Webinar ISFEST 2021: Memaksimalkan potensi dalam Inovasi Teknologi

Berita Universitas
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) | 15 July 2021
Webinar ISFEST 2021: Memaksimalkan potensi dalam Inovasi Teknologi

Tangerang – Information System Festival 2021 (ISFEST 2021) menggelar webinar bertajuk “How to Maximize Your Potential in Technology Innovation” pada Senin, (5/7/2021). Webinar ini fokus membahas mengenai Development Operation (DevOps) dan Big Data bersama Made Mulia Indrajaya selaku DevOps Institute Ambassador serta Tantut Wahyu Setyoko selaku E-Commerce Data Analyst Ruparupa.com dan member DQLab.

Webinar ISFEST 2021 mengangkat tema “Mempersiapkan Revolusi Industri Ala Generasi Milenial” yang bertujuan mengajak kaum milenial meningkatkan potensi diri dalam industri teknologi. Webinar ini diselenggarakan secara terbuka dan dipandu oleh Anna Maria Jauhari.

Pada sesi pertama, Made Mulia Indrajaya memaparkan materi mengenai berinovasi dengan DevOps. Ia menjelaskan, di era digital terdapat empat aspek yang saling berhubungan dalam persoalan digital, yaitu people, technology, process, dan culture.

Made juga memaparkan cara kerja engineers di era sekarang: pertama, communication and collaboration, yaitu pentingnya komunikasi dan bekerja sebagai tim yang berkolaborasi. Kedua, working as a team, be high performing, yaitu bekerja sebagai tim yang menentukan dan mengeksplorasi tujuan. Ketiga, fast, consistent with quality, and automation, yaitu otomatisasi sistem menggunakan code dan menghasilkan sesuatu yang cepat serta berkualitas.

Hal tersebut pula yang dilakukan oleh DevOps Engineers. DevOps Engineers membantu ekosistem dari otomatisasi dan membantu engineers lainnya untuk mencapai tujuan.

“DevOps is about communication and collaboration, working as a team (bekerja sebagai satu tim), dan kita memastikan bahwa semuanya as a code dan automated,” jelasnya.

Made sempat menyinggung soal Indonesia darurat tenaga kerja digital. Ia menyampaikan banyaknya lulusan terkait bidang IT di Indonesia belum tentu sesuai dengan kebutuhan dari market industri. Hal ini dikarenakan ekspektasi industri membutuhkan tenaga kerja yang mencakup segala bidang seperti full stack developer.

“Tidak sedikit ya kita lihat bahwa ke beberapa e-commerce di Indonesia atau start up–start up atau pun financial technology atau pun yang lainnya, kita lihat bahwa mereka bekerja di Indonesia, tetapi kemudian banyak talenta-talenta yang digunakan adalah yang dari asing semuanya. What happens with tenaga dan talenta Indonesia, ya, kan,” ujarnya.

Menurut Made, hal tersebut dikarenakan adanya gap yang terlalu besar antara kebutuhan industri dengan edukasi kita. Untuk mengisi gap tersebut, Made mengajak peserta webinar untuk meningkatkan human skill dalam bidang komunikasi, kolaborasi, dan kerja tim serta hard skill karena era digital menggunakan code dan serba otomatis.

Sesi kedua membahas tentang Big Data dan Data Science. kedua hal ini sangat penting di era digital. Sebagai contoh, ada suatu bisnis yang menghasilkan banyak data tetapi tidak diolah dengan baik, bisnis itu akan flat. Terdapat tiga penyumbang Big Data yang dibahas dalam webinar, yaitu e-commerce, financial transaction, dan media sosial. Ketiga hal tersebut menyumbang data yang sangat besar dan kemudian diolah menggunakan Data Science.

“Big data ini cakupan yang benar-benar luas banget, dan datanya itu nggak selalu ready to use, gitu ya, datanya nggak selalu siap digunakan. Artinya terdapat banyak banget pengolahan data yang akan dilakukan untuk menggunakan Big Data kita itu untuk siap dipakai,” ujar Tantut Wahyu.

Dalam pemaparannya, Tantut juga menyebutkan terdapat tiga praktisi data, yakni Data Engineer, Data Analyst, dan Machine Learning Engineer. Ketiga hal ini sangat berkaitan satu sama lain dalam ilmu data. Selain itu, Tantut juga menjelaskan dimensi Big Data yang dikenal dengan 5V, yakni Volume, Velocity, Variety, Value, dan Veracity.

Selain Webinar, ISFEST 2021 juga melaksanakan lomba di bidang akademik dan non akademik seperti data competition, UI UX, Ms.Excel, PUBG, dan Mobile Legend yang dapat diikuti siswa/siswi SMA/SMK dan mahasiswa.

by Nadhira Annisa Rifsal | UMN News Service

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait