Please Wait
Logo
Universitas Dian Nusantara

Akuntansi

Akuntansi Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil


Program Studi Akuntansi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dunia Industri dan Kewirausahaan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pengelolaan operasi bisnis. Program Studi Akuntansi mempelajari hal-hal dasar mengenai ekonomi seperti ekonomi mikro, ekonomi makro, Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis dan Matematika Bisnis. Mata kuliah yang terkait dengan Akuntansi antara lain Pengantar Akuntansi, Akuntansi Pajak, Akuntansi Sektor Publik, Auditing, Sisitem Informasi Akuntansi, Teori Akuntansi, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan.

Prospek Lulusan

1. Akademisi

Akuntan Pendidik akan berkiprah dalam Peneliti Bidang Ekonomi Akuntansi mampu melakukan riset tingkat pemula dengan menggunakan logika berpikir ilmiah untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah

2. Tenaga Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan

Tenaga ahli yang mampu menguasai konsep dasar bidang Ekonomi khususnya Akuntansi serta menjadi wirausahawan yang berintegritas, dan memiliki kemampuan berkomunikasi

3. BUMN

Lulusan Prodi Akuntansi dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan Akuntan Sektor Publik adalah akuntan yang bertanggung jawab terhadap informasi keuangan dan non keuangan organisasi pemerintahan maupun organisasi nir laba beserta analisis laporan keuangan dalam membantu pengambilan keputusan organisasi, Keuangan dan Audit serta wirausaha di perusahaan Keuangan, Perdagangan dan perusahaan lainnya

4. Sektor Swasta

Peluang kerja bagi lulusan Akuntansi dan di sector swasta sangat luas untuk perusahaan yang berkaitan dengan sertifikasi profesi antara lain:

  • Keprofesian Certificate Management Accountant (CMA) Sertifikat ini diberikan pada akuntan manajemen yang bekerja di sebuah perusahaan. Dikeluarkan oleh Institute for Certified Management Accountant (ICMA) Australia.
  • Keprofesian Certified Public Accountant (CPA) Sertifikat ini ditujukan untuk profesi akuntan publik. Di Indonesia, lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat CPA adalah Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Sesuai dengan UU No.5 tahun 2011 tentang Akuntan Publik, pelaksanaannya diatur melalui Keputusan Menteri Keuangan NOMOR 17/PMK.01/2008. Bila telah menyandang CPA, Anda bisa membuka kantor layanan akuntan publik. Selain itu, perlu diketahui bahwa sertifikat ini hanya berlaku disuatu negara.
  • Bersertifikat Konsultan Pajak (BAP) BAP merupakan salah satu persyaratan mutlak agar Anda bisa mendapat izin praktik sebagai konsultan pajak. Artinya, Anda diharuskan lulus dari Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP) yang diselenggarakan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 485/KMK.03/2003. Bagi yang lulus akan berhak mendapatkan gelar BAP.
  • Ahli Akuntan Pemerintahan (AAP) Terakhir ada AAP yang menjadi tolok ukur standarisasi akuntansi pemerintah Indonesia. AAP diselenggarakan IAI dan diikuti oleh PNS yang biasa menangani masalah keuangan di lembaga pemerintahan

5. Tenaga Ahli Bidang Ekonomi Akuntansi

Lulusan Akuntansi memiliki peluang bekerja di Profesi Akuntansi yang mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS serta dapat bekerja di lembaga-lembaga keuangan Nasional dan International juga di perusahaan yang memerlukan tenaga ahli ekonomi dan wirausahawan.


Universitas123 - Berita

Lokasi

Kampus Tanjung Duren
Utama

Kampus Tanjung Duren

Jl. Tanjung Duren Barat II No. 1 Kel. Tanjung Duren, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat

User Profile

Universitas123