Telkom University

S1 Sistem Informasi

S1 Sistem Informasi Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Selaras dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyertai peradaban manusia di era globalisasi saat ini dan di masa mendatang, mendorong pemerintah dan sektor swasta membangun sumber daya manusia yang handal di bidang Information, Communication Technology and Management. Salah satu bidang ilmu berbasis ICT yang sangat berkembang dan membutuhkan SDM yang sangat besar adalah Sistem Informasi yang menekankan pada kemampuan merancang solusi berbasis Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi yang memberi nilai strategis (value) terhadap penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian informasi sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Industri telematika terdiri atas kelompok barang dan jasa, meliputi Industri Perangkat (devices), Infrastruktur/Jaringan (access, nodes, transport, support) dan software (piranti lunak) termasuk aplikasi (content). Bagi negara berkembang, piranti lunak dan jasa pada umumnya memiliki peluang yang lebih besar karena relatif tidak memerlukan investasi besar dalam riset dan peralatan pendukung produksi. Hal ini disebabkan terutama karena piranti lunak lebih berbasis pada tenaga kerja berpengetahuan. Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang telematika sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas unit kerja. Paling tidak ada dua macam lapangan kerja:

(1) Pekerjaan yang menghasilkan produk dan jasa IT (IT enabling job) dan
(2) Pekerjaan yang dimungkinkan akibat penggunaan produk IT (IT enabled job).

IT enabling job ini berada di industri telematika sedangkan IT enabled job berada diberbagai sektor ekonomi. IT enabled job sangat memerlukan SDM yang ahli dalam bidang Sistem Informasi yang akan membuat proses bisnis pada sistem integral dapat berjalan lebih baik dengan bantuan teknologi informasi.

Program studi Sistem Informasi menekankan pada bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bisnis atau organisasi serta mampu memberikan evaluasi terhadap nilai strategis dari pemanfaatan TIK dalam pencapaian tujuan organisasi. Mahasiswa program studi Sistem Informasi akan banyak mempelajari mengenai fungsi bisnis yang ada di organisasi, bagaimana memodelkan dan melakukan perbaikan proses bisnis, melakukan analisis dan desain untuk menciptakan sistem informasi yang dibutuhkan oleh organisasi, serta memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis, berkomunikasi yang baik dan beretika profesional.

Saat ini Program Studi Sistem Informasi sudang terakreditasi UNGGUL.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Telkom University
Utama

Telkom University

Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buahbatu - Bojongsoang, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat 40257

User Profile

Universitas123
Preloader Image
Please Wait
Logo