Please Wait
Logo
Universitas Islam Indonesia

Doktor Teknik Sipil

Regular Class
Universitas123 - Akademik

Profil

Rekognisi Global Untuk Calon Doktor Ilmu Teknik Sipil Profesional

Program Doktor Ilmu Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (PDTS FTSP) UII didirikan untuk menjawab tantangan global di atas. Era globalisasi memungkinkan tenaga asing ikut berkompetisi dalam dunia kerja di Indonesia, sehingga penyediaan SDM milik bangsa yang mumpuni adalah suatu keharusan. Situasi ini membuka peluang yang besar bagi dunia pendidikan untuk ikut aktif memberi kesempatan pada dunia kerja (eksekutif dan profesional) untuk menyiapkan diri bersaing ketat dengan mereka.

Appropriate technology dan efisiensi dalam pembangunan fisik sebagai sarana dan prasarana dalam pembangunan ekonomi di Indonesia memerlukan tenaga teknik yang berkualitas. Di samping itu, PDTS FTSP UII juga merespon meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga-tenaga akademik dan profesional yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi bergelar Doktor (S3) dalam bidang Teknik Sipil yang jumlahnya masih sangat terbatas.

PDTS FTSP UII dibuka secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) Republik Indonesia Nomor: 126/KPT/I/2017 – tanggal 7 Februari 2017. Konsentrasi studi yang ditawarkan meliputi:

Program Doktor Ilmu Teknik Sipil memiliki beberapa bidang konsentrasi, diantaranya:
Manajemen Konstruksi (MK), Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK), Perencanaan dan Teknik Transportasi (PTT), Manajemen Transportasi (MT)
Konsentrasi Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK) merupakan program yang bersifat multi dan inter-disipliner, yang mana penyelesaian problem pembangunan didekati dari Bidang Ilmu Teknik dan Bidang Ilmu Sosial. Bidang Ilmu Teknik dikonsentrasikan pada Manajemen Rekayasa Kegempaan
dan Kebencanaan. Rekayasa kegempaan lebih merupakan kombinasi antara teknik struktur, teknik kegempaan, dan geoteknik kegempaan.

Peluang Karir

Capaian pembelajaran lulusan PDTS FTSP UII sesuai dengan level 9 KKNI, sehingga lulusan akan mempunyai kemampuan sebagai berikut.

  1. Menguasai falsafah keilmuan yang berbasis Islam untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang ketekniksipilan

  2. Menguasai metodologi penelitian kuantitatif maupun kualitatif yang diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

  3. Mampu melaksanakan penelitian mandiri untuk menghasilkan karya ilmiah yang kreatif, orisinal, dan teruji baik pada level nasional maupun internasional

  4. Mampu memberikan kontribusi ilmiah berupa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penurunan risiko dan dampak bencana pada infrastruktur dan/atau sistem ketekniksipilan

  5. Mampu memecahkan permasalahan praktis maupun teoritis melalui pendekatan inter/ multidisipliner

  6. Memiliki keterampilan untuk mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan bidang ilmu ketekniksipilan dan kemaslahatan masyarakat.

Dengan demikian, lulusan PDTS FTSP UII diharapkan akan “Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penurunan risiko dan dampak bencana pada infrastruktur dan atau sistem ketekniksipilan yang unggul, inovatif, integratif, inter dan multidisipliner untuk mendukung penyelesaian masalah global mendatang”

Universitas123 - Berita

Lokasi

Universitas Islam Indonesia
Utama

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

User Profile

Universitas123