Please Wait
Logo
Universitas

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA)

Universitas123 - Akademik

Profil

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) Yogyakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) bernuansa Kedirgantaraan yang diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (YASAU). Yasau sebagai badan hukum yang salah satu kegiatannya bergerak di bidang sosial dan pendidikan yang bersifat non-profit, sehingga biaya perkuliahan di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) relatif lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat tanpa mengorbankan kualitas pendidikan. Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) sebagai pendidikan yang bernuansa kedirgantaraan berlokasi di kawasan pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto, didukung dengan fasilitas praktikum yang dimiliki Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), Akademi Angkatan Udara (AAU), Sekolah Penerbang TNI AU dan Bandara Adisutjipto.

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) didirikan berdasar Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 124 /D/O/2001 tanggal 2 Agustus 2001. Secara operasional proses belajar mengajar dimulai pada tahun Akademik 2002/2003, bersamaan dengan selesainya pembangunan sarana dan prasarana tahap I.

Pembangunan tahap 1 tersebut meliputi gedung Rektorat, Perkuliahan, Laboratorium, Ruang Kegiatan Mahasiswa dan kantin Mahasiswa. Pembangunan Tahap I diresmikan oleh Kasau Marsekal TNI Chappy Hakim, pada tanggal 28 Juli 2002. 

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) memiliki 6 jurusan (Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, Aeronautika). Kegiatan ITDA dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. ITDA diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (Yasau).

Pencetus gagasan berdirinya Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) adalah Mantan Kasau Marsekal TNI (Purn.) Hanafie Asnan. Selanjutnya direalisasikan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (Yasau).

Yasau sebagai Yayasan Penyelenggara Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) telah mempersiapkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan secara lengkap, agar biaya kuliah dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Pada awal persiapan dan operasioanalisasinya dipercayakan kepada Bapak Kolonel (Purn.) Ir Suratmin, MESc, sebagai Ketua ITDA dengan didukung para tenaga yang memiliki komitmen dengan pendidikan, baik dari lingkungan TNI AU maupun dari luar.

Visi ITDA adalah menjadi Perguruan Tinggi yang berkualitas dalam mengembangkan Teknologi, Sains dan Kedirgantaraan serta mampu bersaing di Asia Tenggara. Dengan misi menjalankan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dalam Rangka Mengembangkan Teknologi, Sains dan Kedirgantaraan Yang Mampu Bersaing di Asia Tenggara.

Tujuan yang ingin dicapai ITDA adalah :

  1. Tercapainya Pendidikan Tinggi berkualitas di Bidang Teknologi, Sains dan Kedirgantaraan;
  2. Terlaksananya Penelitian yang inovatif dan aplikatif di Bidang Teknologi, Sains dan Kedirgantaraan;
  3. Terwujudnya peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan; dan
  4. Terwujudnya praktik tata kelola Perguruan Tinggi yang terintegrasi, efektif, efisien, dan akuntabel.

Keunggulan

  1. ITDA merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta bernuansa Kedirgantaraan yang diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya.
  2. Terakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 837/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/IX/2021.
  3. Memiliki staf pengajar yang berpengalaman di bidangnya dengan jenjang pendidikan S2 dan S3.
  4. Memiliki fasilitas yang memadai, seperti laboratorium, internet center, perpustakaan, fasilitas olahraga, koperasi, tempat ibadah dan masih banyak lagi.
  5. Berlokasi di kawasan pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto, ITDA didukung pula dengan fasilitas yang dimiliki Akademi Angkatan Udara (AAU), Sekolah Penerbang TNI AU dan Bandara Adisutjipto.
Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas123 - Akademik

Akademik

Universitas123 - Beasiswa

Beasiswa

3 Beasiswa ditampilkan

User Profile

Universitas123