Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Doktor Ilmu Ekonomi

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Rekognisi Global Untuk Calon Doktor Ekonom Profesional

PDIE FBE UII berdiri pada 6 Juli 2000 dan menawarkan tiga konsentrasi bidang studi: Konsentrasi Manajemen, Konsentrasi Ilmu Ekonomi, dan Konsentrasi Akuntansi.

Konsentrasi Manajemen memiliki 4 kekhususan: Sumberdaya Manusia, Keuangan, dan Pemasaran.

Konsentrasi Ilmu Ekonomi memiliki 2 kekhususan: Ekonomi Islam dan Kebijakan Publik.

Konsentrasi Akuntansi memiliki 4 kekhususan: Akuntansi Keuangan, Sistem Informasi, Akuntansi Sektor Publik, dan Auditing.

Pada tahun penyelenggaraan ke 17, Desember 2017, PDIE FBE UII mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK BAN PT No. 5209/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017.

Sampai dengan April 2020 PDIE telah meluluskan 58 doktor yang mayoritas merupakan dosen di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

PDIE FBE UII saat ini merupakan salah satu mitra lembaga pemberi beasiswa LPDP dan BPPDN, sehingga setiap calon mahasiswanya yang berlatang belakang dosen yang memiliki NIDN berhak mengajukan beasiswa pendidikan doktor ke LPDP atau BPPPDN.

Sebagian besar lulusan sudah memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi pada saat diwisuda, sehingga mereka akan sangat terbantu dalam mengembangkan dan memajukan karir akademis di tempat pengabdian masing-masing.

Peluang Karier

Hampir semua lulusan PDIE FBE UII berlatar belakang akademisi dan setelah lulus mereka segera mengalami peningkatan karir baik dalam jabatan struktural maupun jabatan fungsional sebagai akademisi. Mahasiswa yang sebelum lulus kebetulan belum menjadi tenaga akademis, setelah lulus dapat dengan mudah diterima sebagai tenaga akademis di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta, lantaran kebutuhan tenaga akademis bergelar doktor masih sangat banyak. Sebagai gambaran, proporsi dosen yang bergelar doktor di semua program studi di lingkungan fakultas ekonomi perguruan tinggi swasta di Indonesia rata-rata masih di bawah 30%, masih jauh di bawah angka minimal yang dianggap memadai bagi program studi untuk dapat meraih akreditasi kategori unggul, 50%.

Selain itu, terbuka peluang yang lebar bagi lulusan PDIE FBE UII untuk menjadi konsultan, peneliti, dan analis di bidang bisnis, keuangan dan ekonomi, baik secara mandiri maupun melalui lembaga, di tingkat nasional maupun internasional.

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123