMPTN bagi Kamu yang termasuk peserta SBMPTN.

2. Universitas Wahid Hasyim Semarang

Universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran hingga saat ini salah satunya Universitas Wahid Hasyim Semarang atau yang biasa disingkat UNWAHAS. Kampus ini berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebagai universitas dengan slogan “Kampus ASWAJA”, Unwaha mulai beroperasi sebagai lembaga pendidikan tinggi pada tahun 2000.

UNWAHAS memiliki 16 program studi sarjana, 3 program studi pasca sarjana, dan 2 program profesi. Berikut fakultas-fakultas yang ada di Universitas Wahid Hasyim.

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Farmasi

Jika Kamu tertarik untuk mendaftar di Universitas Wahid Hasyim, Kamu bisa mencatat tanggal pendaftarannya. Untuk saat ini, Unwaha masih menyediakan gelombang 2 dan gelombang 3. Untuk gelombang 2 diadakan pada tanggal 1 Juni sampai 16 Agustus. Sedangkan gelombang 3 pada tanggal 18 Agustus hingga 15 September 2021.

3. Universitas Semarang (USM)

Universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran lainnya adalah Universitas Semarang atau USM. Universitas Semarang berdiri sejak 23 Juni 1987. Beberapa fakultas yang ada di USM diantaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Fakultas Psikologi.

Untuk Kamu yang ingin mendaftar ke USM, berikut beberapa syarat dan ketentuan umum yang harus dipatuhi.

  • Siswa Kelas XII/Lulusan SMU/SMK/MA atau sederajat tanpa batasan tahun lulus
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Melampirkan pas photo berwarna 3×4 (2 lembar)
  • Melampirkan fotocopy SKHUN (2 lembar legalisir)
  • Fotocopy ijazah (2 lembar legalisir), jika masih kelas XII maka bisa melampirkan fotocopy raport kelas X-XII dilegalisir / Surat Keterangan Lulus.
  • Melampirkan fotocopy KTP dan KK (2 lembar)
  • Materai 10.000 (2 lembar)

Catat tanggalnya! Untuk saat ini tersisa gelombang 2 untuk kelas pagi, yang mana akan dilaksanakan pada tanggal 1 April 2021 hingga 23 Agustus 2021. Dan pendaftaran kelas sore untuk gelombang 3, pada tanggal 19 Juli sampai 22 Agustus 2021.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS)

Universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran terakhir adalah UNIMUS, atau Universitas Muhammadiyah Semarang. Universitas ini memiliki 6 lokasi kampus yang berbeda. Lokasi pertama yang merupakan Komplek Kampus Terpadu yang ada di Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang dengan tanah seluas 10.100 m2.

Lokasi kedua yang disebut Kedungmundu digunakan untuk Fakultas Matematika dan IPA, serta Fakultas Kedokteran Gigi. Kampus 3 yang disebut Wonodri menempati tanah seluas 1650 m2 digunakan untuk Fakultas Kedokteran. Kampus 4 yang disebut Kasipah, dengan luas 2205 m2 digunakan untuk Fakultas Teknik.

Selanjutnya, Kampus 5 yang merupakan Laboratorium Kesehatan Masyarakat berada di Wonolopo dengan lahan seluas 2000 m2. Terakhir, kampus 6 yang merupakan Pondok Tahfizul Qur’an. Berada di Sambiroto dengan lahan seluas 1636 m2 dan digunakan untuk Pesantren mahasiswa Unimus penghafal Qur’an.

Demikian pembahasan mengenai Universitas swasta di Semarang yang masih buka pendaftaran hingga 2021 ini. Semoga dapat membantu para calon mahasiswa dan mahasiswi dalam menentukan dan mendaftar ke perguruan tinggi. Kamu juga bisa bergabung di Universitas123 untuk mengetahui informasi pendaftaran kampus di kota lainnya.

Banner Konsultation
+62
Perguruan Tinggi Swasta

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait