Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Arsitektur

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Menjadi Arsitektur Profesional Kelas Dunia

Program Studi Arsitektur UII merupakan institusi pendidikan arsitektur yang mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Arsitektur (S.Ars) dan mencetak lulusan menjadi seorang arsitek (Ar.) dengan mendapatkan sertifikat keahlian arsitek (SKA-IAI). Untuk menjalankan program pendidikan tersebut, kurikulum yang dipakai mengacu pada standar Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) – Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO, serta acuan pendidikan arsitektur dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI). Fasilitas pendidikan yang tersedia telah berstandar internasional, seperti studio desain khusus untuk masing-masing mahasiswa setiap level (dedicated studio), laboratorium Perancangan, laboratorium Digital Arsitektur, laboratorium Teknologi Bangunan, dan Information and Resource Center (IRC). Pada tahun kelima, studio juga dilengkapi dengan studio profesional sebagai representasi dari dunia konsultasi perencanaan dan perancangan. Mahasiswa dapat bertemu dengan arsitek profesional, klien, dan konsultan perencana untuk mengerjakan proyek nyata dalam dunia kerja.

Lulusan Sarjana Arsitektur dapat berkarier di berbagai sektor seperti real estate, industri konstruksi, dan developer, menjadi ahli di bidang perencanaan dan perancangan kawasan dan perkotaan (rural and urban design), dunia riset, serta pendidikan di dunia perencanaan dan perancangan. Lulusan arsitektur juga dibekali dengan ilmu-ilmu “non-teknik” sehingga dapat berkarier pada bidang ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan lingkungan binaan dan perkotaan atau dapat mendirikan konsultan arsitek secara mandiri.

Peluang Karir

Mahasiswa dapat menyelesaikan studinya selama empat tahun untuk menjadi Sarjana Arsitektur atau menjadi arsitek selama lima tahun. Pada program lima tahun, mahasiswa akan dilatih secara profesional untuk menjadi arsitek profesional. Kerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah memungkinkan arsitek lulusan UII menjadi arsitek yang dapat langsung terjun di dunia perencanaan dan perancangan dengan baik. Selain itu, lulusan arsitek UII juga dididik dengan jiwa entrepreneurship, sehingga memungkinkan lulusan untuk berkarier sebagai arsitek mandiri dan mendirikan konsultan arsitek secara mandiri.

Lulusan program empat tahun atau Sarjana Arsitektur dapat berkarier di berbagai industri konstruksi, real estate, dan developer. Lulusan arsitektur dibekali juga dengan ilmu-ilmu ‘non-teknik’ sehingga dapat berkarier dengan baik pada bidang ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan lingkungan binaan dan juga perkotaan. Selain itu lulusan juga dapat berkarier di bidang perencanaan dan perancangan kawasan dan perkotaan (rural and urban design). Lulusan juga dapat berkarier di dunia riset dan pendidikan di dunia perencanaan dan perancangan.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123