Yuk, Simak Kisah Inspiratif BINUSIAN dalam Talkshow Dies Natalis 40 BINUS UNIVERSITY

Berita Universitas
BINUS University | 15 July 2021
Yuk, Simak Kisah Inspiratif BINUSIAN dalam Talkshow Dies Natalis 40 BINUS UNIVERSITY

Era revolusi Industri 4.0 telah melahirkan berbagai teknologi inovasi yang membantu berbagai kegiatan. Ditengah pandemi ini misalnya. Banyak toko dan usaha mulai bangkit dan lahir baru. Dengna demikian, ide kreatif terus bermunculan di berbagai sektor. Teknologi digital yang membantu ide bisnis dan ide usaha tersebar cepat secara luas, merupakan faktor utama dalam kebangkitan ditengah pandemi ini.

Dalam rangkaian acara Dies Natalis 40 tahun BINUS UNIVERSITY, BINUS UNIVERSITY mengadakan talkshow bertemakan ‘Developing Visionary Digital Mindset Toward Social Transformation to Empower the Nation’. Talkshow ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. atau yang biasa akrab disapa Prof Har, dan beberapa alumni BINUS UNIVERSITY yang telah meraih kesuksesan di bidangnya masing-masing, antara lain Michael J. Sugianto, Co-founder TaniHub/TaniFund dan salah satu penerima penghargaan Forbes 30 Under 30, Enrico Hugo Co-Founder of Cause Virtual Run & Ride, dan Zilvia Iskandar Reporter dan News Anchor MetroTv hadir sebagai moderator.

Banyak kisah menarik yang diberikan dalam talkshow ini. Dimulai dari cerita Michael bagaimana ia memulai bisnis TaniHub, asal usulnya, serta perjuangan beratnya mengembangkan TaniHub. TaniHub adalah e-commerce yang memberikan solusi bagi masyarakat, untuk memenuhi semua kebutuhan sayur, buah, ikan, hingga sembako langsung dari petani Indonesia. Kisah terbentuk TaniHub, dimulai dari Michael yang pernah magang di sebuah consultant firm terkenal. Setelah bekerja, ia merasa tidak nyaman, sehingga memutuskan untuk membuka usaha. Kebetulan dari sebuah lomba dan kegiatan kampus, ia menemukan jalannya menciptakan TaniHub. Setelah 5 tahun bekerja di bidang agrikultur, Michael merasa bahwa isu agrikultur telah melekat dihatinya.

“Biasanya orang membangun bisnis itukan berangkat dari masalah yang dihadapi sehari-hari” ujar Michael.

Dari Michael kita bisa belajar bahwa, dari kegiatan di kampus seperti organisasi kampus, internship, projek kampus, ikut seminar start up, bisa membantu kita menemukan jalan kedepannya ingin melakukan apa, menjadi apa. Prof. Har menambahkan bahwa keinginan kita, kita mau solve problem, kita mau membantu, itulah menjadi alasan dan jalan utama dalam menjadi entrepreneur.

Tamu berikutnya, yaitu Enrciho Hugo, selaku Co-Founder of Cause Virtual Run & Ride. Cause adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai alasan dan tujuan untuk masyarakat berlari, bersepeda, dll. Cause akan membuat orang-orang menemukan gaya hidup sehat dari langkah kecil, menemukan teman, dan di akhir goal yang ditetapkan, masyarakat akan mendapat reward. Cause Virtual Sport juga bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY dalam rangka Dies Natalis. Untuk info lebih lanjut bisa di dapatkan di website ini.

Zilvia Iskandar juga ikut memberikan sharing pengalaman pekerjaannya di media digital. Bagi Zilvia, ia merasa sungguh bersyukur dengan kuliah di BINUS UNIVERSITY, karena BINUS UNIVERSITY telah memfasilitasi dengan teknologi digital online, seperti Binusmaya, dsb.. sehingga disaat bekerja di MetroTv, Zilvia sudah mampu beradaptasi lebih cepat. Zilvia juga menambahkan bahwa di tengah maraknya teknologi digital yang berkembang, kita harus selalu siap untuk beradaptasi agar bisa “survive”.

“Jadi kuncinya adalah bagaimana kita harus selalu bisa beradaptasi, kemudian belajar dari yang lain, mau selalu belajar, dan kolaborasi.” Jawab Zilvia atas pertanyaan Prof Har mengenai bagaimana pendapatnya tentang perkembangan teknologi dan kondisi sekarang.

Talkshow dilanjutkan dengan bagimana TaniHub bisa stay relevant dengan masyarakat dan petani saat ini. Michael mengatakan, TaniHub membangun sebuah ekosistem, whole package, seperti menjamin kehidupan petani sejahtera, tidak kekurangan, anak-anaknya bisa sekolah, dsb. sehingga baik pekerja maupun rekan kerja merasakan dampak dan lebih semangat dalam bekerja.

Talkshow dilanjutkan dengan kejutan kepada Zilvia dan Michael, yaitu salah 1 dosen yang memorable bagi mereka, hadir di tengah talkshow. Terlihat raut terkejut dan senang, dan bernostalgia sedikit selama talkshow berlangsung.

Terakhir sebagai pesan penutup, Michael berkata bahwa sebagai “modal” sebelum terjun dalam dunia kerja, adalah opportunity dan networking. BINUS telah memberikan dosen-dosen yang siap memberi mentoring, memberi motivasi, solusi dan saran, serta berbagai fasilitas teknologi dan seminar.

“Expose diri kalian dengan berbagai activity, manfaatkan semua networking yang ada, ceritakan apa yang kalian punya, semua dosen binus akan siap membantu” pesan Michael.

Semoga dengan kehadiran para alumni BINUS dan dari kisah inspiratif mereka, kita semua bisa ikut termotivasi dan dapat menemukan jalan kesuksesan kita masing-masing.

Banner Konsultation
+62

Profil

Universitas123
Logo
Please Wait